Friday, October 11, 2013

Onde-Onde

Habis bikin lemper yang hasilnya mak slemet aja, cepet banget masuk mulut. Sore tadi bikin onde-onde. Berbahan dasar sama, sama-sama ketan. Tapi yg satu beras ketan, yg satunya lagi tepung ketan. Intinya lagi seneng sama yg lengket-lengket, biar makin lengket sama saya. haha..

Onde-onde ini cemilan yang bikin kenyang, tepung ketan mengandung karbohidrat, dan diisi kacang hijau yg merupakan sumber protein, tak lupa pula gula yg merupakan sumber energi. Pas deh, bukan cemilan kosong lah.. :)
Sudah lama pengen bikin *lagiiii.. pengennya sudah jaman bahuela, tp baru kesempatan sekarang bikin*. Baca-baca blog temen, dapat resep dan review dari mereka. Salah satunya onde-ondenya meletus atau kempes sesaat setelah di goreng. Sambil terus dipelajari *cieehh kayak sekolah aja*, yang bikin onde-onde meletus itu di goreng di minyak panas. Lha trus bagaimana? Di goreng dengan minyak dingin dulu, api kecil, dengan sistim deep fried (onde-ondenya terendam), setelah onde-ondenya mengapung, baru apinya di rada gedein, goreng sampai kuning kecoklatan.
Trus, masalah onde-ondenya mlenyok/kempes sesaat setelah di goreng, ternyata di adonan tepunya bisa di tambahi kentang kukus/tepung terigu atau tepung beras, biar lebih kokoh, gak terlalu mulur/lengket karena tektur dari si tepung ketan sendiri mengandung maltosa yg membuat lengket. Dan saya memilih untuk mencampur dengan tepung beras saja :)
Baiklah, dari ilmu-ilmu tersebut bisa dibuat bekal untuk membuat si onde-onde ini. Dan kali adonan kulitnya pakai resep mb Fah Umi Yasmin, temen di Grup FB LangsungEnak. Thanks, mbak resepnya ^^. Sedangkan resep isi kacang hijaunyanya ala saya yang saya bikin cepet, biasanya kan kacang hijau di kukus dulu baru di aduk-aduk dengan santan dan gula sampai halus, nah kali ini saya rebus hehe..

Onde-Onde

Bahan Kulit:

250gr tepung ketan
3sdm munjung tepung beras (saya pakai 50gr)
75gr gula pasir
1/4sdt garam
santan encer hangat (saya pakai 250ml)
100gr wijen putih

Cara:
Rebus santan, gula dan garam. Biarkan sampai hangat.
Campur tepung ketan dan tepung beras, tuang santan sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai bisa di pulung.
Siap di gunakan.

Bahan Isi Kacang Hijau:
150gr kacang hijau kupas, rendam 1jam
90gr gula pasir
1/4sdt garam
1sdm margarin
1lembar daun pandan.

Cara:

Masukkan kacang hijau dan pandan pada air yg mendidih, aduk-aduk, tunggu sampai mendidih lagi. Matikan api. Biarkan sampai dingin.
Rebus kembali sampai kacang hijaunya merekah, cepet kok, sekitar 15menit. Matikan api.
Nah, biar makin cepet lagi, blander kacang hijaunya dengan sekitar 100ml air, kalau saya gak sampai halus, cukup hancur saja tekturnya, biar masih ada kasar-kasar si kacang hijau.
Jerang kembali di atas api sambil diaduk bersama gula dan garam, tunggu sampai agak mengering. Matikan api, masukkan margarin aduk rata.
Biarkan sampai hangat, pulung-pulung berbentuk bulatan untuk siap diisikan ke adonan kulit.

Pengelesaian:

Ambil adonan kulit sedikit lebih besar dari bulatan kacang hijau. Biar kulitnya gak terlalu tebal nantinya.
Pipihkan, isikan kacang hijau. Bulatkan.
Gulingkan ke wijen putih. Bulat-bulatkan lagi biar permukaannya tertutupi wijen semua.
Lakukan sampai adonan kulit habis.
Goreng disaat minyak masih dingin, api kecil, sampai onde-onde mengapung, baru setelah itu api di besarkan (gak besar-besar banget, api sedang aja) sampai kuning kecokelatan.
Angkat.
Hidangkan selagi hangat.
  • Cara menggoreng dengan minyak dingin, api kecil dan deep fried,

Hasilnya bener-bener bulaaattt, gak penyok dan pastinya tanpa meletus. hehe
Saat udah dinginpun walau di campur tepung beras, gak kaku, masih kenyal-kenyal enak ^^
Oia, hasilnya lumayan banyak lho, 38buah. Sebagian, setelah di gulingkan ke wijen, saya masukkan kotak, dan di simpan di kulkas buat di goreng besok :)

Dan inilah si krucil Akilla minta di foto juga saat makan si onde-onde *yaahh, ketahuan deh, kalau nampannya mungil bin imut-imut* hahaha


4 comments:

  1. sangat membantu ;-) thank you

    ReplyDelete
  2. Mbak adonan yg dimasukin ke kulkas apakah hasilnya sama dengan yg langsung digoreng? Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete