Saturday, October 19, 2013

Asem-Asem Daging Sapi

Terus terang saya gak tau apa nama populer dari masakan ini.. Saya bilang asem-asem karena memang rasanya sedikit asem dari buah tomat. Saya bikin untuk varian masakan daging selain dibikin rawon, soto dan sejenisnya. Kali ini rasanya segeerr, pas banget di cuaca yg 'rada' panas ini.

Bumbunya cukup diiris-iris aja, jd jangan kuatir capek nguleg. Dan setiap saya masak daging entah itu di rawon/soto saya selalu masukkan sayur juga. Jadi asupan serat masih terpenuhi :)
Oia, bumbunya ini bisa ditambah cabe rawit juga ya, kalau pengen agak pedes. Berhubung disini ada bocah batita, jadi gak pake cabe, yg tua cukup nambahi aja pakai sambal tomat.. :)


ASEM-ASEM DAGING SAPI
by: Puji Rahayu W.

Bahan:

300-400gr daging sapi (rebus sampai empuk, dan sisakan sekitar 1 - 1,5liter kaldu)
1bonggol sawi putih, potong-potong. (bisa diganti sayur yg lain, misal kubis :) )
2buah tomat, potong-potong (kalau bisa tomatnya jangan yg terlalu matang, biar tidak hancur saat di masak)
5butir bawang merah, iris-iris
 3butir bawang putih, iris-iris
1batang sereh, ambil putihnya, geprek
3-4lembar daun jeruk purut
2batang daun bawang
2-3sdt garam (sesuai selera)
2sdm gula pasir (saya banyakin, biar jadinya asam manis)
1/2sdt merica bubuk
cabe rawit (bisa ditambahkan jika mau)


Cara:
Siapkan dalam panci, potongan daging (yg telah di rebus empuk) dan kaldu. Didihkan.
Tumis bawang merah dan bawang putih. Masukkan kedalam panci.
Tambahkan daun jeruk purut, batang sereh, tomat, sayur sawi putih dan cabe (bila pakai). Masak sampai sawi putihnya empuk.
Bumbui dengan gula garam dan merica. Cicipi. Serasa sudah pas di lidah, matikan api. Masukkan potongan bawang daun. Tutup panci. Biarkan beberapa saat.
Siap disajikan.

Cukup mudah dan cukup segaaaarr.. ^^

No comments:

Post a Comment