Tuesday, April 15, 2014

ROTI HIME

Hime? Apa itu Hime? Hime adalah salah satu merk dari produsen tepung Sriboga. Ini jenis tepung terigu protein tinggi, sekelas dengan tepung terigu protein tingginya jepang, merk komachi. Jadi cocok banget buat roti. Sudah ada logo halal MUI, jd aman laahh.. :). Sayangnya produk ini masih tidak banyak di jual di TBK atau supermarket. Saya beli tepung ini dari temen, Mb Cincha Sheehan, yg dia memang memasarkan produk ini. Jadi untuk diluar malang bisa beli online.

Akilla lebih seneng rerotian daripada cake. Burger, pastilah hihihi. Dan roti manis isi cokelat/selai. Kalau mamanya gak bikin selalu merengek minta belikan S*riR*ti. Duh, makin hari makin mahal aja. Sebungkus harganya 12rb, wiiihhh bisa beli tepung sekilo itu. Dan kalau dibikin roti bisa jadi banyaaaakkkk... hihihi. Dasar emak-emak yaaa... itung-itungan mluluuu. hihihi. Tapi gak papa-lah mending bikin sendiri, bahan yang di gunakan kita sudah tau kebersihannya, insyaAllah aman bagi anak dan keluarga kita. Apalagi kalau pakai tepung hime ini, aseliiiiii deh hasilnya tak kalah sama produk pabrikan yang harganya mahaaalll... empuukkk, nyempluuukk, seratnya bagus banget! Gak rugi hasil nguleni pakai LG alias Lengan Gede wakakakakak. Seperti ini rotinya, ini pakai isian cokelat,



Kurang jelas ya? fotonya sambil digangguin Akilla sih.. malah kebanyakan ada tangan mungil si Akilla. Biasa usilnya lg muncul.. jari jarinya dengan sigap nyentuh si roti saat tombol shut hampir dipencet sambil tertawa ngikik saat tau hasilnya ada tangan dia. Duuhh! Yaweslah gpp yg ada aja di upload hihihi..

ROTI HIME
By: Puji Rahayu W.

Bahan:
350gr tepung hime
75gr gula pasir
1/4sdt garam
1butir kuning telur
65gr margarine (kalau pakai butter makin wangi dan lembut)
50-70ml air
120gr water roux

Biang:
2sdt ragi instan
50ml air hangat
1sdt gula pasir

Olesan:
1sdm susu kental manis dicairkan sengan sedikit air.

Cara:
Campur bahan biang, tunggu sampai berbuih, kira-kira 10-15menit.
Sambil menunggu, campurkan tepung hime, gula pasir, garam. Aduk rata.
Masukkan kuning telur, biang dan water roux. Uleni sambil dituang air sedikit demi sedikit sampai adonan setengah kalis. Air ini bisa ditambah atau di kurangi tergantung kelembaban tepung terigu ya.. kalau sudah gak nempel di tangan, hentikan pemberian air.
Masukkan margarin, uleni sampai kalis. Biar cepet kali, taruh di wadah datar atau meja bersih, uleni seperti ngucek baju, cepet kalisnya daripada di uleni di baskom hehe. 
Bulatkan dan tutup dengan plastik warp atau kain lembab. Diamkan sampai mengembang 2kali lipatnya. Untuk waktu tergantung suhunya yaa.. kalau cuaca lagi panas, proofing 20-30menit sudah mengembang bagus, tp kalau pas cuaca hujan, butuh waktu lebih lama, sekitar 45menit.
Kempiskan, bagi menjadi beberapa bagian. Saya timbang masing-masing 40gr, jadi 17pcs. Bulatkan kecil-kecil. Tutup plastik warp, proofing lagi 30menit.
Isi dengan bahan isian, terserah mau isi apa, bisa selai, keju, cokelat atau apa lah.. hehe.. Tapi kalau mau diisi ayam atau keju atau isian lain yang rasanya asin, lebih baik gula pasirnya di kurangi yaaa.. karena dough roti ini untuk roti manis :).
Proofing/diamkan lagi selama 30-45menit. 
Oles permukaannya dengan bahan olesan.
Panggang selama 15-20menit sampai atasnya kuning kecokelatan.
Angkat. Oles permukaannya dengan margarine biar mengkilat dan lembab.
Siap di santap bersama teh hangat.. nyaaammm..

Hasilnya.. waaawwww... mumbul tinggi, nyempluuukkk... Jadinya berdempetan giniii hihihi.. Yang pasti lembuuuuttt...


Oia, hampir lupa.. Isi cokelatnya saya bikin sendiri. Dari campuran wiphcream dan DCC/cokelat blok. Jadi begini,


COKELAT FILLING
by: Puji Rahayu W.


Bahan:
100gr DCC (Dark Compound Chocolatte)
50gr wiphcream bubuk
100ml air es

Cara:
Campur wiphcream bubuk dan air es sampai merata.
Panaskan dengan cara di tim sampai hangat.
Masukkan DCC yang telah di cincang. Aduk sampai semua tercampur rata.
Dinginkan dan siap di gunakan sebagai  filling atau selai cokelat.

Note:
Jika ada sisa, bisa dimasukkan jar kaca.
Kalau suka manis bisa ditambahkan gula halus.
Kalau gak punya wiphcream bubuk bisa diganti wiphcream cair.

Saya bikin 2 rasa, cokelat dan strawberry,



Mari sarapan rotiiiii... :D

2 comments:

  1. Salam kenal y mba...mau tny nich..mnrt mba bagus mana tekstur roti dgn tepung hime dibanding dgn tepung segitiga biru dr bogasari?
    Pesan hime nya dimana mba?terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga.. :)
      untuk rerotian sebaiknya pakai tepung protein tinggi seperti HIME ini, tp emang di pasaran rada susah dapatnya. Yg umumnya banyak menggunakan merk Cakra dr bogasari.
      Kalau segitiga biru itu tepung protein sedang, cocoknya buat aneka cake :)
      Semoga membantu ya.. :)

      Delete