Friday, June 28, 2013

Donat 'kebalik' Kentang Empuk [base recipe Nina NauraCake BKR]

Iyaahh.. yg di facebook-ku isinya cuma gruop masak -___-
Jarang mantengin update status temen. Begitu buka FB yang di klik slalu link ke grup :D
Dan salah satunya BKR, Bakul Kue Rumahan yang ada kompetisi masak memasaknya (ini yg bikin seru:D)
Setelah BMS #1 dan BMS#2 absen gak ikutan. Kali ini gregeten pengen ikutan juga. Walaupun saya sadar masih buanyaaaaaaakkk yang hasilnya lebih baguuss.. Punya saya mah masih di kolong meja.. hihihi
Tak apalah yang penting mulai berani tampil :D

Kali ini BMSnya bikin donat kentang empuk ala Nina Naura Cake.
Emang dasarnya saya yaaa.. kalau bikin sesuatu suka ngrusak resep :D
Tak luput untuk resep yang ini. Bukan resepnya sih, tp caranya. Saya balik seperti bikin donat kebalik ala saya sendiri :D
*tepatnya saya males nguleni adonan roti yang cukup membuat lengan makin berotot :D*
Jadi margarin, gula, kentang dan biang dimasukkan diawal, baru tepung dimasukkan sedikit-sedikit. Karena dengan begini nguleni lebih enteng :D
Hasilnya? empuukkk.. gak beda sama teknik yg biasanya ^^
Suami sampe tanya, "kok empuk banget donatnya?"
Iyah, pake kentang :D
Oh iya, saya cetaknya pakai cookies cutter bunga, jadi berbunga-bungaaa :D
Thanks mbak Nina ^^



DONAT "kebalik" KENTANG EMPUK

Biang:
150ml air matang hangat
11gr ragi instan
1sdm gula pasir
(campur jadi satu, tunggu 10menitan sampai berbuih. Sambil nunggu, siapin bahan yg lain)

Bahan:
75gr margarine
75gr gula pasir
1/4sdt garam
2butir kuning telur
250gr kentang kukus, haluskan (saya pakai chopper, jadi hasilnya lembuuuttt)
500gr tepung protein tinggi

Cara: *ini nih yg saya rusak, saya balik caranya :D*
1. Campur margarin, gula, garam, telur dan kentang. Aduk rata (saya cukup pakai garpu).
2. Tuang adonan biang. Aduk rata.
3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, sampai sekiranya cukup berat untuk diaduk, mulai pergunakan tangan (cuci tangan sebelumnya yaahh :D).
Lanjutkan dengan cara menguleni sampai tepung habis dan tidak lengket ditangan. Tenaaannnggg gak beraaattt.. cukup diumek-umek aja.. hihihi
Kalau saya dua kali nguleni. Yang pertama setalah tepung habis, diamkan 5-10menit. Baru setelah itu uleni lagi. Jadi makin elastis :D
4. Diamkan 30-45menit. Wolaaaaaahhh... adonannya membumbung tinggiii *sayang gak kepoto :(
5. Ambil adonan letakan di meja yg telah di taburi tepung. Bagian atas adonan juga di taburi tepung ya biar gak lengket di penggilesannya. Adonannya lembut banget.
6. Gilas, bentuk. Saya pakai cookie cutter berbentuk bunga. Jadinya berbunga-bungaaaa hihihi
Tapi sebagian masih bentuk klasik, iyah bulaatt bolooonnngg.
7. Diamkan 15menit.
ini donat ndut sebelum di goreng ^^


8. Goreng dengan minyak banyak dan api kecil.
9. Siap di beri topping.
Oh iyaaaahhh.. topingnya pake cokelat colatta hadiah lomba cipta resep Haan :D
Alhamdulillaahhh ^^

hayuukkk dicoba yaa.. dijamin rasanya maknyuuss,,, empuuukkk ^^

2 comments:

  1. seru baca blog ini jadi pengen nyobain semuanya ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuuukkk dicoba ^^
      Saya suka masak tp gak suka yg ribet :D
      Jadi mayoritas resepnya super simple tp rasa yummyyy ^^

      Delete