Tuesday, April 12, 2016

WECI - OTE-OTE - BALA-BALA - HONGKONG - BAKWAN yang renyah!


Weci, bala-bala, ote-ote, hongkong, bakwan, heci atau apalah namanya itu.. menurut saya ini adalah cemilan/gorengan yang banyak di sukai. Apalah arti dari sebuah nama, gitulah kira-kira dari gorengan yang satu ini haha.. Biasanya beda wilayah beda juga sebutannya :). Kalau saya, dari kecil dikenalkan dengan nama ote-ote oleh keluarga dan lingkungan di Jember. Walaupun ada juga yang nyebutnya hongkong *jauh amat ya hongkong haha*. Di Malang sini nyebutnya weci. Di tempat kalian nyebutnya apa kawaaannss?? :D

Saya tertarik bikin weci udang ini karena saat arisan PKK di tetangga disuguhi gorengan ini, tanpa udang sih. Bukan masalah rasa yang bikin saya tertarik tapi bentuknya, mulus beneerrr.. Saya tanya ini bikin atau beli, ternyata bikin. Cetakannya pakai apa? Sendok sayur biasa itu? *wes pokok e banyak tanya, penasaran tingkat dewa haha*. Soalnya saya coba bikin gak pernah sukses bisa mulus ngluarin dari cetakan yang seperti sendok sayur itu. Dan ternyata cetakannya itu beli di penjual perabot keliling yang kelilingnya setiap hari selasa! harganya cuma 3500 rupiaahh! Aaahhh.. selasa besok saya tungguin deh di depan pintu haha. Mau beli selusin! *buat apa coba selusin :p*

Pas hari selasa, beneran saya tungguin tuh penjual lewat, dan lewatlah dia. Langsung tanya cetakan buat weci ada gak? Langsung di sodorin, "ini mbak, tinggal 3 biji". Ya udah beli satu aja deh! haha.. ujung-ujungnya cuma beli sebiji :p Terus dapat pesan cinta dari penjualnya, "ini jangan di cuci air ya mbak,, biar gak lengket"."Lha terus gimana buk?". "Di lap bersih aja pakai serbet atau tissu dikasih minyak sebelum di pakai. Kalau udah di pakai juga gitu, dilap sampe bersih aja pakai tissu bekas minyak saat menggorengnya. InsyaAllah gak lengket kalau buat goreng weci, mbak". Ooohh siaapp bu, dilaksanakan! hihi. Seperti ini penampakan sutil weci nya hihi

Gagangnya dari kayu, jadi enak gak panas :) Mau coba juga? silahkan berburu sutil weci di pasar dan jangan di cuci hehe.

Okelah kalau udah dapat sutil wecinya, monggo praktek bikin weci sendiri dirumah :)
Saya bikin gak begitu banyak ya, ya cukup buat cemilan sore keluarga kecil kami. Saya tambahin udang di atasnya, mumpung ada stok hihi. Kalau gak ada skip aja gak masalah :)


WECI - OTE-OTE - BALA-BALA - HONGKONG - BAKWAN yang renyah!
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
100 gr tepung terigu buat gorengan *saya pakai merk lencana merah, bogasari - ini hasilnya bisa lebih renyah*
3 sdm tepung beras 
1 sdm tepung kanji
1 butir telur
2 batang daun bawang, iris halus
1 buah wortel, potong korek api kecil-kecil
garam, gula secukupnya *maafkan lupa gak nakar :D* -- atau bisa di ganti penyedap rasa biar rasanya mirip kaya di penjual gorengan pinggi jalan
Air secukupnya  *lagi lagi gak nakar*
Udang, buang bagian kepala 

Cara membuat:
Campur tepung terigu, tepung beras, tepung kanji, garam dan gula dalam mangkok, masukkan telur dan air secukupnya, aduk pakai ballon wishker.
Masukkan daun bawang dan wortel, aduk rata.
Panaskan minyak dalam wajan, cukup banyak ya.. 
Goreng sedikit saja adonan sampai matang, cicipi, koreksi rasa. Kalau udah pas ya lanjut goreng, kalau kurang garam ya tambah garam. Kalau keasinan, tambahin sedikit tepung dan sedikit air.
Dan untuk kekentalannya, saya suka weci yang gak terlalu padat, jadi ini adonan saya bikin agak encer, gak begitu kental :) *semoga gak bingung deh :p. Next saya bikin lagi dan saya takar ya :)*
Celup sutil weci dalam minyak panas sampai sutinya itu juga panas.
Angkat sutilnya, isi dengan adonan weci dan seekor udang, celup dalam minyak panas. Goyang-goyang perlahan agar atasnya muncul printilan printilan renyah. Tapi kalau mau atasnya mulus, ya biarkan saja dalam minyak panas sampai adonan weci tersebut bisa terlepas dari sutilnya.
Goreng sampai kuning matang. Angkat.
Lakukan sampai adonan habis.
Siap disantab bersama cabe rawit ataupun sambal petis. Nyaaammm.. 

Lumayan hasilnya sepiring saji hihi, malah sama si Bapak juga di bikin lauk makan hihi


Sudah berhasil bikin weci udang, sudah berhasil juga bikin tahu isi, sudah berhasil juga bikin lumpia, sudah berhasil juga bikin martabak telur, besok buka warung kopi dan jualan gorengan ah. haha.. Mantab bener itu.. Cita cita suami itu.. Bikin warung kopi! Semoga terlaksana :)Aamiin.. :)

1 comment:

  1. Gak bisa mbak, tetap saja lengket, hiks dibuang akhirnya adonannya :(

    ReplyDelete