Wednesday, December 24, 2014

EVENT MASBAR: BLACKFOREST ROLL

Sudah berkali-kali saya mencoba bikin roll cake, tp terbilang sukses. sukses gagal! haha.. Kebanyakan sih cakenya lengket kalau gak gitu pecah. Sebenernya sih mau nangis bombai, tp kuenya kan masih bisa di makan tuh walau hancur haha. Pernah sekali sukses bikin roll cake kukus. Tp saya kurang sreg sama rasa, kenapa ya kalau di kukus bau amis telur itu masih terasa? Yah mungkin bisa di netralisin sama pasta, biar gak terlalu amis. Dan sudah lama berlaluuuu, sampai saya rasanya enggan mencoba lagi. Tetapiii, tertantang oleh event masbar kali ini, hasrat menggebu ingin menaklukkannya! Aahh masa saya gak bisa, harus bisa ah!



Kemaren sore niat banget bikin roll cake kukus yang digambar batik, batik magetan, gambar pohon bambu. Guaya bangeett, masih belajar langsung mbatik hihi. Sukses sih, sukses menggulungnya, rapi tanpa lengket atau patah. Tapi sukses kimpes dan bau amis rasanya seperti makan telur kocok di rebus hiks. Batiknya juga kurang begitu terlihat, kurang pas posisinya. Okeh, dipinggirkan dulu deh itu. Tak menyerah dengan itu, lanjut membuat versi oven. Sungguh saya lagi malas untuk mencoba roll cake resep yg berseliweran di web atau blog, banyak kuning telurnya! Mana telur lagi mahal pula! *hiahaha curhat*. Berbekal coretan di note bertuliskan resep cake potong andalan nandangwuyung yang resepnya bisa dilihat disini, saya utak atik. Intinya sih rollcake itu tepungnya sedikit. Coret sana coret sini, akhirnya memangkas penggunaan tepung dan gula pasir, serta di konversi untuk loyang ukuran 20x20cm. Semoga berhasil!. Tetep menggunakan metode all in one *Akilla yang ngemixer lho hihi*, karena menurut saya hasilnya lebih kokoh dan stabil, gak mudah ambles. Betuull!, hasilnya cantiikk, lapisan atasnyapun gak lengket. Lepaskan dari cetakan, oles wiphedcream, kasih keju parut (adanya cuma itu, sebenernya enakan pakai selai), gulung!. Lapisan atasnya masih mulus *semulus paha, ups!*, tapiii gulungannya tidak padat, dalamnya masih bolong. Buka lagi, gulung lagi. Ini yang membuat saya menyesal, lapisan atasnya lecet kena jari gak mulus lagi. Hiks. Tapiii dari sini bisa jadi pelajaran. Gulunglah dari awal dengan hati mantab dan pede. Penting ini :)). Tak apa, yang terjadi biarlah terjadi. Oles wiphedcream, kasih dcc serut, hias dengan buah cerry. Cantik deh!


Okehlah, kurasa cukup saya mendongeng haha.. Ini resep yang saya pakai, 
 
BLACKFOREST ROLL
by: Puji Rahayu W.

Bahan:

30gr tepung terigu
10gr cokelat bubuk (campuran cokelat van houten dan cokelat noir hitam)
50gr gula pasir
3 kuning telur
2putih telur
1/2sdt cake emullsifier
1sdt air
50gr margarin, lelehkan

filling:
wiphed cream
keju parut

topping:
wiphed cream
dcc serut
cerry
Cara:
Lelehkan margarin, biarkan dingin. Sisihkan.
Siapkan loyang 20x20cm, oles dengan margarin, beri kertas roti dan oles margarin lagi. Sisihkan.
Panaskan oven.
Taruh dalam wadah, tepung terigu, cokelat bubuk, gula pasir, air, cake emulsifier, kuning telur dan putih telur, mixer sampai kental berjejak.
Tuang margarin cair, mixer lagi sampai rata. Matikan mixer.
Tuang dalam loyang dan oven selama 20menit atau sampai atasnya saat disentuh tidak lengket.
Angkat, biarkan sampai hangat.
Keluarkan dr loyang, ambil kertas rotinya, oles dengan wiphed cream dan taburi keju parut.
Gulung dengan bantuan kertas roti. Biarkan sejenak sampai set.
Buka kertas roti, oles permukaannya dengan wiphed cream dan taburi dcc serut, hias dengan buah cerry.
Daaannn.. siap dihidangkan.. teksturnya lembut.. horree berhasiill.. *jingkrak-jingkrak dalam hati :))*
 
Ditata cantik, di foto 
dan ini setor buat @masakbarengyuuk #masakbarengyuuk #masbarrollcake2014 #masbarmalang. Kali ini setornya via Instagram. :)
Semoga saya beruntung *berdoa*. Sukses slalu buat Masak Bareng Yuuk! dengan IG @masakbarengyuuk. Jangan lupa di follow ya.. eh follow saya juga deh haha.. di @puji_nandangwuyung.. 
Makassiiihhh 

2 comments:

  1. Mba maaf aku mau tanya, itu utk coklat bubuknya memang hatus merk itu yah ?
    Kalo pake merk cocoa gmna mba ?
    Maaf lagi baru mau belajar bikin cake nih, trims mba :) (wida)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mb Wida, maaf baru balas ya.. Untuk cokelat boleh pakai merk apa saja :). Untuk cokelat noir itu untuk warna hitamnya aja. Diskip juga gak masalah sih ya cuman jadinya kurang hitam.. :)

      Delete