Friday, January 23, 2015

CHALLENGE #8 YKMK: NOW U 'R ONE!

Happy Anniversary, YKMK!

Semoga grup YKMK, Your Kitchen My Kithcen makin solid, makin rame, makin banyak saudara, makin banyak ilmu yg bermanfaat dan semoga sukses slalu.. :)
First anniversary, ulang tahun yang pertama. Kalau anak kecil ini lagi seneng-senengnya merayakan ulang tahun. Karena perayaan yang pertama, semuanya yang pertama. Dibikin semeriah mungkin, colorfull biar bikin semua bahagia. Sama halnya kali ini saya membikin challenge #8 kali yang temanya First Anniversary. Saya bikin kue berbentuk angka 1, dihiasi balon warna warni dan bertuliskan NOW U 'R ONE, YKMK. Tema yang pas!

Kali ini saya bikin dengan base cake Japanese Cheese Cake, dihias dengan buttercream siram, tulisan manual. Cukup lama gak megang spuit dan main-main sama buttercream, akibatnya kurang rapi, tp dari sini saya cukup sukses menaklukan metode pengcoveran cake. Biasanya buttercream dioles tapi kali ini disiram. Bagaimana caranya? Nanti ya.. Sekarang JCC nya dulu saya share, ini pakai resep yasa boga tp udah dimodif waktu ada ada latbar bareng temen-temen di Malang.

JAPANESE CHEESE CAKE
by: Yasa Boga
Modif by: NNC Malang

Bahan:
50gr tepung terigu protein sedang (pakai protein rendah)
50gr tepung maizena
60gr butter (bisa diganti margarin)
250gr cream cheese (bisa di ganti cheese filling)
120ml whipcream (110ml susu UHT)
3butir kuning telur
1telur utuh
5butir putih telur
125gr gula pasir
1sdm air jeruk lemon/jeruk nipis
1sdt kulit jeruk lemon

Cara:
Siapkan loyang 20cm (saya pakai loyang 22cm), oles margarin alasi dengan kertas kue sampai dengan semua sisi-sisinya, dan dilebihkan tingginya sekitar 2cm (buat jaga-jaga jcc meluber). Sisihkan.
Panaskan oven 160derajad celcius.
Ayak tepung terigu dan maizena. Sisihkan.
Campur butter, cheese cream, whipcream/susu uht, panaskan dengan api keci, aduk-aduk sampai tercampur rata (tidak perlu sampai mendidih). 
Masukkan campuran tepung terigu dan maizena, aduk rata.
Masukkan kuning telur dan telur utuh, aduk rata. Sisihkan.
Mixer putih telur sampai berbusa, masukkan gula pasir secara bertahap dan tuang jeruk nipis, mixer sampai soft peak, saya seperti seperti ini,

putih telurnya lembut tapi sudah cukup kaku, saat di balik tidak tumpak. Pastikan jangan sampai hard peak, jcc nya akan berpori besar.
Tuang 1/3 adonan putih telur kedalam adonan cream cheese, aduk rata pakai spatula. Tuang campuran ini ke putih telur, aduk balik sampai tercampur rata.
Tuang ke dalam loyang. Bungkus bawahnya dengan alumunium foil agar air tidak masuk, lebih aman sih pakai loyang tanpa sambungan, jadi tanpa dibungkus alumunium foil.
Panggang dengan cara au bain marie (memanggang dengan menggunakan loyang air selama 70menit atau sampai atasnya kuning kecokelatan.
(kalau saya sih sepertinya kebesaran api, padahal termo di oven masih menunjukkan 110derajad celsius, hanya 45menit atasnya sudah cokelat--nah ini emang harus bener-bener mengenali oven masing-masing--)
Angkat, balikan diatas tray yang dialasi serbet, angkat loyang dan kertas roti. Balikkan kembali.
Dinginkan dan siap dihias.

Nah saat udah dingin, potong-potong untuk disatukan menjadi angka 1.
Potong tipis pinggir-pinggirnya biar rapi.
Potong selebar 6cm sebanyak1buah (untuk yang berdiri), potong lagi selebar 6cm lagi, tp panjangnya 14cm (untuk bagian bawah). 
Buat juga potongan segitiga buat kepala angka 1.
Seperti ini,

Rekatkan masing-masing bagian dengan buttercream. Letakkan diatas rak kawat.

Naaahh, ini yang bikin deg-degan saat bikin buttercream siramnya. Perdana soale.. hihi.
Siapkan kurang lebih 250gr buttercream, lelehkan dengan cara di tim (sama seperti melelehkan cokelat), aduk aduk cepat agar bagian bawah tidak mencair menjadi minyak. Sampai buttercream cukup meleleh mudah disiram (tidak brigindil), segera siram diatas cake. Goyang-goyangkan biar merata. Biarkan sejenak diatas rak kawat sampai set (ini akan membeku). Daann saya lupa memfoto saat disiram di atas rak kawat. hiks. Yang ada udah saya pindah diatas kertas silver,
-
Masih belum rapi bagian bawahnya, jangan kawatir hihi. Siapkan air panas, celup pisau oles sampai cukup panas, lap sampai kering, gunakan untuk merapikan bagian yang kurang rapi. Bereess hihi. dan siap di hias sesuai selera. Saya hanya hias dengan balon balon warna warni dan tuliasan "NOW U 'R ONE, YKMK. Hias juga denga pita-pita curl. Siap dihidangkan buat pestanya YKMK.. Yipppiiii..

Seperti biasa kalau ada kue tart begini yang pasti heboh adalah anak kecil, Akilla tentunya. Saat hiaspun bolak balik mau di colek, dan sebanyak itulah Mamanya teriak wakakakak. Saat sesi foto selesai, baru saya ijinkan dia nampang,


Dan ini bagian dalam dari cheesecakenya,

Lembut dan ngejuu... Jadi pas saat di makan..

Dan, masih ingatkah doa saya waktu di challenge #7 aneka kreasi roti yang saat itu saya bikin charpao? Walau saat itu saya belum beruntung, tapi doa didalamnya tetep terkabul. Saya berharap saat itu menang dan dapat oven karena oven saya rusak (padahal saat itu hadiahnya juga tidak ada oven haha). Tapiii, hadiah challenge kreasi cake bersama chefmate , waktu itu saya bikin chocolate soil, si cacing itu lho haha.. Alhamdulillah saya menang dan hadiah baru nyampai awal bulan ini, dari situ saya bisa belikan oven!. Alhamdulillaaahh.. Oven baru jadi pengguni dapur nandangwuyung, semoga betah yaaa.. :). Dan JCC ini saya bikin dengan oven tersebut. Trimakasih banyak YKMK, sukses slaluuu.. :)

Daaann, tetep di penghujung nya saya berdoa semoga kali ini saya beruntung ^^ *berdoa khusuk :D *aamiin..

11 comments:

  1. Hahahha ceritanya lucu soal teriak2 kalau si cake mau dicolek, koq sama ya sama saya, kadang2 kasihan sekecil sampe kaget hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. kalau akilla itu usil mb Mitry.. sengaja godain mamanya.. hihi.. biar mamanya teriak dan dianya tertawa.. haha

      Delete
  2. Amin... mdh2n menang lg ya...

    *ikutan colek cakenya...
    Hihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Makasih doanya mbak Lina.. :)
      Jangan di colek ah.. nanti saya teriak haha..
      Di potong aja sekalian.. Silahkan.. :)

      Delete
  3. Wuiih kereen, udah berani nyoba bc siram. jempol buat dirimu mbak, sementara aku beluuum xixixix

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. asik ternyata pakai bc siram, lebih rapi drpd bc oles mb Ivonie.. Cobain yuk gak susah kok.. mirip nyiram cokelat :)

      Delete
  4. Terima kasih sudah ikut berpartisipasi pada Challenge #8 1st ANNIVERSARY YKMK, sukses.
    Sambil menunggu Pengumuman Pemenang Challenge, di bulan Februari kita juga meramaikan #YKMKpostingkompakan bolu gulung ber'PINKria', ada hadiah menariknya juga loh...ikutan yuuuuu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kembali mb Lynda.. Aseekk ber pinkria ini YKMK di bulan ini :)

      Delete
  5. Mbak ini ngaduknya sama sekali ga pake mixer ya? Itu terigu sama telur langsung diaduk ga pake mixer mbak?

    ReplyDelete
  6. Mbak ini ngaduknya sama sekali ga pake mixer ya? Itu terigu sama telur langsung diaduk ga pake mixer mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. hanya putih telurnya aja yg di mixer :)

      Delete