Friday, April 11, 2014

BEBEK GORENG SINJAY ALA NANDANGWUYUNG

Bebek goreng adalah salah satu makanan kesukaan kami, saya dan suami.  Dulu waktu masih hamilnya si Akilla hampir setiap minggu makan bebek. Eh gak setiap minggu sih, setiap kepengen hahahaha. Beli di bebek goreng pak slamet. Yang jadi andalannya itu bebek goreng sambel korek. Bebeknya enak, empuk, sambelnya nyoosss.. Tapi makin lama kok ya makin mahal saja hiks.. Dan setiap kesana slalu kehabisan bagian dada, yang ada tinggal bagian paha. Padahal yang tebel dagingnya kan dada hihihi. Malah pernah juga kehabisan, padahal masih sore pula. hmm.. Sekarang kalau pengen bebek beli di warung lalapan pinggir jalan, rasanya lumayan sih, tp ya emang tidak seempuk bebek goreng pak slamet. Yang penting masih bebek lah, bukan gajah wakakakak.

Nah, tadi pagi itu belanja di tukang sayur kok gak ada minat di beli. Ada hati sapi dan saya beli, tp urung saya olah, langsung masuk freezer saat penjual ayam kampung lewat depan rumah. Rencananya beli ayam kampung saja. Eeehhh, kok tinggal seekor dan gedhe bangeeettt.. ayam babon. Enak sih besar tp harganya yo besar hihihi. Jadi pandanganku beralih ke bebek. Yang postur tubuhnya lebih langsing ketimbang ayam babon hihihi. Beli seeokor deh. Langsung punya ide dimasak bebek goreng sinjay saja. Nyoba bereksperimen bumbu bebek goreng sinjay berbekal pernah makan bebek sinjay yg asli :D. Ehh, kok ya bahan-bahannya pada gak punya. Syukur alhamdulillah ada tukang sayur lewat, padahal tadi udah siang, jam 9.30-an. Beli bumbu-bumbunya deh.. Tapiii, ditinggal njemput Akilla sekolah dulu, abis itu siap tempurrrr!!
Duuuuhhh, gak seperti ayam kampung bersihinnya. Bebek lebih banyak bulu halusnya. Sebenernya lazim sih makan bebek goreng yang masih ada bulu halusnya, di warung-warung juga begitu. Begitu pula saat makan di bebek sinjay, banyak bulunya hihi. Tapi entah kenapa jari-jari tangan ini ingin mencabuti bulu-bulu halus tersebut. Sampe bersih, sampe Akilla bolak balik tanya, "sudah selesai, ma?" hihihi.. Maaf lama ya, nak..  Setelah bersih, lumuri dengan cuka atau air jeruk nipis, biar berkurang bau amisnya. Diamkan 20menitan, sambil nyiapin bumbu halusnya. Monggo silahkan disimak resep bebek goreng sinjay ala nandangwuyung..
 

BEBEK GORENG SINJAY ALA NANDANGWUYUNG
by: Puji Rahayu W.
 
Bahan:
1ekor bebek, bersihkan, potong beberapa bagian.
2sdm cuka/air jeruk nipis
 
Bumbu:
10 siung bawang merah
1bonggol besar bawang putih
1ruas jari kunyit
1ruas jari jahe
1rimpang lengkuas
2sdt ketumbar yang diuleg kasar
3butir kemiri goreng
5lembar daun salam
5tangkai daun jeruk purut
2batang sereh
1/2sdt pala bubuk
4-5sdt garam
+/-1lt air

Cara:
Lumuri bebek dengan cuka/air jeruk nipis. Diamkan sekitar 20menitan sambil menyiapkan bumbu halusnya. 
Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe dan kemiri.
Parut lengkuas, tujuanya biar keluar serat-seratnya.
Cuci bersih kembali bebeknya.
Masukkan bebek dalam panci presto, kemudian masukkan pula bumbu halus, parutan lengkuas, ketumbar, daun salam, daun jeruk purut, sereh, pala bubuk dan garam. Lalu tambahkan air. Aduk rata.
Masak dengan panci presto selama sekitar 20 menit (setelah bunyi mendesis). Tadi saya sampai 30menit, jadinya agak lepas dagingnya, tp enak sih lebih empuk hehe..
 
Masih di panci presto :D
Siapkan wajan dengan minyak banyak.
Biarkan sampai bunyi desisan berhenti. Buka tutupnya. Ambil bebek dan goreng bersama bumbunya.
Goreng sampai garing boleh, atau sekedar kulitnya kering juga gak masalah. Kalau saya tadi cuma sampai kulitnya kering gitu saja, biar dagingnya masih berasa empuk.
Angkat dan siap di nikmati bersama nasi anget plus sambal bawang.

Ternyata aku bisa bikin bebek goreng hahahaa... padahal selama ini beli mateng. Besok besok kalau pengen tinggal beli bebek mentahnya saja deh, dimasak sendiri, lebih marem makannya hihihi

Monggo sedoyoooo, 2 piring nasi bisa ludes iniiiiiii.. hihihi..

9 comments:

  1. Ahhh... kepengen bikin..
    Bebek satu ekor berapaan mbak?? Sama ayam kampung mahal mana??
    Kalo masih mentah baunya anyir ga??
    Mbak, lengkuas satu rimpang sak piro?? Aku ga tau satuan rimpang hahahaha.. tanyanya uakeh yaa.. soale aku juga kecanduan bebek.. :)))
    Sonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai sonyaaa.. ketemu disini hihihi..
      sama aja harga bebek dan ayam kampung tinggal mau yang seberapa besar.. antara 40rb-70rb-an per ekor.
      Kalau masih mentah gak anyir kok, seperti ayam kampung gitu. tp biar hilang bau nya bisa di beri cuka/jeruk nipis..
      lengkuas sak rimpang itu sekitar 10cm-an panjangnya. tp kan lengkuas gak lurus, mlungker-mlungker gitu.. bilang aja sama penjual sayur beli 500/1000rupiah. wes oleh akeh iku hihihi

      Delete
    2. Hihihihi..
      Kapan kapan tak coba mbak..
      Makasih yaaa resepnya..
      Kalo sukses tak kasih tau fotone aja.. aku khan balas dendam ambek sampean.. Hihihihi.. Sing foto fotone nggarai aku ngiler ngiler netes ndek hp.. :)) #guyon
      Makasih ya mbak.. :* :* :*

      Delete
    3. hahahahaa... tak tunggu pembalasmuuu... biar makin semangat cooking dan baking wakakakak..

      sama-sama, Sonyaaaaaaaa.. :*

      Delete
  2. coba deh gan pakai mesin pembuat bakso pasti lebih empuk dan enak :D

    ReplyDelete
  3. coba deh gan pakai mesin pembuat bakso pasti lebih empuk dan enak :D

    ReplyDelete
  4. Mba salam kenal ya ..aq maya..izin minta resepny ya mau nyobain ntar kl ad wktuny..mksh mba puji..

    ReplyDelete