Tuesday, March 7, 2017

KUPANG LONTONG ala NANDANGWUYUNG

Kupang lontong, makanan khas sidoarjo.. Biasanya di dipenjual kupang lontong sepaket dengan sare kerang dan es degan. Dan dari kecil saya suka makan makanan ini. Walaupun saya dulu tinggal di Jember, bukan di Sidoarjo tapi bapak sering ngajak makan kupang lontong sepulang sekolah di warung langganan Bapak. Malah pernah dirumah ketempatan arisan, si kupang ini menjadi sajian utamanya. Dan tentunya mendatangkan penjual kupang langganan tsb. Aaah.. kangen masa masa ituu.. Sekarang sudah gak ada penjual kupang tersebut, warungnya sudah berganti jadi fotokopian *kalau gak salah* dan gak tau gimana nasib si bapak penjual kupang. Aahh sudahlah.. waktu tinggal di malangpun masih sering clingak clinguk cari warung kupang, tapi beberapan kali beli tidak seperti citasara kupang semasa kecil dulu. Jadi solusinya, beli mbungkus. Nyampai rumah panasin lagi, kucuri jeruk nipis dan tambah gula pasir. Violaaa.. miriiippp kupang masa kecilku.. enaakk.. 
Dan waktu ke pasar gak sengaja nemu kerang yang biasanya buat kupang. Belilah sebungkus 250gr 6rb rupiah dan kerang dara 250gr 9rb rupiah. Jadi hari ini nyobain bikin lontong kupang. Lontong hasil nempil di tukang bakso tapi sayang kurang lenthonya.. gak ketemu penjual singkong. Alah lagian ribet juga mesti marut singkong 😆. Gini aja sudah enak.. #menurutsaya 😂 Dan ternyata jadi banyaaakk.. kerang daranya langsung sendokin aja ya.. males nusukin haha.. sama-sama enak lah 😂😂😂

Bikinnya juga hasil browsing sana sini tp akhirnya tetep kepilihan pakai bumbu ajaib 😂😂 (bisa klik sini bumbu ajaibnya ya.. ).

KUPANG LONTONG
By: Puji Rahayu "nandangwuyung"

Bahan kupang:
250gr kerang kupang, cuci bersih
700 ml air
1,5 sdt garam (tambahin jika suka asin)
2 cm jahe, geprek

Bahan sate kerang:
250 gr kerang dara, cuci bersih
1 sdt bumbu dasar
1 sdt pasta cabe merah
2 sdm kecap manis
1 lembar daun salam
1/2 sdt garam

Cara membuat:
1. Kupang: Didihkan air, masukkan bumbu dasar, garam dan jahe. Aduk rata. Masukkan kerang kupang. Masak sampai mendidih. Angkat. Sisihkan.
2. Sate kerang: Masukkan bumbu dasar,  pasta cabe merah, kecap manis, daun salam dan garam dalam wajan. aduk rata. Masukkan kerang dara. Beri sedikit air, masak sampai kerang matang. Angkat. Tusuk-tusuk bila ingin membuat sate kerang. 
3. Penyelesaian: Siapkan piring,  beri 1/2 siung bawang putih, 1 sdm gula pasir, 1 sdt petis, cabai sesuai selera, ulek menggunakan punggung sendok sampai tercampur rata. Beri perasan air jeruk nipis. Tata lontong diatasnya. Siram dengan kupang dan kuah panasnya. Aduk rata dan siap disajikan bersama sate kerang.

Enaakk enaakkk.. Es degan bisa buat menawarnya juga ada yang alergi kerang. Dan ini kebetulan ada degan ijo punya akilla yg lagi sakit gabagen haha.. 

Selamat makan siang temaannss.. 😊😊😊

No comments:

Post a Comment