Saturday, February 27, 2016

COBAIN KILLER SOFT BREAD-NYA VICTORIA BAKES, BENERAN LEMBUUTTT!


Sebenernya sudah lama resep ini riwa riwi di time line facebook, banyak yang nyobain dan hasilnya sungguh memuaskan, lembut dan muncul serat. Dan sayapun semakin penasaran pengen bikin juga. 
Resep saya ikutin, cuma disini saya gunakan telur yang agak besar dan saya pakai whip cream bubuk. Dan mohon maaf saya nguleninya pakai mixer hihi. Mixer sampai bener-bener kalis. Bisa juga pakai tangan, tapi ya intinya harus sampai kalis juga hihi
Lihatlah seratnyaaaa..


KILLER SOFT BREAD
rebake by: Puji Rahayu W.

Bahan:
260gr tepung terigu protein tinggi
3 gr ragi (saya 1 sdt)
65 gr telur (nett, tanpa kulit) + 10 gr whip cream bubuk + 110 ml susu cair -- (total cairan antara 160-180 gr)
30 gr gula pasir
2 gr garam (1/4 sdt)
30 gr butter (saya pakai margarine)

Cara:
Campur telur, whip cream bubuk dan susu cair, aduk rata.
Masukkan semua bahan kecuali butter, uleni.
Masukkan butter, uleni sampai bener-bener kalis.
Diamkan sampai mengembang 2x lipat, sekitar 30 menit.
Kempiskan, bagi menjadi beberapa bagian (saya timbang masing-masing 30 gr), bulatkan. Diamkan lagi sekitar 15 menit.
Isi dengan selai strowberry atau cokelat (saya adanya mesis cokelat, ya itu lah yang saya pakai hihi).
Tata dalam loyang beroleskan margarin.
Diamkan selama 30-45 menit atau mengembang sampai hampir tinggi loyang.
Panggang dengan suhu 170C selama 30 menit 
-- karena ini dibuat roti sobek ya, kecil-kecil jadi lebih cepat matang, kalau mau di bikin roti di loyang loaf panggang selama 40-45 menit. Ini saya 30 menit atasnya sudah eksotis hahaha --
Angkat dan segera oles dengan butter. Siap disajikan.

Dan anda akan terkagum sama serat-serat cantik yang muncul, lembuuttt dan lap lep lap leeppp apalagi saat masih hangat. haha. Cepet abisnya deh.. apalagi ini cuma 1 loyang yee.. :D
Saat bikin roti pakai bread improverpun hasilnya gak bisa selembut ini. Ini apa karena pakai whip cream ya? eh tapi banyak temen yang nyoba resep ini ya cuma pakai susu aja lho, tapi hasilnya tetep lembuutt.. Suka suka sukaaa pakai resep ini :)

Besok bikin lagi aah :p

21 comments:

  1. Wah..
    Mba Puji sudah ada mixer heavy duty ya..
    Suka...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah belum punya mbak.. Pakai mixer philip biasa hihi. Kalau tepung 250gr aja masih kuat hihi

      Delete
  2. aku rasane eman ngulen roti nganggo mixer mbak, tapi lek ngulen nganggo tangan nggak kuat juga mbak , wkwkwkwkkk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. Saya kan kumat malesnya mbak.. Haha.. Mixer diberdayakan hihi

      Delete
  3. Mba Puji, untuk olesan atas roti supaya mengkilat pake apa ya? Makasihh, suka liat rotinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oles dengan margarine atau butter setelah keluar dari ovrn. Jd panas-panas olesnya..

      Delete
  4. Itu garam udah dimasukkin di awal ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya masukin di awal, kalau ragu bisa aja dimasukin bareng margarin :)

      Delete
  5. Mba pke mixer merk APA klo bole tau?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pakai merk philip biasa kok.. yg hand mixer tp pakai stand :)

      Delete
  6. Loyangnya ukuran berapa mbak?

    ReplyDelete
  7. Mbak, kok aku buat roti... teksturnya masih agak kasar ya terus bawahnya agak keras... ga kayak roti yang di bakery gitu.... kenapa ya? padahal semua langkah-langkahnya dah diikuti secara detail...

    ReplyDelete
    Replies
    1. apinya jangan terlalu kecil saat manggang. Jd makin lama waktu manggang/ngoven, roti akan semakin keras :)

      Delete
  8. oh gitu, coba nanti aku praktekin lagi. Makasih ya mba.... <3

    ReplyDelete
  9. Mau nyoba ahhh... fotonya menggodah, as always lah...salam

    ReplyDelete
  10. halo mba

    saya mau tanya rahasianya apa sih spy roti bisa berserat panjang dan empuk ala killer soft bread?apa karena pake butter?apa karena suhunya pas?atau apa? thx

    saya sudah mencoba sesuai resep persis cm hasilnya bagian permukaan roti empuk cm saat ditekan terasa ada bagian yg keras spt besi dilapisi spon/tidak menul2.saat dimakan bagian tengah roti empuk tp tidak bisa berserat panjang spt dan bagian luar terasa keras spt besi dilapisi spon/tidak menul2 saya pakai margarin bkn butter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sependek pengetahuan saya tentang rerotian ya mba.. adonan roti kalau mau berserat bagus itu proses menguleninya harus kalis elastis. Penggunaan butter membuat roti makin empuk dan wangi. Dan yg membedakan pula penambahan whipcream yg membuat roti lebih lembut drpd menggunakan air biasa atau susu..
      Intinya sih nguleninnya harus bener-bener kalis elastis. Dibentangkan membuat membran tipis gak sobek 😊
      Selamat mencoba kembali ya mba 😊

      Delete
  11. Apa bedanya butter sm margarin sm mentega??
    Pemula mohon maklum

    ReplyDelete