Thursday, July 25, 2013

Brownies Kukus Ny Liem

Gak ada bosen-bosennya kalau sama namanya brownies. Brownies apapun namanya, yg penting gak seret aja di tenggorokan :p.
Dan saya masih setia dengan brownies Ny. Liem untuk brownies kukusnya. Udah pernah di modif macem-macem. Tp kali ini lagi gak kedatangan mbah mud, edisi malas untuk berkarya. List kuker aja gak kesentuh, masak sehari-hari aja kagak (beli mlulu hihihi). Ealaahh kok ya tadi smsan sama temen tanya-tanya masalah brownies.. diriku malah yg pengen *latah :))
Akhirnya dieksekusi juga nih telur yg pating ngggundung gak di berdayakan hihihi..
Bikinnya cuma setengah resep, lumayan buat tombo pengen hihihi


Brownies Kukus Ny. Liem

Bahan:

6butir telur
225gr gula pasir
1sdt emulsifier
125gr tepung terigu
50gr cokelat bubuk
1/2sdt BP
100gr DCC, ditim campurnkan minyak goreng
175ml minyak goreng

Cara:
Pananskan kukusan.
Mixer gula, telur dan emulsifier sampai kental berjejak.
Masukkan campuran tepung terigu, cokelat bubuk dan BP yg sudah di ayak.
Masukkan campuran minyak dan DCC.
Kukus 1/2 adonan sekitar 10menit, taburi meses. Tuang setengah adonan lagi. Kukus lagi 20menit sampai matang.

Oia, kompornya jangan besar-besar ya.. sedang cenderung ke kecil aja, biar lapisan atasnya gak bergelombang dan tutupnya di alasi serbet biar gak netes air uapnya. Kalau punya langseng yg tutupnya kerucut gak masalah kalau gak di kasih serbet, karena air uapnya akan mengalir kepinggir bukan langsung menetes :)
Dan kalau pengen brownies yg padat, emulsifier dan BPnya di hilangkan aja. Jadinya ntar nyoklat banget, gak mengembang, enaakk.. Tp kali ini diriku juga pengen cake, jadinya rada spongie :)

Hasilnya? lumayan lah buat ngilangin penat tentang copas mengcopas foto dan resep puding telor ceplokku. Seharian gak buka laptop. Kebetulan ada yasinan juga di tetangga, main sama akilla dan bikin kue. Tau-tau udah maghrib, buka puasa dan nidurin jagoanku.. Setelah hati rada tenang, pikiran udah normal kembali, baru deh buka laptop lagi, ngeblog lagi, buka pesbuk lagi..
aaahhh, paling tidak kejadian kemaren ini bisa buat pelajaran buat diriku dan semuanya untuk saling menghargai karya seseorang. Contek ide, contek resep itu sudah rahasia umum, tp kalau di gotong beserta foto-fotonya untuk kepentingan grup/individu atau malah disalahgunakan itu yg bikin gregeten.

Catet resep, praktekin, foto, posting!
happy cooking ^^

No comments:

Post a Comment