Wednesday, June 21, 2017

CHOCO BUTTON MILK COOKIES, kukis kancing yang milky

Sudah mau mudik? Kalau saya sih masih besok. Hihi. Sudah bikin kue lebaran? Saya sih cuma bikin ini? Haha. Lucu ya bentuknya.. Bulet ada cokelatnya di tengah. Makanya saya menamakan "Choco Button Milk Cookies". Choco button krn bentuknya kaya kancing coklat. Milk cookies, iya ini berasa susu pakai susu bubuk bukan susu kental manis. Bisa pakai susu merk apa aja sih.. dancow, indomilk atau yang lainnya.. yg penting berasa susu. Tambahin juga vanila susu L'Arome biar makin kerasa aroma susunya 😄

Monday, May 15, 2017

Bye bye maag dan welcome hidup sehat!

Yaaa.. flash back beberapa tahun yang lalu.. saat masih kerja. Kerja shift, pola makan dan tidur tidak teratur. Dan saya tipe lebih memilih tidur dari pada makan. Akibatnya? Sudah tertebak bukan? Iyah, saya kena maag. Akut malahan. Setiap kali makanan masuk, bukannya masuk lambung malah muntah. Sudah tak terhitung berapa kali periksa ke dokter dan minum obat maag apa aja. Terus sembuhnya gimana? Minum jamu temulawak. Dibikinin sama ibuk. Tapi dari akar rimpang temulawak langsung. Diparut dan diminum sarinya. Rasanya? Pahit! Haha. Bisa terasa manis sih tapi campuran madunya kudu banyak hihi. Tapi tetep saya minum daripada saya susah makan dan sakit maag terus. Dan syukur alhamdulillah saya sembuh. Sembuh total! Tapi juga harus diimbangi dengan pola makan teratur karena efeknya jadi mudah lapar dan doyan makan haha.. Alhamdulillah deh ya.. 😊

Naaahh... Sekarang masih suka minum temulawak? Masiihh.. tapi bukan karena sakit maag lagi tapi demi kesehatan. Terlebih sekarang sudah bukan pekerja kantoran lagi. Melainkan sebagai ibu rumah tangga, mengurus semua kebutuhan di rumah dan mengasuh 2 orang anak, tanpa asisten rumah tangga. Mantaabb! Hihi. Dan selagi masih kuat menggendong anak, saya gak keberatan untuk gendong mereka. Sambil menggendong sambil peluk peluk dan cium cium mereka.. Aaahh.. tak ada kata yang bisa menggungkapkan perasaan ini.. 😊 Mengerjakan pekerjaan rumah sambil gendong anak? Aahh itu sudah biasa hihi. Capek? Pasti! Sendi tulang paling terasa. Tapi semua itu terminimalisirkan oleh rutinnya minum sari temulawak tiap hari. Jadi gak mudah terasa capek. Terlebih sekarang gak perlu kupas dan marut temulawak langsung. Sudah ada Herbadrink Sari Temulawak. Tinggal seduh dengan air hangat/dingin sebanyak 150ml, bisa langsung di minum. Manis pula. Kalau saya sih lebih suka pakai es batu, segeeerrr... Ditambah daun mint makin semriwing. Hihi...

Wednesday, April 5, 2017

WORKSHOP BASIC FOODPHOTOGRAPY WITH SMARTPHONE BY NANDANGWUYUNG

Akhirnya menerima tantangan dari temen-temen untuk mengadakan workshop foodphotography. Berawal dari keisengan bikin GA atau give away yang hadiahnya belajar bersama mengenai foodphotography. Hadiah diperuntukan bagi 5 orang yg beruntung dengan menjawab pertanyaan di foto lontong kupang. Soalnya jail banget, suruh ngitung jumlah kerangnya haha.. Tapi ternyata ada juga temen yang tidak menang dalam GAnandangwuyung juga ikutan mendaftar. Namun pada saat pelaksanaan di hari H, banyak yg berhalangan hadir. Ada yg sakit, ada anaknya yg sakit, ada yg pindahan dan ada ada yang lain. hihi.. semoga next bisa ikutan ya.. 
Walaupun cuma 6 orang yg ikut tapi hebohnya gak ketulungan. Pada semangat belajar semua. Seneng deh saya kalau gitu 😊😊
Setelah sesi penjelasan singkat di slide show power point, namun akhirnya panjang karena sesi tanya jawab yg berentetan haha.. Dan tiba saatnya praktek langsung penggambilan gambar. Disini menggunakan smartphone, tp mas Jefry menggunakan dslr. Sama aja ya.. lebih praktis pakai smartphone tapi haha.. Dan ini suasana saat pengambilan gambar,

Monday, March 27, 2017

PISANG GORENG AWET RENYAH

Gorengan, siapa sih yang gak suka gorengan? walaupun ada juga yg menghindari makan gorengan. Sayapun suka gorengan, kali ini gorengannya sejenis pisang, pisang goreng 😂. Yang bikin aku seneng ini adonan tepunyanya. Biasanya sih kalau bikin renyah sesaat aja setelah digoreng. Tapi tak berselang lama akan mlempem adonannya. Tapiii kali ini dapat resep adonan yang awet renyahnya. Dulu entah kapan sudah lupa sepintas baca postingan seseorang mengenai pisang goreng renyah ini. Maaf banget ya siapapun yang punya resep asli ini saya sangat berterimakasih dan ijin share ya.. 😊

Wednesday, March 22, 2017

DOUBLE CHOCO BROWNIES WITH MIX TOPING

Potong yuk dipotong browniesnya.. 😄
Lama gak ngebrownies. Liat stok bahan kue kok masih ada dcc. Dan bahan-bahan lain tentunya. Jadi brownies kali ini memanfaatkan yang ada, ngabisin stok drpd ekspired. Maklum abis lahiran si Dahayu emaknya disuruh ngelonin si Dahayu terus gak bisa bebikinan haha.. Baru sebulanan terakhir ini si Dahayu agak anteng kalau ditinggal baking. Dan alhamdulillah dirumah ada cemilan lagi haha.. 
Bikin malem, saat Dahayu bobok. Niatnya biar lebih cepet ngerjainnya tanpa ada selingan. Eladalaahh Dahayu boboknya bentar-bentar bangun nyariin emaknya. Semua bahan sudah terlanjur di timbang, telur dan gula sudah bersatu 😆. Dan akhirnya Akilla yg mengeksekusi dengan riang gembira karena dibolehin tanpa dilarang-larang haha. Untungnya bikin brownies ya.. tinggal aduk aduk campur campur. Emaknya tinggal tahap akhir aja, aduk rata, masukin loyang dan panggang hihi. Jadiii ini bikinan Mas Akilla 😂 Good job Nak.. 

Thursday, March 9, 2017

DANISH PASTRY CINNAMON ROLLS

Sebenernya saya gak pernah makan danish pastry. Dan gak tau seperti apa danish pastry. Yang ada di benak saya, pengen makan semacam cinnamon rolls, tp dari roti empuk berlapis-lapis. Juga gak pernah makan cinnamon rolls, jihahaha.. udik banget ya.. Taunya kalau ini termasuk danish pastry ya pas udah mateng,  penasaran aja namanya apa, jd googling dan jadi tau kalau namanya danish pastry. Hihi.

BOLEN PISANG COKELAT

Dulu pernah bikin bolen pisang sendiri. Pakai adonan pastry yang pakai korsvet atau pastry margarine. Tapi gilasnya skalian satu resep, beraattt cyiiinn.. hihi. Jadi maleesss pakai banget bebikinan pastry lagi. hihi. Terlebih mulai adanya Dahayu, jadi susah bebikinan. Tapii bahan-bahan masiihh banyaakk.. dududuuu..
Buat ngilangin ileran pengen bolen pisang, akhirnya aku pesen di Mbak Dian, yang memang jualan bolen pisang. Pesenlah 1 box, kuraaanngg maaakkk.. 😂😂😂 *salah sendiri kenapa cuma pesen 1 😂😂😂*.

Tuesday, March 7, 2017

KUPANG LONTONG ala NANDANGWUYUNG

Kupang lontong, makanan khas sidoarjo.. Biasanya di dipenjual kupang lontong sepaket dengan sare kerang dan es degan. Dan dari kecil saya suka makan makanan ini. Walaupun saya dulu tinggal di Jember, bukan di Sidoarjo tapi bapak sering ngajak makan kupang lontong sepulang sekolah di warung langganan Bapak. Malah pernah dirumah ketempatan arisan, si kupang ini menjadi sajian utamanya. Dan tentunya mendatangkan penjual kupang langganan tsb. Aaah.. kangen masa masa ituu.. Sekarang sudah gak ada penjual kupang tersebut, warungnya sudah berganti jadi fotokopian *kalau gak salah* dan gak tau gimana nasib si bapak penjual kupang. Aahh sudahlah.. waktu tinggal di malangpun masih sering clingak clinguk cari warung kupang, tapi beberapan kali beli tidak seperti citasara kupang semasa kecil dulu. Jadi solusinya, beli mbungkus. Nyampai rumah panasin lagi, kucuri jeruk nipis dan tambah gula pasir. Violaaa.. miriiippp kupang masa kecilku.. enaakk.. 

Saturday, March 4, 2017

PIA RENYAH COKELAT

Lagi demen ngegiles lipat biar bisa berlapis-lapis nih.. kalau kapan hari bikin danish pastry dan bolen, sekarang bikin pia kering. Resep saya dapat dari mbak Tri Yunianti. Makasih ya Mba 😘

Foto ini diambil pakai kamera Smartphone Samsung J5

Pia kering dengan isian cokelat. Sebenernya pengen yang isian kacang ijo, ada sih stok kacang ijo kupas kering tp kok ya kelamaan ya bikin unti kacang ijonya. Akhirmya bikin isian cokelat aja lebih cepet. hihi. 

Jadi sebelum bikin adonan kulit bikin isian dulu aja ya.. biar runtut bebikinannya.. 

ISIAN COKELAT
Bahan:
50 ml air
1 sdm margarine
100 gr gula pasir
50 gr dcc
125 gr tepung terigu
25 gr cokelat bubuk

Cara membuat:
1. Didihkan air dan margarine, masukkan gula dan dcc. Masak sampai larut. 
2. Masukkan tepung terigu dan cokelat bubuk. Aduk rata sampai mengumpal dan matang. Angkat.
3. Selagi hangat, bagi menjadi 20 bagian. Sisihkan.

PIA RENYAH COKELAT
Bahan A:
250 gr tepung terigu serbaguna
50 gr gula pasir
1/2 sdt garam
125 ml minyak
75 ml air

Bahan B:
100 gr tepung terigu serbaguna
50 ml minyak

Cara membuat:
1. Campur semua bahan A. Uleni sampai tercampur rata. Sisihkan.
2. Campur semua bahan B. Sisihkan.
3. Bagi 2 adonan tersebut masing-masing 20 bagian. 
4. Gilas memanjang bahan A, isi dengan bahan B. Lipat seperti menggilas pastry. Lakukan sampai 3 kali. (bisa dilihat di disini)
5. Isi dengan isian cokelat. Bulatkan. Lakukan sampai semua bahan habis.
6. Letakkan dalam loyang yg telah dioles margarin tipis.
7. Oles dengan campuran kuning telur + margarine leleh. 
8. Panggang selama 30 menit dengan api sedang-kecil. Angkat.
9. Siap disajikan. 

Rasanya? enaakk.. renyaahhh.. cuma menurut saya isian cokelatnya terlalu padat. Next kalau bikin lagi tepung terigunya dikurangi ah.. biar lebih melted.. hihi.. Tapiiii ini enak banget bagi saya yang doyan nyemiilll.. hihi
Dan selama ini motret behind the scene nya seperti ini
Posisi tetep seperti itu. Jd kalau motret tinggal naruh objeknya aja 😆. Padahal ini diruang tamu haha.. Cuek aja lagian gak setiap hari ada tamu, bales beberes juga haha..
Samping kanan jendela kaca siku, kiri reflektor, alas dan background kain putih. wes gitu aja tinggal kita atur sendiri pengen motret model gimana hihi. Mau pakai HP atau DSLR monggo aja.. itu ada 1 contoh foto yg menggunakan Smartphone, yang lain pakai nikon d5100 yg lensanya mulai error 😥. Semoga bisa beli lensa baru ya.. moga-baga banyak projek menghampiri. Aamiin..
Semangat baking dan semangat jepret! 📷

Thursday, March 2, 2017

HAKAU UDANG ala NANDANGWUYUNG

Terus terang saya belum pernah makan si hakau ini. Baik beli ataupun bikin sendiri. Kenapa? Karena makanan ini gak familiar di keluarga kami. Kalau makan diluar paling belinya nasi goreng, mie goreng, ayam goreng ya yaaa ya itulah haha.. 
Nah kebetulan motret bulan kemaren ada menu Hakau Udang. Rencana awal mau beli yang frozen aja karena badan udah gak mendukung bebikinan. Iya, sekeluarga lagi dikepung virus flu batuk, sekarangpun Akilla lagi kena gabag (*atau campak). Jadi meminimalisir kerja di dapur demi kesehatan kami semua. Doain semoga kami sehat sehat semuaaa.. aamiin.. 

Wednesday, March 1, 2017

BUMBU DASAR PUTIH, si bumbu ajaib

Ini dia bumbu dasar andalan, si bumbu ajaib. Bisa dipergunakan buat segala macam masakan *didapur nandangwuyung*. Bumbu dengan 3 bahan saja, bawang merah, bawang putih dan kemiri.

Friday, February 17, 2017

JANGAN WAK PE

Jangan wak pe.. apa itu? haha.. Jangan dalam bahasa jawa artinya sayur, wak pe alias iwak pe artinya ikan pari. Ikan pari yang saya pakai ini ikan pari asap, beli di pasar tradisional. Pilih ikan pari asap bagian yang banyak dagingnya, lebih mantab. Kadang ada aja penjual yang asal nimbangin dan pas sampai rumah banyak yg bagian sirip/tulang, hasilnya cuma krokot-krokot belung haha. 

Friday, January 6, 2017

Bakmi Mewah in the Jar, solusi pintar saat jalan-jalan

Bakmi Mewah, mie instan pertama yang dilengkapi dengan ayam dan jamur  asli. Nah, namanya juga instan pasti masaknya gak pakai ribet. Tul gak? Cukup rebus mie keringnya selama 3 menit, tiriskan dan campur dengan bumbu-bumbu, jadi deh. Ehh tak lupa ayam dan jamurnya ya.. nyaamm enak.. 
Tapiii gimana dong kalau kita lagi jalan-jalan tiba-tiba pengen makan bakmi mewah? Mau bawa kompor dan panci buat ngrebus kan ya gak mungkin. hihi. Bukannya simple malah tambah ribet. Mau dimasak dirumah terus dibungkus, eh tapi saat mau makan sudah dingin. Gak mau dong ya.. Nah ini dia solusinya. Bakmi mewah in the jar. Heh bisa? bisa dong ah.. pas dijalan kita laper tinggal tuang air panas, tutup jar, aduk-aduk santab deh :)
Dan ini Bakmi Mewah versi kuah ya.. :) jadi saya tambahkan sedikit bumbu dasar dan kecap asin buat menambah cita rasa. Tapiii dasarnya si Bakmi Mewah yang enak dan mie-nya lembut ya teteeeppp enaakk..
Berikut step by stepnya..
1. Siapkan dulu semua bahan, bungkus Bakmi Mewah jangan lupa dibuka juga hihi.

Disini saya tambahkan 1 sdt bumbu dasar putih, kecap asin, sedikit minyak wijen dan sosis buat tambahan toping biar rame :D. Dan jangan lupa siapkan jar dan sumpit *atau garpu bolehlah :D
2. Setelah semua bahan siap, rebus sosis sampai matang, tiriskan dan sisihkan.
3. Rebus mie keringnya cukup sampai setengah matang saja, semenit saja sudah cukup, tiriskan.

Daaannn mari berkreasiii..
4. Masukkan semua bahan-bahan.
- masukkan bumbu dasar, kecap asin dan minyak wijen bakmi mewah, tambahkan kecap asin sesuai selera dan sedikit minyak wijen. Daun bawang keringnya juga jangan lupa ;)
- masukkan mie dan sosisnya.
Naahh.. kalau buat bekal jalan-jalan ini sudah bisa. Tinggal tutup dan bawa air di termos kecil.
- Kalau udah berasa lapar, buka tutupnya, tuang air panas dan tutup lagi dan tunggu 2-3 menit.
5. Mulai terendus aroma sedap membuat perut bergoyang :D
- aduk rata, masukkan ayam dan jamur bakmi mewah. Dan jangan lupa saus sambalnya. Penambah kelezatan dan nafsu ingin segera menyeruput Bakmi Mewah. Nyaaaammmm..

Teruuussss teruuuussss rasanya bagaimanaaa??
Enak enak dan enak!
Mienya kenyal lembut, mak sruppuutt..
Bumbunya enak.. terasa kalau bebas MSG.. jd anak-anak dan ibu hamil bebas menikmatinya. Ibu menyusui juga dong.. seperti saya.. hihi.. amaaannn..
Aroma minyak wijen membuat makin berselera.. wangiii..
Dan yang pasti ayam dan jamurnya aseeliiii lhooo.. enaaakkk..

Yuk lah yang mau Makmi Mewah gak perlu ragu lagi yaa.. bukan hanya iklan aja yang bilang enak dan dari daging ayam dan jamur asli. tapiii ini beneran gak bohongan ^_^

Dan gak perlu bingung kalau lagi weekend mau jalan-jalan dan pengen menikmati Bakmi Mewah, kan sudah ada step by stepnya, tinggal siapin sebentar terus cuusss jalan-jalan sambil menikmati Bakmi Mewah :)

Oia ini buat challenge yang diadakan Indonesian Foodbloger bekerja sama dengan Bakmi Mewah. Untuk lebih jelasnya bisa klik link disini. Hadiahnya kereeenn euy.. mirrorless.. uugghh pengeeenn.. wish me luck ya.. ;)
Mau ikutan juga? pasti bisa dan boleh bangeettt.. monggo berkreasi yaaa.. ^_^