Friday, February 17, 2017

JANGAN WAK PE

Jangan wak pe.. apa itu? haha.. Jangan dalam bahasa jawa artinya sayur, wak pe alias iwak pe artinya ikan pari. Ikan pari yang saya pakai ini ikan pari asap, beli di pasar tradisional. Pilih ikan pari asap bagian yang banyak dagingnya, lebih mantab. Kadang ada aja penjual yang asal nimbangin dan pas sampai rumah banyak yg bagian sirip/tulang, hasilnya cuma krokot-krokot belung haha. 
Wak Pe banyak diolah sih.. gak hanya di sayur santan begini. Bisa di goreng begitu saja trus di penyet sama sambal. Nyaamm.. enaakk.. Tapii.. karena ini skalian cemplung-cemplung sama tahu dan pengen yang berkuah jadi di jangan aja yeess.. Cuma kurang sayurnya nih, biasanya kacang panjang. Jadi skali masak dapat semua hihi. Aahh tapi tahu sama wak pe udah enak lah.. *daripada gak masak :p
Oia, saya pakai bumbu instan. eits jangan salah sangka saya pakai bumbu instan kemasan ya. Saya bikin bumbu sendiri. Bumbu dasar putih yang selalu jadi penolong disaat ini. Tinggal cemplung dan tambahin bumbu pelengkap lainnya. Mau masakan merah, ya tambahin aja pasta cabe merah, mau hijau, tambahin pasta cabe hijau, mau kuning, cemplungun kunyit bubuk. Haha.. saya suka yang simple simple *ketipketiipp. Resepnya ntar saya susulin ya.. Intinya bumbu dasar putih itu bawang merah bawang putih dan kemiri. Udah itu aja. Sudah motret bumbu dasar putih juga tp masih di memory card. hiahaha..  Ini aja dulu yaa.. 

JANGAN WAK PE
By: Puji Rahayu

Bahan:
250 gr ikan pari asap, cuci bersih, goreng sebentar
300 gr tahu putih, potong-potong, goreng setengah matang
1 sdm bumbu dasar putih
1 sdt pasta cabe hijau
1 lembar daun salam
1/2 ruas jari lengkuas
2 buah cabe merah besar, iris serong
2 buah cabe merah hijau, iris serong
1/4 sdt ketumbar bubuk (iyeess saya selalu sedia bumbu-bumbu dalam bentuk bubuk)
1,5-2sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 bungkus santan Kara 65ml

Cara membuat:
1. Rebus air secukupnya, kira-kira 500ml. Didihkan.
2. Masukkan bumbu dasar putih, pasta cabe hijau, daun salam, lengkuas, cabe merah, cabe hijau, ketumbar bubuk, garam dan gula pasir. Aduk rata.
3. Masukka  iwak pe dan tahu. Biarkan mendidih kembali dan bumbu meresap. 
4. Masukkan santan Kara, aduk rata. Tes rasa sesuai selera. Angkat. 
5. Siap disajikan. 

Plung plang plung cepet mateng, taruh dalam mangkok, jepret! kalau kelamaan si bayi Dahayu bisa-bisa ngomel. haha..
Mariii makaann.. ^_^

No comments:

Post a Comment