Saturday, June 29, 2013

[Thanks for order] Puding Telor Ceplok, Donat Kentang dan Brownies Ubi Ungu

Iyaaahh.. inilah orderan tercepat yang pernah sama buat. Jam 11 baru pesan, Jam 11.30 mulai baking, Jam 1.30 siang antar ke yg pesan. Sejam setengah tiga jenis kue. 15pcs Puding telor ceplok, 10pcs donat kentang topping DCC dan satu loyang brownies ubi ungu. Untungnya semua bahan sudah tersedia. Dan donat kentang yg tadi saya posting ternyata dipesan. Alhamdulillaaahhh..

Yang pertama saya lakukan, ngukus ubi ungu. Duh, kalau ngukus gak bakal selesai dalam waktu segini singkatnya. Akhirnya panci presto jadi pilihan. Sambil nunggu ubi mateng, ngrebus adonan  kuning telur. Tuang dalam cucing. Masuk kulkas. Ubi ungu mateng, blander bareng susu biar cepet halus :D *pokoknya yg serba cepet deh*
Nyalakan oven. Campur semua bahan brownies. Tuang dalam loyang. Oven brownies sampai matang.
Sambil nunggu brownies mateng, bikin adonan putih telu untuk puding. Tunggu uap panasnya hilang.
Ambil agar kuning telur dari dalm cucing, balikkan diatas mika puding. Siap disiram agar putih telur. Bereeesss.. Puding Telor Ceplok Done!

Brownies Ubi Ungupun mateng. Woskee!!
Tunggu agak dingin, taruh dalam mika brownies. Kasih topping coretan WCC *duuhh mati ide bikin hiasan topping*
Brownies Ubi Ungu Done!!

Tinggal satu lagi, donat kentang. Iyah, aku tau donatnya sudah mateng, tinggal ngasih DCC diatasnya. Tapiii ini yg terberat. Donatnya penyok ketindihan sama "temen-temennya". Jadilah milihi yg bunder-bunder. Plusss.. Akilla udah nangis kejer minta mimik.. Woalaahh.. Jurus seribu satu tangan dah.. Semoga suka deh :D
Donat Kentang Done!!!

wolaaaaaaaaaaa.. ini dia pesanan super cepat ^^

Semoga berkenan.. Thanks For Order, Mama Cinda ^^

Friday, June 28, 2013

Donat 'kebalik' Kentang Empuk [base recipe Nina NauraCake BKR]

Iyaahh.. yg di facebook-ku isinya cuma gruop masak -___-
Jarang mantengin update status temen. Begitu buka FB yang di klik slalu link ke grup :D
Dan salah satunya BKR, Bakul Kue Rumahan yang ada kompetisi masak memasaknya (ini yg bikin seru:D)
Setelah BMS #1 dan BMS#2 absen gak ikutan. Kali ini gregeten pengen ikutan juga. Walaupun saya sadar masih buanyaaaaaaakkk yang hasilnya lebih baguuss.. Punya saya mah masih di kolong meja.. hihihi
Tak apalah yang penting mulai berani tampil :D

Kali ini BMSnya bikin donat kentang empuk ala Nina Naura Cake.
Emang dasarnya saya yaaa.. kalau bikin sesuatu suka ngrusak resep :D
Tak luput untuk resep yang ini. Bukan resepnya sih, tp caranya. Saya balik seperti bikin donat kebalik ala saya sendiri :D
*tepatnya saya males nguleni adonan roti yang cukup membuat lengan makin berotot :D*
Jadi margarin, gula, kentang dan biang dimasukkan diawal, baru tepung dimasukkan sedikit-sedikit. Karena dengan begini nguleni lebih enteng :D
Hasilnya? empuukkk.. gak beda sama teknik yg biasanya ^^
Suami sampe tanya, "kok empuk banget donatnya?"
Iyah, pake kentang :D
Oh iya, saya cetaknya pakai cookies cutter bunga, jadi berbunga-bungaaa :D
Thanks mbak Nina ^^



DONAT "kebalik" KENTANG EMPUK

Biang:
150ml air matang hangat
11gr ragi instan
1sdm gula pasir
(campur jadi satu, tunggu 10menitan sampai berbuih. Sambil nunggu, siapin bahan yg lain)

Bahan:
75gr margarine
75gr gula pasir
1/4sdt garam
2butir kuning telur
250gr kentang kukus, haluskan (saya pakai chopper, jadi hasilnya lembuuuttt)
500gr tepung protein tinggi

Cara: *ini nih yg saya rusak, saya balik caranya :D*
1. Campur margarin, gula, garam, telur dan kentang. Aduk rata (saya cukup pakai garpu).
2. Tuang adonan biang. Aduk rata.
3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, sampai sekiranya cukup berat untuk diaduk, mulai pergunakan tangan (cuci tangan sebelumnya yaahh :D).
Lanjutkan dengan cara menguleni sampai tepung habis dan tidak lengket ditangan. Tenaaannnggg gak beraaattt.. cukup diumek-umek aja.. hihihi
Kalau saya dua kali nguleni. Yang pertama setalah tepung habis, diamkan 5-10menit. Baru setelah itu uleni lagi. Jadi makin elastis :D
4. Diamkan 30-45menit. Wolaaaaaahhh... adonannya membumbung tinggiii *sayang gak kepoto :(
5. Ambil adonan letakan di meja yg telah di taburi tepung. Bagian atas adonan juga di taburi tepung ya biar gak lengket di penggilesannya. Adonannya lembut banget.
6. Gilas, bentuk. Saya pakai cookie cutter berbentuk bunga. Jadinya berbunga-bungaaaa hihihi
Tapi sebagian masih bentuk klasik, iyah bulaatt bolooonnngg.
7. Diamkan 15menit.
ini donat ndut sebelum di goreng ^^


8. Goreng dengan minyak banyak dan api kecil.
9. Siap di beri topping.
Oh iyaaaahhh.. topingnya pake cokelat colatta hadiah lomba cipta resep Haan :D
Alhamdulillaahhh ^^

hayuukkk dicoba yaa.. dijamin rasanya maknyuuss,,, empuuukkk ^^

Tuesday, June 25, 2013

BROWNIES TAPE

Saya tidak bosan kalau berurusan dengan brownies atau cokelat. Kemaren sudah cukup puas dengan brownies ubi ungu yg bikin saya bener-bener nandangwuyung. Kali ini saya membuat brownies dengan perpaduan tape. Iyaaa.. Brownies Tape. Rasanya unik, ada rasa cokelatnya beraroma tape.

Kalau prol tape kan teksturnya padat banget, kalau ini masih spongi, lembut tp masih berasa tapenya.
Enak deh pokoknya.. ^^

Oh iya, kemaren di postingan brownies ubi ungu banyak yg menanyakan hasilnya bagaimana ya kalau gak ada ubi ungu di ganti sama ubi madu atau ubi putih yg biasanya? Susah nyari ubi ungu :D
Mungkin warna dari brownies tape ini bisa menjawab *punya mulut kali :p
Karena brownies tape ini pake tape singkong yg warnanya kuning. Hasilnya jadi gak segelap brownies ubi ungu *yang emang emang bener-bener gelap*.
Tapi masalah rasa, gak kalah deh sama brownies ubi ungu, malah ini memiliki rasa yg unik ^^

Untuk resep dan caranya masih mirip dengan brownies ubi ungu, hanya utak atik bahan aja. Jadi, tenang aja yg gak punya mixer atau malas pegang mixer seperti saya, masih bisa bikin cemilan buat keluarga ^^

BROWNIES TAPE
by: Puji Rahayu

Bahan:
240ml minyak goreng
100gr cokelat bubuk
300gr tape singkong kuning, buang seratnya, haluskan.
250gr gula pasir
1/2sdt garam
3butir telur
200gr tepung terigu
250ml susu cair
1/2sdt BP
1/4sdt Baking soda

Cara:
Panaskan oven.
Panaskan minyak sampai cukup hangat saja. Masukkan cokelat bubuk. Aduk rata. Sisihkan.
Campur tape, gula, garam. Aduk rata.
Masukkan telur. Aduk rata.
Tuang susu cair. Aduk rata.
Masukkan tepung, Bp dan baking soda. Aduk rata
Tuang ke loyang brownies yg telah dilapisi kertas roti.
Panggang sampai matang.

Selamat mencoba dan menikmati perpaduan rasa yg unik di dalamnya ^^

Sunday, June 23, 2013

PUDING BUSA COCOPANDAN

Kali ini bikin puding dalam rangka *merdeka! :)) ngabisin stok syrup cocopandan yang gak habis-habis karena pada gak suka syrup dan gak ada tamu yg bisa disuguhi minuman ini hihihi. Ceritanya ini dibawain sama mertua gituuu, bukan beli sendiri.
Bikin puding busa karena apa?
Pertama, buat nyumbang acara 7hari meninggalnya ibu tetangga.
Kedua, ada stok putel.
Ketiga, lagi gak punya stok cup buat puding kaca atau puding buah. hihihii
Keempat, jangan lupakan alasan sebelumnya, ngabisin stok syrup haha
Kelima, biar gak ribet, tinggal potong, masukin plastik. Bereesss.. :D
Keenam, biar hasilnya banyaaakkk wkwkwk

Hihihihiii.. banyak ya alasannya :p

tekstur puding busa nan lembut ^^
PUDING BUSA COCOPANDAN
by: Puji Rahayu

Bahan:
2bungkus agar-agar merah
700ml air
250ml syrup cocopandan
2sdt selasih
120ml putih telur

Cara:
Campur agar-agar, syrup dan air. Kemudian didihkan. Masukkan biji selasih. Diamkan sampai hangat tp belum menggumpal ya ^^
(tadi aku rendam pancinya di air, biar cepet hanget. hehehe.. cara sesat, biar cepet :))
Mixer putih telur sampai lembut dan kaku.
Masukkan cairan agar-agarnya sedikit demi sedikit sambil terus di mixer dengan kecepatan rendah. Pastikan agar-agarnya sudah hangat ya.. biar hasilnya nanti tidak berlapis bening dibagian bawah :)
Tuang dalam cetakan, bekukan di kulkas.
Siap disajikan ^^
Belum puas foto-fotooo.. dengan cepat mak wweeettt.. nyaaaammm.. dicomot dan digigitlah sipotongan puding busa ini.. hihihi
nyuuuummmm

selamat mencobaaaaa ^^



Saturday, June 22, 2013

BROWNIES UBI UNGU Special for Kakak ^^

Kali ini bikin brownies ubi ungu lagi, tp bukan untuk di comot sendiri. Tp untuk kakak dan ibuku yg selama ini hanya bisa memandang dari foto aja.. xixixi

Resep masih sama persis dengan Brownies Ubi Ungu yang sebelumnya saya posting :)

Hiyuuuhhh, emang dasarnya diriku doyan beginian. Bikin cuma 2 loyang, jadi pas satu satu. Diriku hanya bisa ndomblong a.k.a melongo liat si brownies ini. Apalagi aroma baru keluar dari oven, rasanya pengen nyowel. Tapi, tahaaaaaaannn.. toh besoknya saya juga mencicipinya.. jiakakak
Gak ketinggalan juga si bapak yg udah megang pisau mau ngiris tuh brownies. Eiiitttss, jangan di potoongg!! wkwkwkwk
Dengan topping yg minimalis, hanya pakai coretan yg gak rapiihh dan ada yg di cowel akilla :D dengan white choco. Tp, alhamdulillah mereka senang, malah tanya resepnya, pengen bikin sendiri katae.. hihihi.. ^^

Ok, makasih ^^

Wednesday, June 12, 2013

[LAGI] Brownies Ubi Ungu

Iyaahh.. saya bener-bener nandangwuyung -jatuhcinta- sama brownies. Dari yg belum bisa bikin sendiri, sampai berani uji coba utak atik bahan saya pecinta brownies. Apalagi yg berasa banget coklatnya.. nyuummmiiiiiii... meleleh gitu dilidah.. gak bisa deh diganti sama kue yg lain.. hihiihiii.

Dari brownies kukus ny.liem yg diutak atik dengan berbagai jenis, dari yg spongi, bantat (senengane suami), sampai dibikin rasa pandan atau keju. Dan untuk brownies oven, dari yg pakai DCC, hanya pakai coklat bubuk sampai dengan pakai ubi ungu. Iyaahhh.. semua saya sukak *pake k lho ya.. :D

Kali ini, ngutak ngatik resep lagi. Saya gak kuatir masalah sukses gak sukses, wong ya dasarnya kue brownies ini kue bantat wkwkwk. Jadi, aman terkendali :D

Kali ini hampir sama dengan Brownies Ubi Ungu yg sebelumnya, tp ini lebih lembab dan versi irit *eh gak tau juga sih :D Karena pakai cokelat bubuk yg biasa dipasar, gak tau merknya apa (biasanya pakai van houten) dan hanya pakai 3 telur.
Tapi rasanya nedaaannnnggg.. lembab, lembut, nyoklaaattt, meleleh dilidaaahhh.. Gak percaya? Cobain sendiri :p
Caranyapun cukup mudah, gak perlu di mikser, cukup diaduk pakai balon wisk. Gak punya, pakai sendok kayu juga oke oke sajaaa.. ^^

BROWNIES UBI UNGU
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
240ml minyak goreng
100gr cokelat bubuk
300gr ubi ungu kukus halus.
220ml susu cair
300gr gula pasir
3 butir telur
160gr tepung terigu protein sedang
1/2sdt BP
1/4sdt baking soda (gak penuh, sedikit banget aku pakainya, biar gak terlalu mengembang, tp tetep berpori)
1/2sdt garam
1sdt kopi instan (bisa di skip)

Cara:
Panaskan oven.
Hangankan minyak. Jika sudah cukup hangat, matikan api. Masukkan cokelat bubuk, aduk rata. Sisihkan.
Campur ubi ungu halus, susu, gula. Aduk rata. Masukkan telur. Aduk rata.
Tuang adonan cokelat. Aduk rata.
Masukkan tepung, garam, BP, baking soda dan kopi instan. Aduk rata.
Tuang dalam loyang 30x20cm atau 2 loyang 30x10cm.
Oven 30 menit/sampai matang (tes tusuk).
Dinginkan, hias sesuai selera ^^

Kalau udah hampir 20 menit ngoven, haiizzz aromanyaaa... pengen nyomot aja rasanyaaa...
lapisan atasnya bener-bener kinclong yaahhh..
Hayuuukkk dicoba, gak nyesel,, suweeerrr... Aku aja ketagihan.. pengen bikin lagi, lagi, lagi dan lagiiiiiiiiii....


Tuesday, June 11, 2013

[LAGI] PUDING TELOR CEPLOK

Hihihiii.. setelah kemaren heboh dengan postingan puding semangka, sekarang mbalik kucing posting puding telor ceplok. tepatnya sih hanya pamer foto doang.. hihihi..
Karena resep sudah saya posting sebelumnya, resepnya plek gak buwak blash! :D

Puding telor ceplok ini menghebohkan di arisan PKK. Awalnya ibu-ibu gak mau nyentuh. Mungkin pikirnya suguhannya kok ya telor ceplok, yg bener aja.. kolesterol tinggi.. hihihii..
Tp, setelah aku bilang itu puding, hiaaaaaaa.. pada rame tanya,
bikin sendiri?/pastilaahh.. *nyengir
kok bisa?/ya bisalaaahh.. *nyengir lagi :p
gimana cara bikinnya?/bla bla blaaa *njelasin berkali-kali #ndower :D
makanya tho bu, ayoh bergabung dengan dunia maya juga, biar tau update-an resep masakan yg lagi booming. Jangan nggosip aja! *jitak :))
Hehe.. Aku memang juaraanngg nongkrong bareng ibu-ibu disini, paling-paling kalau nganterin Akilla main sore, itupun lebih banyak ngintili si Akilla daripada ngrumpi sama emak-emaknya.
Mereka sering banget komentar, "kok betah di dalem rumah, gak keluar-keluar". Ya iyalaahh.. enakan di dalem rumah, bereksperiment masakan baru, ngedep lepi buat jualan, cari-cari resep, sambil baca-baca artikel perkembangan bocah. Dan yang pasti aku bisa bermain sama Akilla. Daripada ke tetangga, ujung-ujungnya nggosip :D
Aahh,,, sudahlaahhh...

Yuk balik lagi ke PUDING TELOR CEPLOK
Ini fotonya doang :p
udah ludes di santap sama ibu-ibu :D

kalau mulutnya pake pisang cocok bangeett,, *lg gak punya pisang :p
Hamparan telor ceplok :p
Telor bebek :D
"Face"
Seperti biasa, setiap kali emaknya moto makanan, si Akilla ngintil aja.. ada aja tingkah polahnya.. Kalau gak minta kameranya ya minta di poto
senyuuuummmm..
Ciluukk.. baaaaaaa..
wkwkwk.. love u, son :*

Monday, June 10, 2013

Puding Semangka

Kalau sekarang lagi booming puding telor ceplok. Tp saya lagi punya ide buat puding semangka. Awalnya pengen bikin dengan full agar-agar. tp berhubung gak punya cetakan lingkaran 2 susun. Ya kudu kreatiflah.. hehe
Sudah jauh-jauh hari saya punya konsep didalam pikiran, tp cuma sekedar mengawang-awang ya karena itu tadi, gak punya cetakan. haha.. mulai dari memikirkan menggunakan kantong plastik, botol sampai nyusun satu-satu agar-agar merahnya *makin ribet. Akhirnyaa.. cliiinnnggg! *muncul lampu balon :))
Biasanya kan cake agar-agar kan cake nya di dalam agar-agar. Kali ini saya balik. Cakenya ada diluar.
Dan beginilah jadinya..

PUDING SEMANGKA

Bahan cake:

--Saya pakai yg super simple.--
1/2cup tepung terigu
4sdm gula pasir
sedikit garam (mungkin 1/4sdt, gak ngukur)
sedikit soda kue (mungkin sekitar 1/8sdt)
1/4sdt baking powder
100ml air
4sdm minyak goreng
1/4sdt pasta pandan

Cara:
Aduk dengan wisk semua bahan jadi satu. Tuang dalam loyang 30x20cm. Oven kira-kira 10-15menit. Dinginkan.

Bahan Agar-agar:
1bungkus agar-agar warna merah.
150ml sirup cocopandan (ngabisin sirup yg gak habis-habis, jadi lumayan irit gula :D)
750ml air
1sdt selasih

Cara:
Rebus semua bahan, kecuali selasih.
Setelah mendidih masukkan selasih. Aduk-aduk. Biarkan sampai agak hangat, tp blm menggumpal ya..

Penyelesaian:
Ambil cake, tata diatas loyang setengah lingkaran yg bentuknya panjang. Rapikan setiap sisinya krn ada lebihan cake dipinggir-pinggirnya.
Tuang agar-agar yg sudah hangat sambil diaduk-aduk biar selasihnya nyampur (gak hanya dibagian bawah)
Dinginkan, siap dipotong membentuk "semangka".




Wolaaahhh.. saya puas dengan bentuk yg dihasilkan.. Yippiiii!!!

Sunday, June 9, 2013

Snack Box Arisan PKK

Dari yg malas dateng sampai rajin dateng pergi ke arisan pkk, tujuannya cuma satu, semoga dapat giliran bulan depan. Lha kenapa? Dapet duit buat beli otang -waktu itu belum punya-. Ealah gak dapat-dapat, sampai beli dari duit sendiri. Dan yg pastinya, aku bisa bikin macam-macam kue dan ditunjukkan ke ibu-ibu pkk :D
Sampai suatu ketika *heaa.. yg dateng pkk cuma sedikit, setiap dikocok, nama yg keluar orangnya gak hadir. Saya iseng-iseng bilang, "ya sudah bulan depan di rumah saya saja". Eehh.. bu RTnya malah denger dan dipersilahkan. horrreeeeeeeeeee.. bereksperimen dimulaaiii.. :))

Tp belum kepikir mau bikin apa. Apalagi disibukkan sama bakulan yg masih newbie :D
Sampai sehari sebelumnya, dengan bahan yang ada dirumah saja, terfikir untuk membuat:
Untuk snack box,
1. Cake pandan potong, masih edisi penasaran dengan cake potong
2. Puding semangka, nah lhoo belum pernah bikin, cuma sudah terbayang di pikiranku
3. Roti, bikin roti abon aja krn punya stok abon gak habis-habis
Sedangkan untuk suguhannya,
1. Brownies, karena cepet, gak perlu mixer
2. Tahu isi sayur sedikit daging ayam, biar imbang satu manis, satu asin
3. Puding TELOR CEPLOK. Biar heboh.. wkwkwk

Waktunya eksekusi.. jreenggg jreennnggg jreenggg!! :D
Malam hari.
Cake Pandan, resep masih sama dengan cake pandan yg sebelumnya aku buat, resepnya bu Ambar :)
Tapi, kali ini ditaruh di loyang 30x25cm. Hasilnya? mateng sih, gak bantat. tp gak bisa selembut seperti di taruh di loyang tulban. Ok! harus cari resep yg memang untuk cake potong.. :)
Tapi, cantik juga kok kalau sudah di poles dengan parutan keju dan seupil buah cerry potong :D


Cake Pandan, DONE!

Next, Puding Semangka. Niatnya ambil sedikit adonan cake pandan buat "kulit semangkanya". Ealaahhh kok ya over cook, alias jadi kemripik.. hihihi.. Alhasil langsung masuk perut.. kriuk kriuukk..
Bikin dari eggless cake aja. ngirit telur dan gak pake mixer.
(Ulasan lengkapnya saya posting di judul tersendiri yaa..)



Siipp, DONE!!

Satu lagi snack boxnya, roti abon. Kali ini saya bikin roti unyil. Mini-mini bentuknya..
Resep rotinya banyak berseliweran dimana-mana, di nandangwuyung juga ada.. salah satunya ROTI SOSIS


Snack box bereesss.. Prepare bikin kue untuk suguhan. Tp besok aja bikinnya. Kan tinggal aduk-aduk semua :D

Plus bonus "Si Empu Penjaga Kue" :))


Semalamat berkocok-kocok riaaaaaaaaa... ^^

Tuesday, June 4, 2013

curcol bakuler

Biarin dah saya curcol disini, daripada ngendon dihati gak tau mau kemana dikeluarin. Secara teman deket udah pada punya kehidupan masing-masing. Sekarang banyak sih, temen-temen baru yg udah akrab, tp tetep aja gak enak mau cerita. *walaupun dia bisa baca blog ini #bodo amat :p

Jadi gini, sebenernya saya sudah menggeluti dunia jual online, bahasa kerennya onlineshop, awalnya jual baju-baju anak. Laku sih, laris malah, karena saya jual baju yg harganya miring, 10rb-an, kaos-kaos gitu. Tapi waktu itu masih blm paham gimana cara berbakulria, aku ambil laba tipiiisss banget, pikirku "uangnya muter" wes gitu aja. Kalau aku jual offline, jual ke tetangga/teman yg tau barangnya pasti diborong nah sama mereka. Tp kalau di online, banyak yg menanyakan kwalitas barang yg saya jual, krn harga yg miring itu. cuma tanya-tanya akhirnya gak beli. Akhirnya saya bawa semua barang kerumah orang tua di Jember, saya jual ke tetangga dan habiiisss!! cuma nyisa bbrp biji itupun yg saya tinggal di malang. Sejak saat itu saya malas jualan online. *penyerah, gak mboiiiss #biarin :p

Nah, mengisi kekosongan kegiatan ini, aku makin rajin bikin kue. Dari foto-foto yg saya upload ternyata ada yg menanyakan dan mau beli. Antara terima gak terima, akhirnya saya terima juga itu pesanan, padahal itu tart untuk ulang tahun.. hahaha.. untungnya yg pesan hanya pengen RC dengan minim BC dan dekor.. Alhamdulillaaaaaahhh..
Satu dua tiga.. ada aja yg pesan.. Tapi, mulai muncul "keanehan" lagi.. Banyak yg tanya dan inbox bahkan sms, mengenai pesanan kue, mulai dari harga, dapat apa aja, bisa dianter gak, pakai kotak gak, pakai plastik gak, pakai daun gak.. dari A-Z, toh nyatanya setelah itu gak ada kabar lagi, bahkan udah "gak berteman" lagi di FB. Aaahhh, kenapa itu yaa.. ealaahhh ternyata saya yg Oon bin stupit :D
Berbekal kumpulan bakuler di NCC Malang, ngobrol sana ngobrol sini bisa jadi yg tanya-tanya itu adalah bakul juga yg hanya mengecek harga dan servis dari kita BUKAN CALON PEMBELI *tepok jidat :p
Ya sudahlah, saya cuikin aja orang-orang tadi, toh saya bikin kue awalnya juga buat menyalurkan hobi, buat Akilla dan keluarga dan tentunya irit jajan pula. Pluusss,, ini yg paling penting, semua yg masuk dalam mulut Akilla saya tau persis aman untuk dia makan.. :)
Walaupun saya tidak memungkiri, ada kebanggaan tersendiri saat menerima pesanan walau dikerjakan tengah malam :)

Next, bukan hanya itu saja..
Dari hobi masak-memasak, saya jadi rajin beli peralatan dapur. Ada aja yg saya pengen beli. Dari situ saya iseng-iseng mengupload foto yg saya baru beli, iyaahh ingat waktu itu saya membeli  TUNGKU PEMANGGANG ELVINA, karena tidak pernah saya tau alat pemanggang tersebut riwa-riwi di bisnis online. Munculah ide untuk menjualnya. Ternyata responnya Alhamdulillaaaaaahhh.. banyak peminatnya. Bahkan dikirim keluar jawa :)
Sampai suatu saat 3hari berturut-turut dapat komplen kalau barang yg saya kirim retak. Dunia serasa hancuurrr *lebay :p
Akhirnya saya stop penjualan via ekspedisi, hanya melayani dalam kota Malang. Sampai menemukan sesuatu yg aman buat pengiriman *suami ikut mikir, sampai mau dibuatkan pengaman almunium dibawah tungku. Tp sapa juga yg mau masang dan pesan disiapa itu alumunium? *jiaahh makin panjang nah pemikirannya..
Dan sampai saya menemukan bubble warp *udah keliling semalang raya indonesia raya #lebay kumat :p. Bubble warp itu lhoo plastik gelembung-gelembung yg biasanya diplitesi wkwkwk. Insyaallah aman.. :)
Dari pemanggang menjalar ke peralatan masak yg lain yg jarang didapat. Mulai dari cake mould, cetakan lontong sampai plastik-plastik mika. Tapi ternyata gak seperti yg saya bayangkan, ada penjual, ada pembeli, deal, transfer, kirim, nyampai selamat, beres. Aaahh, ternyata saya melupakan pesaing *lagi amnesia :p
Saya melupakan karena apa? yg tanya dan order kabanyakan bahkan hampir semua bukan penjual, jadi saya fine-fine aja. Ternyataaaa, ada yg udah sering tektok dan sering tanya menanya. saya tanpa curiga ternyata oh ternyata bak valentino rossi dan lorenzo *tp tetep lorenzo yg menang :p
Awalnya gak curiga,cuma mbatin, tp lama-kelaman makin kelihatan.. Hmmm...

Inilah dunia bakul, ada kanan, ada kiri, ada penjual, ada pembeli, ada juga pesaing *kali ini harus ingat :p

Tapi, rejeki gak bakal kemana kok.. kalau memang rejeki saya ya bakal menemui sayaa.. Aamiin..

Selamat berbakulriaaaaaaaaaaaaa...........^^
yg sportif yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa ^^

PUDING TELOR CEPLOK

Latah pengen nyoba si puding telor ceplok ini.. Karena banyak berseliweran di group, blog dan di fb :D
Akhirnya nyoba juga bikin puding telor ceplok, tp resepnya versi saya sendiri cuma bentuknya mirip.
Kali ini saya pakai skm dan sirup jeruk sebagai "kuning telur"nya.

PUDING TELOR CEPLOK

Bahan:
Adonan Putih

1/2bungkus agar-agar plain
75ml SKM, tambahkan air sampai menjadi 400ml.

Adonan Kuning
1/2bungkus agar-agar plain
40ml SKM+40ml sirup jeruk, tambahkan air sampai menjadi 400ml
3-4tetes pewarna kuning

Cara:
1. Rebus adonan kuning, tuang dalam cucing setinggi 1/2bagian saja. Dinginkan sampai mengeras.
2. Selagi menunggu adonan kuning mengeras. Rebus adonan putih.
3. Keluarkan adonan kuning dari cucing, tata dalam mika bulat. Tuang adonan putih perlahan-lahan dipinggir agar-agar kuning sampai membentuk seperti telor ceplok.
4. Dinginkan, siap disajikan ^^

Selamat mencobaaaa... ^^

Monday, June 3, 2013

Brownies Ubi Ungu


Ceritanya bikin brownies ini karena ada Mami Vindy yg mau dateng kerumah, nah lhoo.. dirumah lg gak ada cemilan apa-apa. Ntar malah kena omelan krn sering upload foto makanan, giliran disamperin gak ada makanan sama sekali.. wkwkwk



Terispirasi dengan FUDGE BROWNIES, yg rasanya rada-rada lengket gimana gituuu.. Kali ini saya pengen brownies yg spongi, agak padet tp lembab. Bahannya masih menggunakan ubi ungu. Hmm.. udah kebayang rasanya waktu masih dalam oven.. :D

Kali ini dikasih nama Brownies Ubi Ungu aja yaa.. ^^



 BROWNIES UBI UNGU

Bahan:

120ml minyak sayur
50gr coklat bubuk
150gr ubi ungu kukus, haluskan
50ml yogurt (adanya itu sih :D)
150gr gula pasir
1/4sdt garam
2butir telur
75gr tepung terigu protein sedang
1/4sdt BP
sejumput baking soda (dikit bangeeeettt)
1/2sdt kopi instan


Cara:
Hangatkan minyak, matikan api, masukkan coklat bubuk. Aduk rata. Sisihkan.
Campur ubi ungu, yogurt, gula, garam, kopi instan. Aduk rata. Masukkan telur. Aduk rata.
Tuang larutan cokelat, aduk rata.
Masukkan tepung terigu, BP dan baking soda.
Tuang dalam loyang brownies 30x10cm (dialasi kertas roti)
Oven 20menit (oven dipanaskan sebelumnya).
Hias sesuai selera.
Siap dinikmati ^^

Begitu keluar dari oven, masih agak panas nih brownies, Mami Vindy dateng. Pas!
Ternyata gak masuk rumah, cuma nganterin goddie bag anaknya yg ultah, ya sudah dibungkusin aja setengah bagian.. Semoga suka ya, Maaammmm.. ^^

Ini nih tekstur yg muncul setelah keluar dari oven dan didinginkan.
Sesuai apa yg saya harapkan, gak begitu lengket waktu dimakan. Lebih empuk, berpori, mungkin karena ditambahkan baking soda walau hanya sejumput, jadinya sedikit mengembang :)
Tidak beda jauh dengan brownies pada umumnya, tp warnanya jadi gelap keungu-unguan karena pakai ubi ungu.. Mantap deh, puas banget waktu merasakannya. Apalagi waktu tanya ke Bapaknya Akilla (biasanya dia yg paling bawel masalah rasa :p), dia bilangnya "pas". Jiahaha,,, mana pernah dia bilang enak :p. Jadi, "pas" itu enak menurut dia.. owalah.. xixixi

Berpori tp masih lembab

Ya sudah, ayoh di coba sendiri buat pecinta cokelat ^^
Kalau gak mau repot, boleh dipesan.. :D