Tuesday, April 29, 2014

REMPEYEK KEMBANG GOYANG

Sebelum lihat postingannya mbah Diah Didi tentang bikin rempeyek kembang goyang, dulu pernah lihat di toko oleh-oleh ada rempeyek yang bentuknya seperti kembang goyang. Dan sejak saat itu pengen bikin sendiri rempeyek di cetak dengan cetakan kembang goyang. Cetakan sudah beli dulu banget, tp belum pernah di pakai hihihi. Eh, kok mbak Diah Didi posting rempeyek dengan di model seperti kembang goyang, duh makin semangat bikinnya nih hihihi. Tapi resepnya pakai resep saya sendiri, nggak pakai resepnya mbak Diah Didi. Hampir sama sih, mb Diah Didi pakai santan saya cukup pakai air. Lebih ekonomis hihihi. Seperti rempeyek-rempeyek yang sebelumnya saya pernah bikin.

Menu hari ini pecel ponorogo, jadi pas banget kalau lauknya rempeyek kacang. Sebenernya pengen banget bikin bumbu pecelnya sendiri, tp gak sanggup nguleknya hihihi. Kalau pakai grinder atau chopper hasilnya tentu sangat berbeda dengan yang di tumbuk/diuleg. Ada sih solusinyanya, di selep di tukang selep bumbu hahaha.. Tp kok ya rasanya nylilit kalau cuma bikin dari 250gr kacang hihihi. Dan untuk sambel pecelnya beli yang sudah jadi di warung pecel ponorogo langgangan, tinggal di encerin saja dengan air panas. Kenapa pecel ponorogo, karena rasanya ini lebih ringan dibandingan pecel dari wilayah lain. Apalagi pecel di jember, bikinan ibu, pakai kencur. Bapaknya Akilla gak sebegitu doyan. Nah, kalau pecel ponorogo ini gak pakai kencur, Akillapun juga doyan, tentunya yang gak pedes :)

Weeiittss, back to rempeyek kembang goyang yaaa.. Dasarnya sama aja seperti bikin rempeyek, butuh banyak minyak juga, tp kali ini di cetak pakai cetakan kembang goyang. Bapaknya Akilla saat makan jadi nanya, "opo iki?" / "peyek" / "owalaahh". Hihihi.. gak nyangka kali ya kalau itu rempeyek kacang. Mungkin pikirnya, "masa kembang goyang buat lauk" hihihi. Tapi setelah dibikin lauk malah di cemilin hehehe


REMPEYEK KEMBANG GOYANG
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
250gr tepung beras
50gr tepung tapioka/kanji/sagu
1butir telur
400ml air
5lembar daun jeruk purut, iris halus
3siung bawang putih, goreng, haluskan
1sdt ketumbar bubuk
1,5sdt garam
100gr kacang tanah, potong jadi 2, sangrai sampai setengah matang.
minyak untuk menggoreng

Cara:
Campur semua bahan kecuali kacang dan minyak. Aduk sampai rata.
Panaskan minyak, yang banyak yaa.. saya sekitar 500ml sekali tuang. Celupkan juga cetakan kembang goyangnya.
Masukkan sebagian kacang, sedikit demi sedikit saja, biar nanti kacangnya gak terlalu banyak nempel di cetakannya.
Celupkan cetakan kembang goyang ke adonan tepung, jangan sampai tercelum semua, sampai batas atas cetakannya saja, biar gak susah nglepasnya.. Angkat, goreng di minyak yang banyak. Tunggu beberapa saat, goyang-gorang biar terlepas dari cetakan.
Goreng sampai kuning kecokelatan.
Lakukan sampai adonan habis. Adonan harus sering diaduk ya, biar gak mengendap di bawah.
Tiriskan, biarkan uap panasnya hilang, masukkan dalam toples kedap udara.
Siap di hidangkan. Kress kreesshh krauk krauukk!!

Dan hasilnya seperti ini, kalau mau agak tebelan airnya bisa di kurangi.

Kelebihan bikin rempeyek kembang goyang, 
  • bentuknya unik kan yaa.. beda dengan rempeyek pada umumnya
  • lebih irit minyak
  • hasilnya seakan-akan lebih banyak karena bentukknya berongga kan? hihihi. Satu resep ini jadi satu toples besar tupperware, belum lagi yang di cemilin saat masih menggoreng hihihi.
  • tidak ada remah-remahnya.
 Dan ini ekspresi si Akilla saat Mamanya moto, hihi..


No comments:

Post a Comment