Saturday, November 16, 2013

COKELAT CURL

Masih sambungan dari posting Cheddar Cheese Cake Tart kemaren. Intinya tetep masih belajar. Iyah, belajar bikin cake dan belajar mendekor cake. Kali ini belajar mendekor dengan cokelat. Membuat cokelat curl, cokelat spiral, cokelat bolong, cokelat sabuk dan cokelat bunga yg di buat sendiri, tanpa cetakan, kecuali tulisannya. Bukan karena apa, saya paling gak bisa nulis di cake, sumpaahh! haha.. Masih mending nulis di kertas, masih perlu banyak latihan tulis menulis ini. hehe.
Cokelat curl ini tidak sengaja saya menemukan di blognya mbak Ricke-OrdinaryKitchen, saat searching cheese cake dan nyontek bentuk-bentuk tart yg beliau buat. Amazing deh, kagum, tartnya cantik-cantik. Dari awal emang sudah berniat membuat dekornya dari cokelat karena pengen tart yg saya bikin ini hanya ada 2 warna, cokelat dan putih. Intinya, didunia ini ada hitam dan putihnya kehidupan, dan semoga keluarga kami dalam melaluinya dengan manis-pahitnya si cokelat ini. Aseli deh kue tart yg saya buat ini penuh filosofi hahaaha.


Cara bikinnya gimana ini? Sesuai petunjuk yg diberikan mbak Ricke, akhirnya saya mencobanya.
Pakai sendok koktail (yg biasanya untuk membulat-bulatkan buah), di letakkan posisi 30derajad, dimulai dari atas (posisi cokelat paling jauh dari badan kita), kemudian ditarik kebawah (kearah badan kita). Dan pastikan cokelat yg di gunakan tidak terlalu keras karena akan patah-patah, tidak pula terlalu lembek karena aku susah di bentuk.
  • Seperti ini cara 'mengerok'nya,
  •  Dan inilah hasil yg saya lakukan. Banyak patah/hancurnya. wakakakak. Serpihan cokelat ini adalah sisanya. Selebihnya sudah masuk mulut saya dan Akilla :))
Cukup deh bikin cokelat curlnya. Sekarang bikin cokelat spiral, cokelat bolong-bolong dan cokelat sabuk. Tapi sebelumnya saya mohon maaf, saya tidak sempat memfoto step by stepnya. Karena udah spaneng, waktu makin sore tp semua belum beres juga.
Paling tidak saya beri gambaran dengan kata-kata. Atau lebih mudah lagi, bisa gugling hihihii.
  • Cokelat spiral.
Sediakan plastik mika selebar 5cm dan panjangnya kira-kira 20cm. Semprotkan DCC (cokelat blok) yg sudah dicairkan dan dimasukkan papping bag membentuk pensegi panjang. Kira-kira lebarnya 3-4cm dan panjangnya 10-12cm. Tunggu sampai agak mengeras, sudah membentuk lapisan dipermukaannya, tp kalau di colek masih lengket di tangan. Gores dengan garpu. Lengkungkan/gulung (kalau bahasa jawanya, di plintir hehe) dengan bantuan 2 tangan. Letakkan di dalam freezer (posisi masih di pegang). Tunggu sampai mengeras. Lepaskan mika secara perlahan. Dan DONE!
  • Cokelat bolong-bolong
Ini paling mudah. Cukup oleskas DCC cair pada plastik bubble warp (yang biasanya buat bungkus alat-alat elektronik). Bekukan di freezer. Lepaskan pelan-pelan. dan DONE!
  • Cokelat bunga
Ini seperti menggambar. Cukup sediakan plastik mika polos. Dan gambar seperti bunga atau sesuai keinginan deh. hehe.. Bekukan di freezer, lepaskan dari plastik mika. DONE!
  • Cokelat sabuk
Ini yg paling keburu-buru membuatnya. Awalnya pengen bikin cokelat sabuk dengan full cokelat dan motif cokelat putih yg dicoret-coret acak. Eeehhh, ndilalah kok ya saya keburu-buru jadi cokelat putih belum set bener saya sudah tuang DCCnya, plus di oles-oles pakai garpu buat ngeratainnya. Hancur deh motif putihnya. Ngulang dari awal, akhirnya bikin cokelat sabuk yg "dioret-oret" saling menyilang.
Pertama, sediakan plastik mika panjang (10cm x 65cm) dan cake yg telah dilapisi buttercream dan telah di dinginkan di freezer (kira-kira sampai buttercreamnya agak mengeras). Coret DCC cair dengan kemiringan 45derajat kearah kanan. Lalukan sampai keujung. Setelah itu lakukan dari awal lagi tp dengan posisi coretan sebaliknya. Jadi saling menindih. Lingkarkan/sabukkan di cake (yg telah keluar freezer). Biarkan plastik mikanya tetep menempel. Bekukan beberapa saat di freezer sampai cokelat bisa terlepas dari plastik mika. Angkat plastik mika pelan-pelan. Dan cokelat sabuk sudah melekat di cake. DONE!

Kalau untuk tulisannya mah cukup dicetak pakai cetakan tulisan aja. hehe.

Wooosshh.. sungguh membutuhkan kesabaran. tp hasilnya saya cukup puas. Ada sih beberapa yg protol-protol karena cokelatnya kurang tebal. hehe.. tp gak masalah, masih bisa digunakan, atau paling tidak masih bisa dimakan wakakakak.

Setelah itu dirangkai deh sesuai selera dan kreatifitas masing-masing. Dan inilah hasilnya,
-


Sejauh ini, saya sangat menikmati mehias/mendecor tart dengan cokelat. Tp masih tahap belajar lagi biar makin kreatif menyusun dan membentuk cokelat-cokelat hias ini. Dan satu lagi... belajar nulis hahaha..

Semoga bermanfaat :)

2 comments:

  1. aku malah penasaran sama butter creamnya bikin sendiri atau beli jadi mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin sendiri, mbak Inonie zahra.. :)
      untuk resepnya ada di http://nandangwuyung.blogspot.com/2013/11/cheddar-cheese-cake-tart-with.html :)

      Delete