Wednesday, February 18, 2015

KUE CUCUR

Kue Cucur, saya sih menyebutnya kue kucur.. hehe.. Apapun ya nama ini kue saya sukak!


Kali ini bikin yang ijoo, daun pandan. Wangiii... Tapiii kurang sreg sama hasil fotonya. Angle fotonya terlalu menukik.. Haiiss.. kenapa saya saya slalu kesusahan kalau ngambil foto dr atas bengini yaa.. Perlu sinau maneh!

okeh lupakan masalah foto *yang harus dipelajari lagi*, kita bahas resepnya saja yaa.. Kue cucur ini kesukaan kakak saya, saya suka, tp kakak saya lebih suka.. hehe. Dulu sempet pernah bikin berdua tp gagal! haha.. Entah dimana salahnya waktu itu.. Saya juga sudah agak lupa apa saja resepnya, karena waktu itu saya masih kuliah dan masih "aras-arasen" untuk bebikinan, milih kluyuran! haha. Nah, pas pulang ke Jember kemaren, diajari sama tetangga yang bisa bikin kue cucur dan saya dikasih bocoran resepnya dan tips biar bisa bersarang bagus dan keluar "udel" pusarnya hehe. Begini resepnya *benerin daster hahaha*


KUE CUCUR
resep Bu Nah tercintah! haha
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
300gr tepung terigu
200gr tepung beras
250gr gula pasir
500ml air hangat (dibikin dari campuran blanderan pandan suji, atau bisa langsung pakai pasta pandan)
100ml air kelapa (bisa diganti air hangat biasa)
1/2sdt garam

Cara:
Campur tepung terigu, tepung beras dan gula pasir. Aduk rata.
Tuang air hangat sedikit demi sedikit (1gelas terlebih dahulu), uleni pakai tangan sampai adonan rata dan lembut (adonan masih lengket dan menggumpal kaya adonan roti tp lembek).
Tuang air dan air kelapa sedikit demi sedikit sampai adonan licin.
Tambahkan garam. Aduk rata.
Siapkan wajan dengan sesendok sayur minyak goreng, panaskan dengan api sedang.
Tuang 1sendok sayur adonan. Siram siram minyak pakai sutil. Goreng sampai bersarang dan tengahnya membentuk gundukan kecil dan matang.
Angkat dan tiriskan.
Lakukan sampai adonan habis.
Siap disajikan.



Hasilnya 30pcs. 

Rasanyapun sesuai selera saya, manisnya pas menurut saya. Tidak kaku karena ada campuran tepung terigu, gak hanya pakai tepung beras. Horreeyy! Sekarang kalau pengen cucur bikin sendiri aja, gak perlu bingung nyari dipasar yang sekarang juga mulai langka.. Puas juga makannya hihi.. Apalagi masih anget! Wuiiihh.. Monggo sedereekk.. :)

16 comments:

  1. Wah makasih resepnya Mbak puji , cantik banged kue cucurnya , kalo ga ada air kelapa , bisa diganti yg laennya ngga ? ( vivian)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Vivian.. Kalau gak ada air kelapa pakai air hangat aja gpp mbak Vi.. :)

      Delete
    2. OK makasih pencerahannya Mbak puji ��, nanti saya coba mudah2an succes spt punya Mbak puji ☺️ . (Vivian)

      Delete
  2. Sy blm prnah nyoba yg versi gula pasir deh teh... :((

    Dulu dh prnah bikin yg original betawi alias pk gulmer... hnmmm... pancen wenaak... tp yg gulmer mah hrs d keplok2 dulu adonannya trs didiamkan semaleman biar bs keluar seratnya...

    *komen kepanjangan...
    Hihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mb Lina, cobain deh yg pakai gula pasir.. rasanya sih lebih legit pakai gula merah.. kalau yg gula pasir ini rasanya jadi soft gitu.. hehe.. Dan ini bikinnya gak pakai diinapkan semalaman, cukup diuleni saja :)

      Delete
  3. Bisa di cobain ne ijo royo-royo..secara doeloe pernah bikin gatot hiks hiks.. (evi rahma)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lagi yuuukk Vii... :) semangaaattt!

      Delete
  4. Bunda Puji Rahayu .. barusan saya nyoba buat .. tapiii hasilnya ga memuaskan (resep lain) .. sediiih ..
    Izin nyatet resepnya ya .. maturnuwun ..

    ReplyDelete
  5. Ooo ya lupa .. tepung berasnya yang kemasan atau harus numbuk dulu .. makasih ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pakai tepung beras kemasan yg 200gr, merk rose brand mb Ida :)

      Delete
  6. Sya penasaran jd pingin bikin jg nih mbak,hehe..kuenya cantik. Itu tepung terigunya pake yg protein sedang ya mbak?

    ReplyDelete
  7. Sya penasaran jd pingin bikin jg nih mbak,hehe..kuenya cantik. Itu tepung terigunya pake yg protein sedang ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, tepung terigu serbaguna.. silahkan di coba :)

      Delete