Monday, April 22, 2013

Empek Empek

Biarpun bukan orang palembang boleh dong bikin empek-empek.. :D
Empek-empek ini terbuat dari ikan tengiri yg di campur dengan tepung sagu/tapioka/kanji. Jadi rasanya kenyil kenyil. Ditambah lagi sama cuko yg manis, asem, pedes.. Duh, des nak!! Pedes Enak :))

Empek empek Lenjer

EMPEK EMPEK

Bahan:
250 gr daging ikan tengiri, haluskan
250 gr tepung kanji/sagu/tapioka
1 sachet kaldu bubuk
1 sdt garam
150 air

Cara:
- Didihkan air di panci.
- Campur daging ikan tengiri, tepung kanji, garam, kaldu bubuk. Uleni sambil masukkan air sedikit demi sedikit sampai adonan tidak lengket ditangan tp juga tidak berat :)
- Pulung-pulung berbentuk panjang/lenjer. Atau bisa dibikin kapal selam, dalamnya diisi telor. Tp saya pemalas, jadi bikin lenjer aja :D
- Cemplungkan ke air yg sudah mendidih. Kalau sudah mengapung. Angkat.
- Dinginkan, siap di goreng.

Cuko
CUKO

Bahan:

125 gr gula merah, sisir
200 ml air
5 siung bawang putih, haluskan
3 buah cabe, haluskan (bisa ditambah kalau suka pedas)
1/2 sdt garam
1sdm air asam jawa
1 sdm ebi goreng, haluskan.

Cara:
Campur semua bahan kecuali ebi. Didihkan, saring.
Masukkan ebi, didihkan kembali. Dan jerang kira-kira 10 menit. Siap di guyur ke empek empek :D

Cara Penyajian:
Goreng empek empek. Potong-potong, siram dengan cuko, taburi dengan timun yg dipotong dadu kecil. Siap disantap. Akilla said, "des nak!!" wkwkwk. Pedes enak hahaha.

Kalau ini empek empek sebelum digoreng. Dicocol cuko juga sudah enak :)

Empek empek sebelum digoreng

2 comments:

  1. weww makasi mbak..enakan bikin ndiri ya..lebih krasa ikannya
    kalo beli juga cukonya pedes bangett :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, bikin sendiri lebih puas maemnyaa.. hihi

      Delete