Wednesday, April 30, 2014

HOMEMADE ICE CREAM

Setelah berseliwetan resep es krim di mana-mana, ada yang pakai maizena, pakai SP, pakai wiphcream. Saya kepengen juga nyoba bikin. Dulu pernah bikin dari wiphcream saya campur alpukat, rasanya lembuuuttt banget, enaakk... Saya lupa sudah pernah posting disini apa belum, saya cari kok gak ketemu, waktu itu saya bikin untuk lomba, tp gak menang hihihi. Oke, lupakan! hihihi. Eh ada ding ketemu, disini linknya. Aseli super lembut itu, karena cuma pakai wihpcream saja.
Kemaren saya nyoba bikin es krim yang dari SP. SP itu emulsifier atau pelembut untuk membuat cake. Ternyata bisa juga di gunakan untuk bikin es krim. Cuma saya gak pernah pakai SP, saya pakainya alfagel dan quik 75. Jadi, kali ini saya pakai quik 75 saja karena jika bikin cake cepet banget ngembangnya. Saya dari dulu maju mundur untuk bikin es krim pakai emusifier, karena pakainya 1sdm penuh atau sekitar 30gr dan tanpa di masak lagi. Tapi setelah beredar kalau emulsifiernya di tim dulu saya beranikan untuk mencoba. Dan mohon maaf sekali, saya gak tau sumbernya ini dari siapa, resep siapa, karena begitu banyak yang sudah mempraktekan jd simpang siur ini resep dari siapa. Dan saya ijin copy resep dan di praktekan tp tetep versi saya hehe



Saya sungguh kesulitan saat foto minuman, apalagi es krim. Byyuuhhh, cepet lumernya.. Hawa lagi panas, dirumah gak ber-AC, motonya depan pintu (biar dapat cahaya pas), di godain sama Akilla. Alhasil jepretannya amburadul. Esnya melumeerrr.. hiks. Ya sudahlah, ini foto sudah mendingan, drpd yang lain pada licin semua itu permukaannya hahaha

Es krim atau bahasa inggrisnya, ice cream, resep yang saya pakai seperti ini (lagi-lagi, ijin copypaste ya bagi yang punya resep, thanks)

HOME MADE ICE CREAM
By: nn
Modif by Puji Rahayu W.

Bahan:
1sdm penuh emulsifier (sekitar 30gr, pakai merk Quick 75)
700-800ml susu uht (saya pakai 5kotak susu ultra mimi plain @125ml, jadi hanya 625ml)
1kaleng SKM (saya pakai omela)
1/4sdt garam
100gr strowberry, cincang
100gr murbai, cincang
5keping oreo, hancurkan
1/8sdt vanilla susu

Cara:
Tim emulisifier dan biarkan sampai suhu ruang kembali (caranya sama dengan ngelelehin cokelat). 
Tuang SKM dan emulisifier, mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang hampir 1/2 dari baskom mixer. 
Tuang susu ke kaleng bekas SKMnya, aduk biar sisa SKMnya larut juga, sayang kalau dibuang hehe. Tuang dalam baskom mixer, mixer terus sampai mengembang dan kental berjejak seperti bikin cake.
Tuang susu uht sedikit demi sedikit biar gak muncrat muncrat dan hentikan dirasa manisnya sesuai selera kita. 
Masukkan garam, mixer sampai rata, cicipi. Rasa manisnya akan lebih terasa jika di beri garam. Pastikan rasa manis tergantung selera masing-masing ya.. Untuk keluarga saya yang suka manis 625ml ini sudah cukup manis. Tapi kalau gak begitu suka manis bisa di tambahkan susu uht lagi dan mixer sampai kental seperti ini

Dan yang mixer dari awal sampai akhir adalah si Akilla,


Siap di beri rasa sesuai kehendak hati hehe.. Saya kemaren pakai strowberi, murbai (blackberry kali ya? hehe), oreo dan vanilla susu. Jadi 4kotak tupperware. Manteeepp berlimpah ruah es krim di freezerku, aman bagi Akilla gak ngerengek minta es krim lagi haha. Padahal ini cuma satu kali mixer, katanya kalau dimixer berulang hasilnya lebih banyak lagi. byuuuhhh.. saya cukup segini saja lah, hasilnya juga sudah lembut. hehe..
Bekukan di freezer sampai membeku dan siap di nikmati.
  • Ini yang rasa murbai, cantik yaa.. unguuu..
  •  Rasa strowberry, pinky pinky.. hehe
  •  Perpaduan yang cantik antara purple dan pink.. :)

Yang rasa oreo dan vanilla susu mana? gak kepoto hihihi

Mari berpesta es krim ^^

54 comments:

  1. cara ngasih rasanya gmna mbak?? apa hbs dimixer trus lgshg dicampur??

    ReplyDelete
    Replies
    1. buahnya dicincang saja kalau mau ada tekstur buahnya, trus di mixer sebentar bareng adonan es krimnya sampai tercampur rata. Atau di blander (tanpa air) trus di campurin adonan es krimnya juga gak masalah, mbak.. :)

      Delete
  2. Mbak pujiiiii, ini kiki yg dulu di mocoplus. woh aku menemukanmu disini ternyata. Duuh resepe reek, akilla lak ginuk ginuk iki mamane masak n baking terusss:))
    Mbak vanila susu itu apa? Vanila essence tah? Merk apa? Beli dmn? Q cari2 kok gda yg ada logo halalnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. haiiiii... apakabar? ketemu disiniii.. :)

      Akilla tetep langsing seperti Mamanya, gak ada bakat turunan ginuk-ginuk.. padahal makan apa ae bisa masuk haha..

      Vanilla Susu L'Arome, ada logo halal MUInya. Coba beli di chandra atau primarasa.. 50gr 18rb waktu itu saya belinya.. :)

      Delete
  3. Hello mbak. Aku mau tanya mixer SKM dgn emulsifirnya brp lama yaaah??? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada batasan waktu ya, mbak Eva.. karena tergantung kekuatan mixer masing-masing.. yang penting sampai kental berjejak seperti pengocokan telur saat bikin cake :)

      Delete
  4. Hallo mba salam kenal...
    Mba sy mau nnya.. klo tim emulsifier itu gunanya biar leleh kn yah? Hasilny sm kya mentega dilelehin gk mba?

    Trus unt rasa strawberry mba pake tambahan pewarna lgi?
    Makasih byk mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emulsifier di tim, maksutnya biar matang gitu mbak kena pemanasan. Soalnya itu kan banyak trus kalau tanpa di masak saya masih agak gimana gitu, jd saya tim emulsifiernya :)

      Untuk rasa strowberry saya tanpa pewarna lagi, karena strowberrynya sudah merah tua.. Jadi menghasilkan warna pink yg cantik :)

      Delete
  5. Halo mba, slm knal...
    SKMnya ga diencerin dulu yah? Dari kaleng, ditambah emulsifier trus dimixer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga mbak Dian.. :)
      Iya, mbak.. SKM dr kaleng di tuang di wadah, ditambah emusifier baru di mixer sampe kental, trus bekas kalengnya di kasih susu cair, sayang tho kalau langsung di buang SKM yg nempel di kaleng hehe

      Delete
    2. Hallo mba saya muncul lgi...
      Haduh mba yg sya buat gagal total, kynya saya kurang lama mixer skm sm emulsifier nya ya... jdi pas di masukin susu cairnya itu adonan mlah jdi bner2 caiir bgt bner2 air susu... hahaha... sedih :(

      Delete
    3. iya mbak, mixernya harus sampai kental banget, masukin susu cairnya dikit demi dikit aja, jangan sekaligus, jd adonan tetep kental. Trus nasibnya bagaimana, mbak? hehe.. Di kasih whippy cream bubuk mbak.. bisa kental lagi dan terselamatkan :D
      semangat hayuk bikin lagi :)

      Delete
  6. Mbak kalo mau buat setengah resep gimana caranya? Apa resepnya di bagi 2 aja??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semua bahan di bagi 2 mbak Widya :)

      Delete
  7. Kentalnya harus sampe sgtcu ya pas udah dicampur dgn susu UHT nya?ttp kayak waktu mixer skm dgn emulsifiernya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Alif, harus sampai kental biar bisa jadi es krimnya.. Kalau cair nanti es krimnya jd keras gak lembut :)

      Delete
  8. Mba maksdnya di mixer berulang itu gimana ya... pada saat kapan dilakukan pengulangan?

    ReplyDelete
  9. Mba maksdnya di mixer berulang itu gimana ya... pada saat kapan dilakukan pengulangan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. abis di mixer kan masih lembek.. taruk freezer sekitar 2 jam, sampai pinggir-pinggirnya mengeras mbak Ayu :)
      Abis itu keluarin lagi mixer lagi sampe kental :)

      Delete
  10. aku dah coba mba rasanya enak bgt anak2 suka saking sukanya tiap akhir pekan pengen di bikinin es krim...mksh ea mba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau pada suka ya mbak Dewi :)
      Selamat menikmati es krim tiap akhir pekan.. ;)

      Delete
  11. mbak aku mw tanya kotak tupperwarenya ukuran berapa liter? biar aku bisa ngira2 bikin berapa banyak karena lebaran ini aku dapet tugas dr kluarga besar bikin es krim. biasanya aku bikin pake whip cream kali ini aku pengen coba pake sp. makasih ya mb. evy choirul

    ReplyDelete
  12. Hai mbak Evy, ini mungkin jadi sekitar 3ltr es krim mbak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mb ini aku evi lagi,lebaran kmaren aku jadinya bikin yang pake whip cream karena takut gagal nyoba yg sp. aku mau tanya mb, kalo pake sp susu cairnya suhu dingin dari kulkas atau suhu ruang sj? mohon pencerahannya mb...

      Delete
    2. Susu dingin dari kulkas mb Evy :)

      Delete
  13. Mb ak nyoba pke skm coklat, g maksud spy g repot ksi perasa lg, tp kok g maksimal y ngembangny?? Trus ak jg cb mix berkali2, ktany kn lbh lembut..nah wktu ngemix ke2 adonanya mw ngembang lg, tp wktu dmix berikutny kok malah turun y mb?? Cmn jd 18 cup puding, itupun ngisiny cmn seleherny cup aj hiks..hiks..
    Mohon petunjukny y mb...terima kasih. Lintang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mb Lintang.. Saya biasanya ngemixer 2 kali mbak.. Dan hasilnya lebih banyak dari pada mixer 1 kali.
      Dan maaf saya belum pernah ngemixer lebih dari 2 kali, jadi gak bisa kasih penjelasan kenapa adonan es krimnya bisa turun..
      Semangat nyoba lagi ya mbak :)

      Delete
  14. Replies
    1. Kemungkinan bisa ya mbak.. Malah lebih mudah sepertinya kalau pakai mesin pembuat es krim ;)

      Delete
  15. mba, aku udah coba resep es krimnya,, tapi kok ga beku-beku ya sampai sekarang,, aku bikin kemarin sore padahal,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu ngemixer sudah sampai kental mbak?
      bikin seberapa banyak? ditaruh wadah besar atau cup kecil?
      tapi cepet beku nggaknya itu tergantung suhu dari kulkasnya itu sendiri.. :)

      Delete
  16. Mbak SP quick itu ada label halalny kah?terimakasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaallah halal mba/mas.. Kalau ragu bisa tanya ke tbk yang jual. krn saya juga beli yang repack 250gr an :)

      Delete
  17. Izin copas ya, jeng...

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah, ketemu resep ini. Krn anak2 doyan es krim. Sdh eksekusi resepnya mb. 1/2 resep, jadi 16 cup@ 90ml(cup sebesar cup campina).Saya tambahin air susu jd 550ml.
    Ada yg mau sy tanyain Mbak, mixingnya udah 60menit, hanya 1x ngemix. Pake Philips standing, adonannnya gak kental2 Mbak. Udah dibagi 2 juga adonannya.Tetep berbusa gitu.Jadi pas dimasukin cup, lama2 terlihat antara air dan busa terpisah.
    Itu kenapa ya Mbak, padahal mixnya udah Lama banget. Apa terlalu cair atau gimana?
    Ditunggu2 jawabannya ya..
    Makasih bny share resepnya Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tuang susunya sedikit demi sedikit mbak. Jadi jangan langsung di mixer semua.
      Dan untuk emulsifiernya gunakan yang masih berfungsi bagus.. Selamat mencoba kembali ya mbak :)

      Delete
  19. Hay mba.. slam kenal..
    Aku vita.. mau tanya nih..
    Minggu lalu aku kan nyoba resep es krimnya mba.. tapi kok ngga mau ngembang maksimal ya? Pdhal udh lama bgt ngemixernya.. trus pas udah d bekuin cpet bgt lelehnya.. baru 5menit d luar kulkas udh cair bgt esnya.. kira" kenapa ya mbak?
    Apa krn susu cairnya? Aku pake susu bubuk dancow yg tak campur air hangat..
    Atau ada bahan lain yg bisa bkin bekunya agak tahan gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mbak.. coba pakai susu uht atau susu murni aja mbak :)

      Delete
  20. bisa di coba nih resepnya. makasih resepnya sis..

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. salam kenal mba, kalo di mixernya cuma sekali bisa kan mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tapi hasilnya kurang lembut dan tidak sebanyak kalau di mixer 2 kali :)

      Delete
  23. Halo mbk, ak br nemu resepnya trus lgsung eksekusi, pertnyaan nya yg dimaksut ngemixer 2 x itu gmn? Waktu adonan blm msk kulkas atau setelah msk kulkas setengah beku lalu dimixer lg? Pertnyaan selanjutnya, textur adonan apa sekental waktu blm dicampur susu cairnya atau emang agak cair stlh dicampur susu cairnya, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, di mixer sebelum masuk kulkas atau saat mencampur semua bahannya itu. Setelah itu masukkan ke kulkas sampai setengah beku, keluarkan dan di mixer untuk kedua kalinya, hasilnya akan lebih lembut dan kental :)

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Asslm. Bun, makasih yaaa resepnya. Setelah coba macam2 resep eskrim mulai dr yg pakai maizena,tapioka, akhirnya ketemu jg resep eskrim yg super lembut ala2 eskrim walls .. hehe .. ngemixer prtama hampir putus asa soalnya setelah nuang susu cair, adonan malah ikutan jd cair. Ehh trnyata lembut jg ... aku mixer 3x bun ..

    ReplyDelete