Thursday, April 11, 2013

DONAT KEBALIK

Sudah lama gak nguplek didapur, jangankan bikin kue, masak buat sehari-hari aja enggak :D. Karena mulut ini masih terasa pahit, jadi gak nafsu buat makan.

Tp entah kok ya kepikiran bikin donat. Bikin doang gak doyan makan :p

Dan iseng-iseng bikin donatnya, aku balik metodenya. Biasanya tepung dulu, nah ini tepung dimasukin belakangan (gak tau dapat wangsit dr mana wkwkwk)

DONAT KEBALIK

Biang
100ml air hangat
3sdt ragi instans
1sdt gula pasir
(campur jadi satu, tunggu sampai mengembang. Sambil menyiapkan bahan-bahan yg lain)

Bahan:
70gr margarine
2sdm gula pasir halus (aselii kurang manis, 50gr mungkin cukup)
2 butir telur
1/4sdt garam
420gr tepung terigu protein tinggi

Cara:
Kocok margarine dan gula, sampai pucat pake wisk (pake mixer juga bisa)
Masukkan telur, aduk rata.
Masukkan adonan biang. Campur rata.
Terakhir masukkan garam dan tepung terigu sedikit demi sedikit sampai tidak lengket ditangan sambil diuleni. Kalau aku kemaren cuma bentar nguleninnya, cuma sampai bisa dibulatkan saja.
Diamkan 30-45 menit (ditutup serbet lembab bersih)
Gilas adonan berbentuk donat. Diamkan lagi 15 menit
Goreng dengan api kecil.
Dinginkan, siap di beri topping.

Hasilnya 17 donat gedhe-gedhe dan 17 printil bolongan tengah donatnya.
Tekturnya lebih lembut, lebih ringan. Cocok bagi yg malas nguleni.haha
Berhubung saya malas, jadi saya cuma bedakin aja yg tebel biar makin manis :D

Saya cuma makan sebiji, yg lain masih banyaaakkk... Yang mau monggo kesini :D

No comments:

Post a Comment