Monday, June 16, 2014

HOMEMADE ICE CREAM MOCCA (tanpa emulsifier)

Berbeda dengan home made ice cream sebelumnya yang menggunakan emulsifier atau lebih umum orang menyebutkan merk, misal SP. Cuma saat itu saya menggunakan merk Quick 75, lebih cepat mengembangnya. Sudah pasti emulisfier tersebut dari bahan kimia tertentu kan? cuma satu persatu bahan apa saja saya kurang tau hehe.. Apalagi yang dipergunakan dalam es krim tersebut cukup banyak menurutku, 1sdm munjung penuh. Padahal kalau bikin cake saya pakai paling banyak cuma 1sdt, bahkan tidak pakai sama sekali. Kalau bikin cake masih melalui proses dikukus atau di oven, kalau es krim ini kebanyakan temen-temen bikin tanpa proses tersebut. Tapi saya selalu di tim dulu sebelum di pergunakan. Walau begitu tetep kan itu bahan kimia masuk dalam tubuh kita hihihi. Yah, kita harus sadar kesehatan, sehat itu penting dan mahal! Saya juga gak terlalu mainstream harus makan makanan yang selalu menyehatkan, nggak kok, kadang masih bandel juga makan mie instan wakakak. tapi sebisa mungkin kita rem lah keinginan untuk itu. Dan sama halnya dengan penggunakan emulsifier pada proses pembuatan es krim ini. Sependek pengetahuan saya, dalam pembuatan cake, emulsifier itu digunakan untuk menstabilkan adonan agar tidak mudah turun saat pengocokan telur. Tapi kalau kuning telur yang di pergunakan dalam adonan cake tersebut cukup banyak, kita tidak perlu lagi menggunakan emulsifier. Nah berbekal itu, saya iseng-iseng aja nyoba es krim dari kuning telur dan tanpa emulsifier. Saya hanya bikin 1/2 kaleng susu kental manis saja. Karena apa? Karena meminimalisir kegagalan wakakak, dan ternyata benar! Uji coba saya tersebut setengah gagal hahaha. Adonan es krim tidak berhasil mengembang sempurna, cukup hanya mengental lembut saja, jadinya hanya sedikit, jadi wihpcream jadi sasaran selanjutnya. Bagaimana prosesnya? Mari kita simak.. hehehe




Pertama, mari kita bikin adonan biangnya terlebih dahulu.

Bahan Biang:
1sdm munjung tepung maizena (15gr)
2kuning telur
125ml susu uht

Cara:
Campur susu uht dan tepung maizena, masak sampai meletup-letup.
Ambil sedikit adonan masukkan dalam kocokan kuning telur, aduk rata.
Masukkan kembali ke adonan maizena, aduk sampai rata.
- caranya mirip bikin fla -
Dinginkan di kulkas. Sisihkan.


Selanjutnya mari kita buat es krim! *lhah dari tadi ngapain? / masih dinginkan bahan-bahan di kulkas :))*
Iya, saya dinginkan semua bahan di kulkas, jadi semua dalam kondisi dingin.

HOMEMADE ICE CREAM MOCCA
(tanpa emulsifier)
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
1/2kaleng susu kental manis (sekitar 200gr)
200ml susu uht
adonan biang
50gr wihpcream bubuk

Cara:
Mixer adonan biang dan susu kental manis sampai mengental (berharap mengembang, tp ternyata hanya sampai mengental saja)
Masukkan susu uht sedikit demi sedikit, biar gak muncrat kemana-mana.
Mixer terus dengan kecepatan tinggi sampai mengental.
- nah karena gak mengental-mengental, saya masukan freezer selama sejam, sampai pinggir-pinggirnya membeku -
Keluarkan dari freezer, mixer lagi sampai mengental.
Hooreeee berhasil mengental, tp tidak sekental menggunakan emulsifier dan tentunya tidak mengembang! hasilnya cuma sedikit! huhuhuhu..
karena alasan itulah, whipcream jadi penolong. hahaha..
Liat di kulkas ada sedikit whipcream bubuk, semoga membatu deh.. saya timbang ternyata ada 50gr. Okelah saya masukkan dalam adonan, mixer terus dengan kecepatan tinggi.
Dengan penuh kesabaran adonan menurut saya masih kurang begitu mengembang, hanya sekitar 1/3tinggi baskom mixer philip.
Tak kurang ide, masukin freezer aja lagi sampai setengah beku atau sekitar sejam.
Keluarkan dari freezer, mixer lagi sampai lembut dan mengembang. Daaaannn... berhasssiiillll!! mengembang sampai 1/2 lebih tinggi baskom.



Kasih pasta moka, karena gak punya stok buah. 
Tuang dalam cetakan es krim 12 stik dan wadah ukuran 800ml. Lumayanlah..
Bekukan di freezer. Siap di nikmati.

Setelah menikmati capeknya perjalanan panjang tersebut, terbayarkan saat jilatan pertama, waw beneeerrr, lebih lembut dari pada pakai emulsifier. Cuma scoop es creamnya aja yang kurang sip, jadinya di foto gak mulus tampilannya, plus diriku memunculkan kembali kekurangan dalam memoto minuman, terutama es krim.. duuhhh.. jelek banget hasilnya.. huhuhu..

Mungkin yaaa.. untuk selanjutnya kalau mau bikin resep seperti ini gak perlu perjalanan panjang seperti diatas, cukup campurkan biang dan semua bahan, termasuk whipcream, mixer sampai lembut. Kalau mau lebih lembut dan mengembang, bekukan sekali saja di freezer, baru mixer lagi sampai mengembang. Tidak perlu 2kali seperti saya hihihihi. Tapi sueeerr deh, hasilnya lembut.. Hilang seketika rasa capek bolak balik ngemixer. hehe.

Oiya, saya juga pengen menuliskan biaya yang di gunakan, karena banyak sekali yang menjual hasil es krim (dengan emulsifier), supaya bisa sebagai pembanding dari segi modal.

Rincian biaya:
2kuning telur, Rp 2.000
1sdm penuh tepung maizena, Rp 500 (karena sekotak kecil itu aja harganya sekitar 3rb-4rb, anggap aja sesendok harganya segitu hehe)
1/2 kaleng susu kental manis, Rp4.200 (saya pakai omela, harganya Rp8.350)
50gr whip cream, Rp 5.500 (sekotak merk haan, isi 200gr, harganya Rp 22.000)
total 325ml susu cair, Rp 6.000 (saya pakai susu kotak kecil-kecil, kalau pakai susu literan lebih murah lagi)
TOTAL: Rp 18.200.
Ini setengah 1/2 kaleng skm, kalau bikin sekaleng skm ya dikali 2 saja hehehe.

Mungkin rincian biaya tersebut lebih tinggi daripada bikin es krim dari emulisifier, atau bahkan banyak orang disana yang mengganti susu uht dengan air putih biasa, akan jauh lebih murah lagi biayanya. Tapiii, dengan modal 18rb rupiah bebas bahan kimia dan tentunya lebih sehat. Dan jauh lebih murah ketimbang kita beli es krim di supermarket :)

Salam sehat! :D

14 comments:

  1. Assalammu'alaikm.wr.wb

    Salam kenal mbak puji. Saya sering lihat-lihat resep mbak. Kebetulan saya lihat resep ice cream homemade apalagi. Saya suka bgt dengan eskrim dan saya praktekin, alhamdulillah jadi dan langsung abis dalam satu hari, adek-adek saya pun suka dan besoknya saya buat lagi dengan rasa yang lain. Saya membuat yang tanpa emulsifier.

    Ditunggu resep-resep lainnya

    Makasih ya mbak.

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum mbak puji. Salam kenal. Saya salah satu orang yg jual es krim dengan bahan emulsifier. Baru start 3 mingguan sih. Nah baru kemarin dikasih info teman kalo emulsifier berbahaya jika terus menerus dikonsumsi. Duuhh.. jadi galau. Apalagi pangsa pasarnya kan anak-anak. Kasian kalau sampe diracuni sejak dini hik..hiks..
    Mau nanya mbak, susu uht bisa gak diganti dengan fresh milk? susu sapi segar yg dipasteurisasi mb.
    Makasih bantuannya mbak puji..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget mbak Fitria.. Sukses ya buat jualannya ;)

      Delete
  3. Mau coba ..ah bun..kebetukan bahannya komplit...

    ReplyDelete
  4. Mau coba ..ah bun..kebetukan bahannya komplit...

    ReplyDelete
  5. klo takaran resep 8 liter mbk gmna...

    ReplyDelete
  6. klo takaran resep 8 liter mbk gmna...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya dikalikan saja semua bahan hingga mencapai hasil 8 liter mas dadang..

      Delete
  7. Tepung maizena bisa di ganti yg lain ga?

    ReplyDelete
  8. pengen coba... makasih infonya. Saya lagi cari resep yg gk pke sp tp ekonomis...

    ReplyDelete
  9. hasilnya jadi sekitar 1 liter es krim yah mba?

    ReplyDelete
  10. Bubuk whipped cream kan juga mengandung emulsifier :v

    ReplyDelete
  11. Mbak klu whippedcreamnya buatan kita sendiri bisa ga

    ReplyDelete