Monday, January 27, 2014

CHICKEN BURGER


Akhir-akhir ini Malang lagi panas nih.. Lama juga gak ngeroti. Dan sepertinya pas banget dengan cuaca panas untuk nguleni tepung menjadi roti. Ahaayyy.. Bikin roti apa ya? Roti manis kah? Lagi bosen sama yg manis-manis. Karena apa? Saya gak bisa membuat roti manis berbentuk cantik.huhuhu.. Paling bulat, di bikin roti kasur dan sejenisnya.. Lagipula kalau di bentuk-bentuk cantik perlakuannya juga tambah lama.. Apalagi kalau mamanya lagi bikin-bikin kue Akilla pasti turut serta, bukannya tambah cantik malah tambah peyot.. Hehe.. Cari aman saja, bikin roti bulat tapi yang gak manis alias gurih. Iyah, BURGER saja!


Dan kemaren juga kebetulan bikin nugget ayam wortel. Sengaja aku bikin bulat juga bentuknya. Biar kalau sewaktu-waktu bikin burger, gak usah repot-repot bikin patty nya lagi. Toh hampir sama juga hehe. Kalau ingin dibuat lauk di cocol saus juga enak tinggal goreng.. :)

Gini nih untuk nugget ayam wortelnya,
 Dan ini setelah di pakein baju tepung roti, siap di freezer, sewaktu-waktu pengen tinggal goreng. sreeeennnggg...

NUGGET AYAM
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
300gr daging ayam (tanpa tulang)
100gr wortel
50gr tepung roti
50ml putih telur
1butir bawang bombai
3siung bawang putih, goreng
2sdt garam (tergantung selera)
sedikit gula pasir
1/2sdt marica bubuk
1/4sdt pala bubuk

Pelapis:
2butir telur
100-150gr tepung roti.

Cara:
Giling daging ayam bersama bawang putih dan bawang bombai dalam chopper.
Masukkan tepung roti dan putih telur. Bumbui dengan garam, gula pasir, merica dan pala. Giling lagi.
Campur dengan worter yg telah di cincang halus (saya chop pakai chopper sebelum giling ayam atau bisa juga di parut pakai parutan keju, hasilnya akan lebih halus daripada punya saya hehe). Aduk rata.
Oia tekturnya saya bikin gak terlalu halus seperti bakso/sosis ayam ya.. Jadi gilingnya gak terlalu lama :)
Bungkus dengan plastik gula 1/2kg-an yang telah ditusuk-tusuk pakai tusuk gigi. Kukus selama 20menit. Dinginkan.
Potong melingkar. Celupkan ke kocokan telur dan gulingkan ke tepung roti.
Siap di masukkan freezer.


Nah, ini yg paling penting.. Bikin roti burgernya.. Pengen ngeroti tapi malas nguleni? Ahay! tepat bikin dengan metode di balik saja, seperti bikin Donat Kebalik. Jadi, cairan dan margarin dicampur terlebih dahulu baru tepung di campur sedikit demi sedikit sambil diadonin sampai kalis. Tapi percaya deh gak butuh waktu lama dan yg pasti gak bikin tangan pegel *itu yg penting* hihi. Tapi masih seperti roti burger yang sebelumnya masih menggunakan water roux. Karena kalau pakai water roux rotinya jadi lembut. Jadi kalau bikin roti masih setia pakai ini hehe

DOUGH BURGER
By: Puji Rahayu W.

Bahan:
250gr tepung protein tinggi
100gr tepung protein sedang
25gr gula pasir (5sdt gula pasir)
1/2sdt garam
60gr margarin 
1butir kuning telur 
120gr water roux

Biang:
2sdt ragi instan (6gr ragi/setengah bungkus kemasan sachetan)
100ml air hangat
1sdm gula pasir

Olesan:
Putih telur

Taburan:
Wijen putih
 
Cara:
Campur biang, diamkan sampai berbuih. 
Sementara itu, siapkan dalam wadah, gula pasir, kuning telur, margarin kedian dikocok lepas pakai baloon wisk. 
Masukkan water roux dan biang. Aduk rata.
Masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai tepung habis dan tidak lengket ditangan. Uleni sampai kalis dan bulatkan. Siap di proofing selama 30-45menit tergantung cuaca lagi panas atau nggak. Kalau panas begini sih 30menit sudah mengembah 2kali lipat. Oiya, jangan lupa di tutup kain lembab atau plastik wrap ya, biar permukaannya gak kering :)
Kempiskan adonan. Bagi menjadi 12 pcs dengan berat 55gr. Bisa lebih besar atau lebih kecil tergantung mau di bikin seberapa besar roti burgernya. Tapi menurut saya sebesar ini pas untuk perut saya hehe.
Oles dengan putih telur dan taburi wijen putih. 
Tutup dengan plastik warp. Dirapatkan yaa.. biar mengembangnya gak keatas tapi melebar. Jadi nantu burgernya gak meninggi :D
Diamkan/proofing lagi selama 30-45menit lagi.

Ini adonan sebelum proofing ke-2.
Dan ini setelah proofing 30menit. Membengkak. Dan terpaksa di jadikan 2 loyang, daripada nanti matengnya pada kembar siam hihihi.. maksutnya rotinya biar gak gandengan gituuu.. :D
Oven selama 20 menit dengan api sedang sampai kuning kecokelatan. Angkat. Sisihkan.

Seperti ini tektur rotinya, berpori sih, tp kelihatan gak begitu padet kan, empuk jadinya. Kelihatannya besar tp gak begitu mengenyangkan, kalau di pencet mudah kempes.. Mirip sama roti burger yang di jual-jual. Tapi kembali keselera, senang roti yang padat atau roti nyuuss.. :D
Kalau mau yang padat, bisa pakai resep di roti burger yang sebelum saya bikin, resepnya ada disini,  tapi kalau mau yg empuk ya pakai resep ini hehe.. Coba di klik link tersebut, pasti keliahatn beda tektur rotinya :)


Oke! Rotinya sudah jadi, patty (nugget ayam)nya juga sudah di goreng. Saatnya menyusun satu persatu sampai membentuk sebuah chicken burger huehehehe..

Kali ini gak pakai mentimun dan tomat. Gak ada stok di kulkas, cuma pakai bawang bombai dan daun selada.
Jadi, ambil roti burger, belah jadi dua, oles margarin, panggang di teflon sebentar saja. Gak di panggang juga oke-oke aja, cuma gak anget, cuma itu aja kok bedanya hehe.
Oles dengan mayonaise, letakkan selembar daun selada, tumpuk dengan nugget ayam lanjut dengan bawang bombai (bisa yg fresh atau di panggang sebentar). Oles dengan saus tomat/sambal dan mayonaise. Tangkupkan roti bagian atas.
Siap mangap lebar dan haaappp! nyam nyam nyaaammm, seperti si Akilla ini :D

No comments:

Post a Comment