Monday, April 14, 2014

TAHU BAKSO GORENG

Ini cemilan semalam yang memanfaatkan apa yang ada di kulkas, bikinnya cepet, hasilnya pada suka. Ada ayam cuma 125gr dan tahu goreng. Biar tetep ada seratnya di campur wortel. Sip deh bikin tahu bakso saja. Dan sepertinya makin sip karena di kulkas ada bumbu kacang, sisa bikin sate ayam. Bukannya sisa sih emang sengaja bikin agak banyak. Nah sewaktu-waktu pengen sambel kacang atau saus kacang tinggal "plung" jadi deh. hehe.

Bikinnya cepet, tinggal chopper daging ayam dan wortel, kasih tepung kanji/tapioka.sagu, putih telur, bumbu, aduk rata, isi ke tahu goreng. Kukus sebentar, mateng, dinginkan, potong-potong goreng sreeeeeennnggg.. Jadi deh tahu bakso goreng yang kreesshhh kreesshh kriuk.. Cocol saus kacang makin siiippp.. 



TAHU BAKSO GORENG
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
125gr daging ayam cincang
25gr atau 1/2 batang wortel, cincang/parut
60gr tepung kanji/tapioka/sagu
50ml putih telur
air es secukupnya, sampai adonannya pas (lupa gak ngukur hihi)
2siung bawang putih, haluskan
1batang daun bawang, iris tipis
1batang seledri, iris tipis
1/2sdt garam (atas sesuai selera)
sedikit merica bubuk
15potong tahu goreng, belah salah satu sisinya

Cara:
1. Campur semua bahan jadi satu sampai membentuk adonan seperti ini,

masih lembek lembek gimana gituuuhh hihihi
2. Masukkan kedalam tahu goreng sampai penuh,


3. Kukus 15menit. Angkat, dinginkan.
4. Kalau mau langsung dimakan, potong-potong, goreng sampai garing.
Kalau ada sisanya bisa di masukkan wadah bertutup, masukkan kulkas, sewaktu-waktu pengen langsung goreng. Atau dimakan langsung tanpa di goreng juga sudah enak, udah mateng kan? :)
Nah kemaren itu tahunya cuma ada 11potong, jd sisanya saya lipet dalam kulit pangsing. Jadinya siomay hihihi.. Ini Akilla yang seneng, tanpa di goreng, potong-potong di kasih saus kacang + kecap + saus tomat. Sedapnyaaaaaa... itu kata Akilla hehe
5. Setelah di goreng, tiriskan dan siap di cemil bersama saus kacang + kecap + saus sambal/tomat.
Kalau gak ada saus kacang pakai saus sambel botolan aja juga gak masalah.. :)
Saya kemaren bikin saus kacang itu bumbunya cuma bawang putih dan daun salam. Jadi, kacang goreng + bawang putih goreng di blander sama air sampai lembut. Di didihkan bersama daun salam, garam dan gula. Saus kacang ini bisa di gunakan untuk berbagai cocolan makanan, seperti siomay, bakso tahu, sate, gado-gado. Ntar tinggal tambahin bumbu apa yang kurang, di rebus kembali, siap deh. Masak itu di bikin simpel biar gak repot hehe


Rasanya garing, kriuk kriuk, kreesshhh kreesshhh.. rada sedikit kenyal. Kalau mau kenyal seperti yang di jual-jual banyakin aja tepung kanji dan airnya.. kenyil kenyil jadinya.. hehe

Silahkan di coba untuk sekedar cemilan keluarga, daripada beli, hemat hihi.. tentunya bahan yang di gunakan kita sudah tau kualitasnya.. aman di makan.. :)

2 comments:

  1. makasi resep saus kacangnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, mb Avizena.. ini simple tp bisa untuk macam-macam makanan bersaos kacang hehe

      Delete