Monday, April 21, 2014

PANDAN BREAD PUDING

Ini adalah makanan yang pertama kali saya bikin saat masih belajar bikin kue. Simpel, mudah dan pasti suksesnya hahaha. Karena berbahan roti tawar, susu uht, gula dan telur. Untuk rasa atau toping bisa disesuaikan dengan apa yang ada, bisa apel, nangka, pisang, kismis, keju, cokelat, apapun bisa masuk deh. Dan sudah lama saya gak bikin bread puding lagi. Hari ini bikin lagi karena ada stok roti tawar pandan yang tidak terjamah. Beli ini karena Akilla pengen roti bikinan mamanya, tp ternyata sudah tertelan di perut bapaknya :D. Akhirnya belilah roti tawar pandan ini. Dan apa yang terjadi setelah itu, cuma satu gigit doang! Hiyuuhhh.. Selebihnya gak ada yang makan, baik saya maupun bapaknya :D Baiklaaaaahhh, harus di olah ini biar bisa kemakan. Untuk memulaan, setelah Akilla sembuh dari batuk, bikin bread puding aja, karena gak mengandung lemak/minyak.



PANDAN BREAD PUDING
by: Puji Rahayu

Bahan:
6-7lembar roti tawar pandan
500ml susu uht
100gr gula pasir
1/4sdt garam
2butir telur

Taburan:
Kismis
wijen
keju mozarella
keju mountain

Cara:
Campur gula, garam, telur dan susu. Aduk rata.
Sobek kecil-kecil roti tawarnya. Bisa yang rasa pandan atau yang biasa. Bahkan bisa juga jenis roti atau cake yang gagal atau sudah tidak termakan (sudah bosen maksutnya hehe).
Taruh sebagian dalam pinggan tahan panas (bisa dioles tipis margarin biar tidak terlalu lengket).
Tuang sebagian susu biarkan roti tawarnya menyerapnya. Taburi kismis (gak pakai juga tidak apa-apa).
Taruh lagi sisa potongan roti tawar. Tuang lagi sisa dari susu. Tekan tekan dengan sendok perlahan biar susunya meresap di roti tawarnya. 
Taburi keju mozarella dan mountain, bisa di skip atau diganti keju cheddar. Saya pakai keju ini karena punya stok Keju Indrakilla, keju asli buatan anak negeri dari Boyolali, yahud banget kejunya. Taburi juga dengan wijen dan kismis. Topingnya ini sesuai apa yang ada aja deh.. fleksibel banget pokoknya hehe.
Panggang dengan api sedang selama 30menit atau atasnya kuning kecokelatan.
Angkat. Siap di hidangkan.

Bread puding ini bisa dihidangkan hangat ataupun dingin dari kulkas, jd makin nyeess!! hihihi




Oia, tadi ini yang ngaduk susu+telor dan nyobekin roti tawar si Akilla lhooo.. Dan saat sudah matang dia mau memakannya.. Senangnyaaa... :)

Truusss, sebungkus kan isinya 10lembar, masih ada sisa 3lembar saya oven juga sampai kering, rencana saya chop jadi ntar dibikin bread crum tp warnanya ijo. Asik sepertinya.. bikin apa yaaaaa? hihihi..

No comments:

Post a Comment