Tuesday, June 4, 2013

curcol bakuler

Biarin dah saya curcol disini, daripada ngendon dihati gak tau mau kemana dikeluarin. Secara teman deket udah pada punya kehidupan masing-masing. Sekarang banyak sih, temen-temen baru yg udah akrab, tp tetep aja gak enak mau cerita. *walaupun dia bisa baca blog ini #bodo amat :p

Jadi gini, sebenernya saya sudah menggeluti dunia jual online, bahasa kerennya onlineshop, awalnya jual baju-baju anak. Laku sih, laris malah, karena saya jual baju yg harganya miring, 10rb-an, kaos-kaos gitu. Tapi waktu itu masih blm paham gimana cara berbakulria, aku ambil laba tipiiisss banget, pikirku "uangnya muter" wes gitu aja. Kalau aku jual offline, jual ke tetangga/teman yg tau barangnya pasti diborong nah sama mereka. Tp kalau di online, banyak yg menanyakan kwalitas barang yg saya jual, krn harga yg miring itu. cuma tanya-tanya akhirnya gak beli. Akhirnya saya bawa semua barang kerumah orang tua di Jember, saya jual ke tetangga dan habiiisss!! cuma nyisa bbrp biji itupun yg saya tinggal di malang. Sejak saat itu saya malas jualan online. *penyerah, gak mboiiiss #biarin :p

Nah, mengisi kekosongan kegiatan ini, aku makin rajin bikin kue. Dari foto-foto yg saya upload ternyata ada yg menanyakan dan mau beli. Antara terima gak terima, akhirnya saya terima juga itu pesanan, padahal itu tart untuk ulang tahun.. hahaha.. untungnya yg pesan hanya pengen RC dengan minim BC dan dekor.. Alhamdulillaaaaaahhh..
Satu dua tiga.. ada aja yg pesan.. Tapi, mulai muncul "keanehan" lagi.. Banyak yg tanya dan inbox bahkan sms, mengenai pesanan kue, mulai dari harga, dapat apa aja, bisa dianter gak, pakai kotak gak, pakai plastik gak, pakai daun gak.. dari A-Z, toh nyatanya setelah itu gak ada kabar lagi, bahkan udah "gak berteman" lagi di FB. Aaahhh, kenapa itu yaa.. ealaahhh ternyata saya yg Oon bin stupit :D
Berbekal kumpulan bakuler di NCC Malang, ngobrol sana ngobrol sini bisa jadi yg tanya-tanya itu adalah bakul juga yg hanya mengecek harga dan servis dari kita BUKAN CALON PEMBELI *tepok jidat :p
Ya sudahlah, saya cuikin aja orang-orang tadi, toh saya bikin kue awalnya juga buat menyalurkan hobi, buat Akilla dan keluarga dan tentunya irit jajan pula. Pluusss,, ini yg paling penting, semua yg masuk dalam mulut Akilla saya tau persis aman untuk dia makan.. :)
Walaupun saya tidak memungkiri, ada kebanggaan tersendiri saat menerima pesanan walau dikerjakan tengah malam :)

Next, bukan hanya itu saja..
Dari hobi masak-memasak, saya jadi rajin beli peralatan dapur. Ada aja yg saya pengen beli. Dari situ saya iseng-iseng mengupload foto yg saya baru beli, iyaahh ingat waktu itu saya membeli  TUNGKU PEMANGGANG ELVINA, karena tidak pernah saya tau alat pemanggang tersebut riwa-riwi di bisnis online. Munculah ide untuk menjualnya. Ternyata responnya Alhamdulillaaaaaahhh.. banyak peminatnya. Bahkan dikirim keluar jawa :)
Sampai suatu saat 3hari berturut-turut dapat komplen kalau barang yg saya kirim retak. Dunia serasa hancuurrr *lebay :p
Akhirnya saya stop penjualan via ekspedisi, hanya melayani dalam kota Malang. Sampai menemukan sesuatu yg aman buat pengiriman *suami ikut mikir, sampai mau dibuatkan pengaman almunium dibawah tungku. Tp sapa juga yg mau masang dan pesan disiapa itu alumunium? *jiaahh makin panjang nah pemikirannya..
Dan sampai saya menemukan bubble warp *udah keliling semalang raya indonesia raya #lebay kumat :p. Bubble warp itu lhoo plastik gelembung-gelembung yg biasanya diplitesi wkwkwk. Insyaallah aman.. :)
Dari pemanggang menjalar ke peralatan masak yg lain yg jarang didapat. Mulai dari cake mould, cetakan lontong sampai plastik-plastik mika. Tapi ternyata gak seperti yg saya bayangkan, ada penjual, ada pembeli, deal, transfer, kirim, nyampai selamat, beres. Aaahh, ternyata saya melupakan pesaing *lagi amnesia :p
Saya melupakan karena apa? yg tanya dan order kabanyakan bahkan hampir semua bukan penjual, jadi saya fine-fine aja. Ternyataaaa, ada yg udah sering tektok dan sering tanya menanya. saya tanpa curiga ternyata oh ternyata bak valentino rossi dan lorenzo *tp tetep lorenzo yg menang :p
Awalnya gak curiga,cuma mbatin, tp lama-kelaman makin kelihatan.. Hmmm...

Inilah dunia bakul, ada kanan, ada kiri, ada penjual, ada pembeli, ada juga pesaing *kali ini harus ingat :p

Tapi, rejeki gak bakal kemana kok.. kalau memang rejeki saya ya bakal menemui sayaa.. Aamiin..

Selamat berbakulriaaaaaaaaaaaaa...........^^
yg sportif yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa ^^

No comments:

Post a Comment