Wednesday, December 23, 2015

MANISNYA CAKE KARAMEL si KUE SARANG SEMUT!

Ini juga salah satu kudapan yang saya ikut sertakan dalam NCCWeeks-Masakan Ibu. Cake karamel saya dan keluarga saya menyebutnya. Tapi banyak temen-temen yang nyebutnya ini kue sarang semut, tentu karena tekstur dari kue ini yang menyerupai sarang semut. Kalau Akilla mah nyebutnya malah kue sarang tawon haha
Kudapan ini sudah melekat erat dalam ingatanku. Cake bercita rasa manis khas gula gosong hihi alias dibikin karamel. Ibu cukup sering bikin cake karamel ini, baik untuk cemilan, acara dirumah ataupun hantaran. Dan terus terang dulu saya sampai merasa bosan hihi. Tapi ternyata "kebosanan" itu yang membuat kangen. Resep yang saya gunakan ini masih menggunakan takaran gelas belimbing, ya sesuai petunjuk dari ibu. Dipanggangnyapun masih menggunakan baking pan jadul warisan ibu yang di tangkringin langsung di atas kompor menggunakan api keciiill, biar rasanya sama persis seperti cake karamel yang ibu bikin waktu saya kecil dulu :)
Ini lho baking pan jadul dan bahan-bahan yang di gunakan masih menggunakan takaran gelas belimbing,

Resep yang saya gunakan ini cukup untuk baking pan atau loyang tulban diameter 16 cm ya.. Kalau mau yang lebih besar, misal ukuran 20/22 cm bisa dikali 2 untuk takarannya. Dan untuk yang tidak punya gelas belimbing saya sudah konversikan ke timbangan ya.. Jadi lebih mudah :)


CAKE KARAMEL
by: Puji Rahayu W.
 
Bahan:
1 gelas belimbing gula pasir (sekitar 225gr)
1 gelas belimbing air panas (250ml)
4 butir telur
½ sdt baking soda
¼ sdt garam
1 sdm tepung maizena
1 gelas belimbing tepung terigu protein sedang (120 gr)
3 sdm penuh margarine, lelehkan (75 gr)
¼ kaleng susu kental manis (sekitar 2 sachet atau 80-90ml)

Cara membuat:
Tuang gula pasir dalam wajan, panaskan dengan api kecil sampai gula mencair seluruhnya.
Tuang air panas perlahan, aduk rata sampai gula larut. Sisihkan, biarkan dingin.
Campur telur yang dikocok lepas dengan baking soda dan garam. Aduk pakai ballon whisk aja atau sendok kayu :)
Masukkan tepung terigu dan tepung maizena, aduk rata.
Tuang gula karamel, aduk rata.

Tuang margarine cair dan susu kental manis. Aduk rata.
Tuang dalam loyang tulban diameter 16cm yang telah dioles margarine dan tabur terigu.



Adonannya emang encer ya.. tidak kental seperti cake :)

Panggang dengan baking pan api keciill selama 40menit. (atau dalam oven suhu 180°C)

Angkat, keluarkan cake dari loyang. Biarkan sampai uap panasnya hilang.
Potong-potong dan siap disajikan.

Cukup mudah bikinnya, tanpa mixer, cukup diaduk saja. Kalau ibu saya dulu malah cuma pakai centong nasi hihi. Kuncinya disini adalah pemakaian baking soda, pakai baking soda yang bagus dan jangan dikurangi takarannya :) 
Dan resep ini juga sudah mendarat dengan sukses, dapat badge dan sudah tampil di blog nccmasakanibu, bisa liat juga di sini ya :)

Ikutan juga yuukk.. ROTGnya ada disini :)
Sukses ya buat ibu-ibu host event kali ini :)

11 comments:

  1. Nyobaaa ya mb..aku ya jangen hihihi...dulu d balikpapan jmn smp pernah bikin krn terpaksa adik ada acara harus bawa kue pas ortu lg ke jkt..kpn waktu udah ibu2 malah jadinya bantat huhuhu..sarangnya gag jadi..moga2 x ini aku berhasil y mb..tq resepnyaaa😄

    ReplyDelete
  2. Nyobaaa ya mb..aku ya jangen hihihi...dulu d balikpapan jmn smp pernah bikin krn terpaksa adik ada acara harus bawa kue pas ortu lg ke jkt..kpn waktu udah ibu2 malah jadinya bantat huhuhu..sarangnya gag jadi..moga2 x ini aku berhasil y mb..tq resepnyaaa😄

    ReplyDelete
  3. hai mba Arie Milasari.. gimana hasilnya? mudah2an berhasil ya,, :)

    ReplyDelete
  4. Mba, tepungnya bisa diganti yg protein rendah nggak y? :)

    ReplyDelete
  5. Mba, tepungnya bisa diganti yg protein rendah nggak y? :)

    ReplyDelete
  6. Saya tadi bikin tapi saat dikeluarin dari cetakan susah bngt y..kondisi kue msh hngt..trus klo kita ganti cetakan tulban dengan cetakan biasa boleh tdk ya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang olesan margarin dan tepung terigu kalau masih lengket bu..
      Bisa saja pakai loyang biasa tp hasilnya lebih bagus pakai loyang tulban :)

      Delete