Monday, March 27, 2017

PISANG GORENG AWET RENYAH

Gorengan, siapa sih yang gak suka gorengan? walaupun ada juga yg menghindari makan gorengan. Sayapun suka gorengan, kali ini gorengannya sejenis pisang, pisang goreng 😂. Yang bikin aku seneng ini adonan tepunyanya. Biasanya sih kalau bikin renyah sesaat aja setelah digoreng. Tapi tak berselang lama akan mlempem adonannya. Tapiii kali ini dapat resep adonan yang awet renyahnya. Dulu entah kapan sudah lupa sepintas baca postingan seseorang mengenai pisang goreng renyah ini. Maaf banget ya siapapun yang punya resep asli ini saya sangat berterimakasih dan ijin share ya.. 😊

Saya gak catat langsung, cuma saya ingat-ingat saja karena perbandingan tepungnya sama semua 100gr. Jd masih menempel diotak sampai sekarang hihi. 
Resepnya begini,

ADONAN TEPUNG PISANG GORENG RENYAH
By: nn
Recook: Puji Rahayu "nandangwuyung"

Bahan:
100 gr tepung terigu protein rendah
100 gr tepung sagu/kanji/tapioka 
100 gr tepung beras ketan
100 gr margarin (saya 50 gr margarita + 50gr shortening --- kehabisan margarine haha)
Nah sampai sini saya lupa apa aja lagi, tp saya tambahin dgn 1/2 sdt garam dan 4 sdm gula pasir.

Cara membuat:
Campur semua bahan sampai berbutir-butir tercampur rata, seperti ini
Ambil seperlunya, karena ini banyak. terus tambahkan air sesuai kekentalan yang diinginkan saat menggoreng pisang. Saya gak ngukur jumlah airnya. Dan sisa tepung saya masukkan plastik dan simpan dikulkas. Bisa digunakan kembali saat ingin goreng pisang lagi.
Cara menggoreng pisang sudah pada ahlikan ya? haha.. Panasin minyak cukup banyak, goreng deh pisang yang dicelupin adonan tepung ini tadi. Goreng sampai kuning kecokelatan, jangan di sambi mainan HP ntar gosong atau HPnya ikut kegoreng 😆😆😆 haha
Beneran awet renyahnya.. Saya goreng abis magrib, jam 9 malam masih renyah. Itu berarti 2 jam masih renyah di suhu ruang di piring terbuka tanpa tutup. Tapiii pisang gorengnya jadi berminyak banget. Sediain tissu dapur yg tebel deh buat menyerap minyaknya.
Dan sepertinya bakal jadi adonan favorit ini.. hihi.. enak renyah.. 
Yuukk cobain juga.. 😊😊

38 comments:

  1. Wah, asyik. Kapan2 boleh dicoba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain deh mba.. wenak awet renyahnya.. 😊

      Delete
  2. karena tepungnya macem2 jd berminyak bgt ta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya karena ada campuran margarine di tepungnya mba Aik..

      Delete
  3. Makasih resepnya mbak, lagi pengen pisgor nih semoga memu pisang raja biar mantap.

    ReplyDelete
  4. Waah makasih mbaa resepnya.. akhirnya nemu jugaa resepnya.. catett

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba.. jangan cuma di catett tp juga dipraktekin hihi

      Delete
  5. waaah...boleh dicoba ini mbak...biasanya cuma aku campuri tepung beras aja. itupun tepung beras biasa bukan tepung beras ketan...noted. TFS ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk dicobain mba.. kriuk kriuk deh.. hihi

      Delete
  6. Wah saya favorit banget sama pisang goreng. Rasa manis dipadukan dengan aroma tepung yang wangi. Surga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicampur wijen atau kelapa parut makin wenak mba Silviana.. makin gurih.. 😄

      Delete
  7. Wah bisa dicoba ini, biasanya saya kalau pingin renyah beli tepung goreng pisang yang siap pakai, tapi jatuhnya lumayan mahal 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. iya.. sebungkung limaribu ya.. haha

      Delete
  8. Aku juga bikin pisang goreng sore tadi. Sampe jam 9 malam, masih renyah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakalan jadi andalan adonan tepung ini ya mba 😄😄😄

      Delete
  9. Wah jadi pgn nyoba, agak males juga klo makan gorengan dan sdh g renyah lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk cobain mbak.. kriuk kriuk.. apalagi sisa adonan tepung digoreng tanpa pisang.. malah jadi rebutan haha

      Delete
  10. Wah simple banget bahan nya .. Jadi pengen coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. semua bahan rata-rata diwarung dijual ya.. gak harus ke tbk 😊

      Delete
  11. Jadi penasaran sama pisgornya 😀. Makasih resepnua mbak 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin mbak biar gak penasaran hihi.. sama-sama mba 😊

      Delete
  12. Makasih resepnya mbak
    Layak dipraktekkan di dapur rumah

    ReplyDelete
  13. Yunmmiii.. mksh resepnya Mbak.. bisa dicoba nih.

    ReplyDelete
  14. padahal pisang goreng lhoooo tapi ws garai ngiler. juwahat ancen ibu ibu ikii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. Amma.. siniooo tak gorengno pisang kriuukkk 😄😄😄

      Delete
  15. Anakku suka yg krrs kres. Boleh dicoba nih resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anakku malah milih makan tepungnya dari pada pisangnya 😆😆😆

      Delete
    2. Dicoba deh mba.. pasti anaknya suka.. 😊

      Delete
  16. Thanks mba puji sayang, aku save ya resepnya,mau cari pusang dulu ah..��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan jangan tema baking bareng minggu depan pisang goreng hahaha.. selamat berburu pisang mba mitry 😉😉😉

      Delete
    2. Jangan jangan tema baking bareng minggu depan pisang goreng hahaha.. selamat berburu pisang mba mitry 😉😉😉

      Delete
  17. Mbak..ada artikel tentang tips bikin pisang kipas dan nugget pisang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum punya mba.. pernah bikin tp belum pernah posting hihi

      Delete
  18. Boleh banget nih resepnya. *capture*
    Hihihi..

    ReplyDelete