Wednesday, January 15, 2014

SUP SUMSUM TULANG SAPI

Tadi malam, sehabis beli makan malem sama bapaknya Akilla, iseng-iseng ke pasar sayur. Niatnya cuma mau beli sayur buat hari ini. Karena malam gini sayurnya seger-seger. Eeehh, tertangkap oleh mataku di sudut kios ada orang jualan tulang-an sapi. Dan aku intip ternyata ada sumsum tulang sapi... Senangnya hatiku, sudah lama aku tak menyruputnya.. sluruuuuppp.. segeeerr...
Harganya cukup murah, cuma 5rb/tulang. Saya beli 3 tulang dan 1/4kg lemak (ayam) sapi. Sempet heran juga ini lemak ayam atau lemak sapi? hihihi.. ternyata kata penjual ya ini emang lemak sapi tapi banyak yg menyebutnya lemak ayam karena lemaknya gak ngendal di lidah tapi rasanya jadi kenyil-kenyil.. Ohh, aku suka ituu.. hahaha.. 

Banyak yang gak suka sumsum tulang sapi, katanya eneg. Tapi entah saya begitu menyukainya. Disruput saat masih panas-panas... sluurrruuuuppp... srooootttt.. hahaha. Kali ini saya bikin sup sumsum saya.. Biar gak terlalu makan kolesterol tetep saya campuri dengan sayuran.. :)
Resep seperti bikin sup biasa, tp kali ini rasanya segeeerr dan rasa kaldu sapi beneran,, hihihi..



SUP SUMSUM TULANG SAPI
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
3buah sumsum tulang sapi
1/4kg lemak (ayam) sapi
2buah sosis, potong-potong
brokoli, potong-potong perkuntum
wortel, potong-potong
jagung manis, serut
baby buncis, potong-potong
bawang daun (bawang pre)
seledri

Bumbu:
5sing bawang putih
1/2 butir bawang bombai
garam
merica
pala
gula pasir
seledri, cincang kasar

Cara:
1. Celupkan tulang sapi dan lemak (ayam) sapi kedalam air panas. Buang airnya. Airnya akan kotor kena rontokan kotoran tulang dan lemaknya. Jadi sebelumnya tulang gak saya cuci dengan air dingin, tp dengan air panas.
2. Rebus air sampai mendidih (sekitar 2,5-3liter air). Masukkan sumsum tulang sapi, lemak (ayam) sapi dan beberapa batang seledri dan bawang daun. Rebus dengan api kecil selama sekitar 1,5 - 2jam biar kaldunya keluar. Dinginkan. Saya ngrebusnya tadi malam, pagi ini tinggal bumbui di bikin sup.
3. Ambil sumsum tulang dan lemak didalam wadah. Saring kaldunya. Jadi sekitar 2liter kaldu. Kalau mau buat sup porsi besar bisa di gunakan semua kaldunya, tp kalau hanya untuk porsi kecil seperti saya, hanya saya ambil 500ml kaldu saja, sisanya masuk kulkas buat stok kaldu sapi. 500ml kaldu inipun sudah terasa cukup ngaldu lho.. Biar gak terlalu eneg, saya tambah air sekitar 300ml.
4. Tumis bawang putih dan bawang bombai yg telah di cincang sampai harum. Tuang kaldu, lemak (ayam) sapi yg sudah di potong-potong dan air. Masukkan wortel, baby buncis, sosis dan jagung manis. Tunggu sampai sayur setengah empuk. Karena nanti masih direbus lagi dengan sumsum tulang, biar gak over cook. Bumbui dengan garam, merica bubuk, pala bubuk dan sedikit gula pasir. Untuk takarannya tergantung selera masih-masing yaaa.. di cicipi saja. ;)
5. Masukkan sumsum tulang sapi. Didihkan lagi. Matikan api. Taburi dengan seledri cincang. Siap di srupuuuutttt...
Kenapa sumsumnya saya masukkan belakangan? biar gak susah ngaduk kuahnya, tulangnya segede gaban hahaha.. dan setiap kali mau makan sumsum, panaskan dulu yaa.. biar sumsumnya gak membeku dan mudah di sruput :)


Untuk cara makannya,
tuang beberapa sendok kuah sup ke dalam tulang. Aduk-aduk dengan sedotan, dan sruuuuuuuttt... enaaaakkk!!!

Silahkan di coba yaaa...
Nih, Akilla aja doyaaannn sampe njengking-njengking (nungging) hihihi


No comments:

Post a Comment