Sunday, March 1, 2015

RED VELVET ROSELA

Yeeaahh, grup Kichen Blog ada event lagi. Kali ini bikin sangat-sangat mendekati duedate! Jadi rasanya kaya diuber-uber deptcolector! Kaya kita punya utang! hahaha. Tak apa ya yang penting setor.. hihi. Dan meramaikan dan memerahkan wall grup KB dengan red velvet.


Cantik ya? :)

Akhirnya keturutan juga makan red velvet.. hihi. Belum pernah makan red velvet yang asli sih yg dari buah bit. Karena disini saya susah menemui buah bit, dulu pernah ketemu sama tuh buah bit, tp sayanya belum bisa baking hihi. Dan masih bingung buah itu buat apa, padahal bagus juga kan buat kesehatan kalau di jus. Aaahh lupankan masa lalu.. hihi.. Sekarang ini bikin dengan bahan yang ada. Apa ya warna merah selain pewarna makanan. Cari sana sini akhirnya inget kalau punya bunga rosela kering. Akhirnya ambil segenggam, seduh air panas sekitar 50ml saja, biar nanti warnanya pekat. Diamkan semalaman. Hasilnya kalau ditaruh gelas sih merah tua. Tapi nanti kalau di campur di adonan cake bagaimana yaaa.. Baiikk, nantikan selanjutnya.. hihi. Kita simak dulu resep yang saya gunakan.


Ini pakai resepnya Joy of Baking. Disana sih tidak pakai jus buah bit tapi pakai pewarna makanan. Jadi saya sesuaikan dengan seduhan bunga rosela.

RED VELVET ROSELA
by: Puji Rahayu
Base Recipe: Joy of Baking 

Bahan:

125gr tepung terigu protein rendah/sedang
1/4sdt garam
1sdm cokelat bubuk
57gr unsalted butter (saya pakai margarin yang salt, jd garam yg saya pakai dikurangi)
150gr gula halus
1butir telur ukuran besar
120ml buttermilk (saya, 80ml butter milk + 40ml seduhan bunga rosela)
1/2sdt white distillet vinegar (saya skip)
pewarna merah (tambahan)
1/2sdt soda kue (saya hanya pakai 1/8sdt)

Cara:
Ayak tepung terigu dan cokelat bubuk, campur dengan garam. Sisihkan.
Mixer margarin sampai lembut (sekitar 1-2menit), masukkan gula halus dan mixer telur sampai lembut (2-3menit).
Masukkan telur, mixer sampai rata.
Turunkan kecepatan mixer, masukkan buttermilk, seduhan air bunga rosela dan tepung secara bergantian sampai semua habis dan tercampur rata.
Nah dari sini ternyata merahnya kurang keluar, masih terlihat cokelat, akhirnya saya tambahkan beberapa tetes pewarna merah, dan muncul warna merahnya. Aduk rata.
Camour soda kue dengan sesikit air, kemudian masukkan kedalam adonan ,  aduk rata.
Tuang dalam cuppaper, oven sampai matang di rak tengah.
Dinginkan dan siap dihias dengan cheesefrosting.
Korban 1cup untuk hancurkan buat garnish diatas cheese frostingnya.
Siap disajikan.

Awalnya pengen yang bebas pewarna, tapi ternyata belum pekat warna merahnya. Tak apalah yang terpenting yang saya pakai tidak terlalu banyak pewarna yang saya gunakan, hanya beberapa tetes saja. padahal di resep yang asli sebanyak 1sdt pewarna. Weeww.. hihi.. Dan rasanya ini juga asik menurut saya, rasa rosela yang agak asam, plus buttermilk yang lembut ditambah cheese frosting yang cheesy berpadu jadi satu.. enaaakkk.. Gak eneg! Satu pasti kurang.. :)


Dan untuk Cheese Frostingnya ini super simple asalkan ada buttercreamnya. Untuk resep buttercream bisa di klik link ini ya..

Cheese Frosting
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
50gr cheese filling
100gr buttercream
1sdm susu kental manis

Cara:
Aduk rata semua bahan sampai lembut, tadi saya hanya aduk pakai sendok sampai tercampur rata. Kalau mau bisa dimixer ulang sampai lembut.
Siap digunakan.

Okeh selesai sudah home work kali ini.. Dan serasa plong telah bayar utang! haha
Sukses buat Kitchen Blog!

2 comments: