Tuesday, September 2, 2014

SAMBAL TERASI ALA WARUNG LALAPAN LAMONGAN

Hayooo sapa yang gak ngiler liat foto sambal ini? Lap lap iler deh.. Sambalnyapun fresh from the layah wakakakak. Layah itu cobek.. Kalau saya nyebutnya malah cowek.. hehe.. Terus terang ya, saya ini kurang ahli bikin sambal terasi, rasanya tidak seenak warung lalapan lamongan langganan pinggir jalan. Warung lalapan dengan berbagai lauk pauk. Jadi slama ini andalan sambal di rumah ini ya sambal bawang yang cukup mudah bikinnya *nyengir :D*. Kalau pas beli lalapan, terkadang saya minta sambal lebih banyak sama penjualnya. Bukan apa-apa, biar bisa makan sambal terasi keesokan harinya hahaha.. Sambalnya saya simpan di kulkas, baru besoknya di goreng lagi pakai sedikit minyak, jadi sambal bajak haha..
Nah, kok ya kebetulan saat mau beli lalapan, sambalnya pas habis. Biasanya sudah ready di cobek yang besar, kali ini saya berkesempatan liat prosesnya langsung bikin sambalnya. Saya setia menanti setiap step-step membuatannya tanpa berkedip :p. Pertama goreng cabe rawit merah, sedikit bawang merah. Kemudian ulek dengan bawang putih goreng yang banyak! Owalah ternyata bawang putih goreng kering dan jumlahnya banyak. Ya ya ya.. Truusss, pakai sedikit terasi. Garam, vetsin (ini yang bikin ilfill hiks) dan gula dengan takaran lebih banyak. Dikasih irian jeruk limau. Terakhir gorengan tomat yang bejibun. Uleg sampai rata. Okeehh! Siap di contoh! hihihi.
Keesokan harinya, saya sudah niatkan bikin sambal terasi ala warung lalapan lamongan ini, dengan bahan yang di gunakan saya ikuti cuma takarannya yang berbeda, lebih sedikit tentunya. Woalaaaaaa.. Mirip rasanya saudaraaaa.. hihihi.. Cuma kurang jeruk limaunya saja, sebagai gantinya pakai sedikit kemangi yang diuleg pelan-pelan diatasnya. Wenaakk.. Suami ternyata juga sudah sreg dengan rasa ini. Senangnyaaa.. *tepuk tangan dalam hati hahaha*

SAMBAL TERASI ALA WARUNG LALAPAN LAMONGAN
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
5buah cabe rawit merah
1siung bawang merah ukuran kecil
sedikit terasi matang (seujung sendok saja, jgn banyak-banyak)
1/2sdt garam
2sdt gula pasir
vetcin (saya tidak pakai)
1sdm bawang putih goreng
1buah tomat ukuran sedang

Cara:
Goreng bawang merah dan cabe.
Uleg bersama garam, gula, bawang putih dan terasi.
Sementara itu goreng tomat sampai layu.
Masukkan tomat yang sudah di goreng.
Uleg sampai halus dan semua tercampur rata.
Cicipi, dan siap dinikmati.

slruupppp!!

Bisa di tambahkan irisan jeruk limau atau kemangi, sama-sama segernya..
Siap untuk cocolan ayam goreng atau bahkan hanya untuk tempe - terong penyet udah enaaakkk..

2 comments: