Thursday, April 30, 2015

POFFERTJES

Aku kangeeeennnn.. Kangen corat coret disini. Sebulan lebih nandangwuyung sepi banget, bulan kemaren isinya cuma review produk, tidak posting resep sama sekali. Hmm bukan apa-apa tapi karena saya dan Akilla kena flu. Abis itu agak baikan, dapat kabar Bapak Jember opname di rumah sakit, asmanya kambuh. Pulang pulang ke Jember, njagain bapak di rumah sakit. Dan mungkin karena kecapekan dan kepikiran, ibu akhir sakit juga, kena gejala typus. Byuuhh.. Rasanya bingung, satu sisi orang tua, satu sisi saya bawa Akilla bermalam di rumah sakit. Alhamdulillah Akilla tidak ikutan sakit walau bermalam di rumah sakit. Dan alhamdulillah setelah 2minggu Bapak diijinkan pulang dan ibu sudah baikan. Selama pemulihan bapak dan ibu tinggal di rumah kakak yang di Jember, saya pulang ke Malang. Etapi etapiii nyampai Malang sayanya tepar. Flu lagi, pusing, darah rendah menguasai. Haduuhh.. Badan protes minta diistirahatkan. Ya sudahlah, emang waktunya istirahat :). Dan alhamdulillah akhirnya kami semua sekarang dalam keadaan sehat.. :)

Dan beberapa hari ini sudah bisa menguasai dapur lagi. Dan angkat kamera! Yeeyy! Dan hari ini saya bikin poffertjes, sejenis pancake tapi dicetak bulat. Pasti semua sudah pada tau, cuma sayanya yang telat nyoba bikin hihi. Padahal punya cetakan sudah lama *kebiasaan, beli cetakan tapi dianggurin**tepok jidat*.



Ini resep coba-coba, hanya pakai satu telur hihi. Hasilnya lumayan lah buat cemilan kami bertiga malam ini :D Apalagi saat masih panas, empuukk.. Oia, seperti kebanyakan bikin poffertjes, adonan saat di cetak di balik pakai sumpit atau tusuk sate. Saya mencoba hal itu dan berhasil sih, tp hasilnya kurang bulat, masih agak pipih walau adonan diisikan hampir penuh pada cetakan. Akhirnya saya bikin dengan menggabungkan 2 cetakan poffertjes. Jadi begini, isi lubang setengah tinggi cetakan, biarkan sampai bawahnya menguning tp atasnya masih basah, terus isi adonan setengah lagi di lubang sebelahnya. Buruan deh poffertjes yang pertama itu balikkan ke lubang yang satunya dengan bantuan tusuk sate. Jadi ditangkupkan gitu. Ada 2 buah poffertjes setangah lingkaran yang akhirnya membentuk bulat penuh. Hasilnya lebih cantik :) 

POFFERTJES
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
80gr tepung terigu serbaguna
30gr gula halus
1/4sdt ragi instan
125ml susu uht hangat
1butir telur
1sdm margarin (sekitar 15gr), lelehkan
sedikit garam

Cara:
Campur tepung terigu, gula dan ragi instan, aduk rata.
Kocok lepas telur, dan masukkan susu uht hangat, aduk rata.
Buat lubang di tengah campuran tepung, tuang campuran susu dan telur, aduk rata pakai ballon wisker.
Masukkan margarin cair dan garam. Aduk rata.
Diamkan sekitar 30menit (maaf saya gak matok waktu, soale saya tinggal makan hihi)
Panaskan cetakan poffertjes, oles tipis dengan minyak. Gunakan api keciilll ya.. 
-kalau saya, saya alasi lagi dengan alas baking pan, jadi panasnya merata, gak mudah gosong-
Masukkan adonan ke dalam botol saus/kecap, agar lebih mudah saat nuang ke cetakan, tinggal kecrotin aja haha.. Gak belepotan dan hasilnya rapi.
Tuang adonan ke cetakan sampai hampir penuh, diamkan sebentar, baru balik dengan bantuan 2buah sumpit. Atau bisa menggunakan cara diatas yang ditangkupkan. Terselah anda mau pakai cara yang mana :)
Angkat dan taburi gula donat.
Siap dihidangkan.

Ini hasilnya sebelum ditaburi gula donat,


Kelihatan lembut kan? :)

Dan ini setelah di dandani hehe


Dan ini saat disandingkan dengan kopi item buat si Bapak :D



Baiklah.. Selamat malam semua.. Happy long weekend.. ^_^

6 comments:

  1. uwaaaa....kebayang enaknya,semacam kayak sus goreng ya mbk^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda dengan sus goreng mba HM Zwan.. Ini lebih mirip pancake tp dicetak bulet bulet.. :)

      Delete
  2. Your blog is impressive, thanks to the quality of your recipes & other content. We would be glad if you would participate on Contestchef so that your quality recipes can contest with other such bloggers/ recipe creators and win accolades from various players in the global food industry.

    Contestchef is a global forum for food/ recipe bloggers to showcase their skills to the world. This is a one of a kind concept and backed by food conglomerates around the world. Several recipe creators/bloggers are already contesting on Contestchef.
    Click to join Contestchef
    Sincerely,
    Nandy
    Contestchef

    ReplyDelete
  3. ini pasti enak buat pulang kerja nih...

    ReplyDelete