Sunday, October 19, 2014

CHOCOLATE SOIL WITH WORMS


Apa yang ada dipikiran anda tentang gambar diatas? sebuah pot berisi tanaman lengkap dengan hewan penggembur tanah alias cacing? Akankah kalian mau makan jika gambar diatas adalah semangkok makanan? hihihi.. Yes, this is chocolate soil complete with worms, and all you can aet. Dari tanah yang basah *habis disiram hahaha* dan tentu si "cacing"nya pun ingin berliak liuk menari di dalam mulut. Hahaha.. Geli juga saya menulis ini sambil membayangkannya. Memang untuk memakan ini butuh keberanian. Akilla saja gak mau makan, "gak mau ma, itu cacing" sambil menutup mulut pakai tangan hihihi. Si Bapak saat pulang kerjapun sampai melihat dengan dekat memastikan itu cacing atau bukan. "ini apa? cacing?" hihihi, semua pada ketipu. Tapi sebenarnya adalah brownies lembut yang di hancurkan menyerupai tanah basah yang gembur dan tentunya si "cacing" ini adalah jeli cokelat nan nyoklat dan manis.

Sebenernya saya pengen bikin ini saat beberapa saat lalu saya liat tv, isinya tentang liputan kuliner yang dissertnya adalah cokelat pot semacam ini, ada "cacing"nya. Itu yang bikin saya penasaran pengen mencoba. Tp saya masih bertanya-tanya bagaimana membuat si "cacing" itu. Awalnya saya mau bikin seperti bikin cendol, pakai cetakan cendol, tp mikir juga nantinya akan menjadi "cacing" yang sangat gendut karena lubangnya besar. Setelah browsing, nemu juga postingan cara bikin jeli cacing disini. Ternyata pakai sedotan yang ada lekukannya, jd nantinya akan mirip seperti segmen-segmen di tubuh cacing. Let's go to made it!. 
Daaann, grup YKMK lagi ada challenge yang bekerja sama dengan cokelat chafmate, mari kita ikutan. Hadiah asik lhooo, ada paket cokelat dan duit. Lumayan lho hihihi.. Yuk ikutan :)
Mulai mengumpulkan sedotan, tinggal sedikit sedotan panjang, akhirnya mengumpulkan sedotan dari susu uhtnya si Akilla. Karena Akilla minum susu uht gak mau pakai sedotan, maunya pakai gelas, jadi sedotan banyak yang nganggur dan sedotan-sedotan tersebut saya berdayakan hihihi. Mari siapkan bahan-bahan pembuatan jeli cacingnya,


Jelly Worms
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
2sdt bubuk jeli putih/cokelat (1bungkus nutrijel ukuran kecil)
2gelas atau 400ml air/susu uht 
50gr cokelat chefmate
gula secukupnya
sedotan
karet
gelas

Cara:
Siapkan sedotan, tarik bagian yang mengekerut. Ikat rapat dan masukkan dalam gelas.
Masak bubuk jeli, gula dengan air sampai mendidih. Berhubung saya pakai susu uht cokelat yang sudah manis, saya gak pakai gula lagi.
Matikan api, masukkan cokelat chefmate yang sudah di cincang, aduk rata.
Selagi adonan masih panas dan encer, segera tuang kedalam lubang sedotan sampai penuh.
Diamkan sampai set.
Ambil perlahan dari gelas, ketuk-ketuk dan goyang perlayan sedotannya, makan akan keluar "cacing" dalam persembunyiannya hahaha.. Bantu dengan sedikit menarik perlahan.
Dan jadilah Jelly wormsnya,

Geli geli gimana gituuu pas sudah dalam piring, berternak cacing ini hahahaha..

Okeh, jeli cacingnya sudah jadi. Sekarang bikin soilnya, alias "tanah"nya. Saya bikinnya dari brownies kukus ny.Liem saja, karena cakenya lembut. Jadi nanti setelah matang, di hancurkan pakai food prossesor, hasilnya akan menyerupai tanah yang subur dan lembab. Pas banget jika dipadukan dengan "cacing" yang notabene adalah penggembur tanah biar subur hihihi.
Resep brownies kukusnya sudah pernah saya posting, jadi bisa diklik disini saja untuk lihat resepnya :)

Okeh, mari kita berkebun! menanam tanaman.. hihihi.
Sediakan mangkok, cangkir lebar, pot atau kaleng kecil. Isikan dengan brownies yang telah di hancurkan, selipkan jeli cacing, tumpuk lagi lagi dengan brownies kukus, letakkan lagi jeli cacing, berselang seling gitulah, jadi nanti pas di sendok akan mencul cacingnya hihihi. Taruh potongan daun diatasnya biar makin menyerupai pot tanaman beneran :D

Dan seperti inilah hasilnya,




Dan ini khusus buat challenge YKMK bersama cokelat Chefmate :)


Ayooohhh siapa yang mau? Sekalian uji nyali hihi. Uji nyali tapi berbuah manis semanis cokelat Chefmate :)

Dan diakhir kata saya berdoa, semoga saya beruntung :)

18 comments:

  1. Oh buat event chefmate ya. aku baru beli bahannya hihih

    ReplyDelete
  2. Eww...agak geli gimanaa gitu ya mba, hehe.. beneran uji nyali ini mah >.<
    Gut luck untuk challenge nya mba ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah choco soilnya menang mbak Mama Aisyah.. hehe.. :)

      Delete
  3. Replies
    1. itu daun asli dari tanamannya suami hihi.. tp gak tau namanya pohon apa hihi..

      Delete
  4. Replies
    1. pake pucuk daun teh hijau

      Delete
  5. Cara menghancurkan brownies nya gimana mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya hancurkan pakai food prosesor mba Cinthya.. atau bisa juga diancurin perlahan pakai garpu ditusuk tusuk gitu.. :)

      Delete
  6. mb q kok jelynya malah mengalir trus di gelas jd ga bisa menuhin sedotan.kasih tau tipsnya dunk... makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nuangnya waktu masih panas, jadi masih cair. lebih mudah masuk dalam sedotan. Ambil sesendok sesendok masukin dalam sedotan. Jelly yang di dalam panci usahakan tetep panas, pakai api paling keciiill, jadi jellynya masih mencair. Semoga dapat membantu yaa,, :)

      Delete
    2. Mba pas jellyny dimasuki kesedotan jelly pada turun kegelasny nah itu gmna y

      Delete
    3. Usahakan jelinya masih panas dan mencair mas Edi, jd mudah turun ke bawah sedotan. Kalau sudah agak mengeras jd susah masuk sampai bawah.. :)

      Delete
    4. Mba...cara'a gmn biar jelly nya gak turun ke gelas semua ? Soal'a jd gak masuk gt di sedotannya.alias ngocor aj trus dia turun ke bawah :"(

      Delete
    5. kurang kental mungkin mbak Veoni :)

      Delete
  7. mba mau tanya, sedotan nya itu bisa untuk berapa kali pakai ya ? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu kali aja ya mb Desy.. Kan ini juga sedotan biasa.. Atau kalau telaten nyuci satu-satu ya bisa mungkin ya dipakai berulang :)

      Delete