Friday, July 11, 2014

KALDU AYAM

Awalnya bikin kaldu ayam ini buat MPASI si Akilla. Wes pokoknya pas MPASI Akilla itu asal muasal mencoba sesuatu yg semuanya homemade. Semua apa yang masuk dalam mulut Akilla itu harus dari tangan dan dapur saya. Walaupun saat itu saya masih bekerja, tp MPASI Akilla gak boleh terlewatkan. Bangun malam-malam menyiapkan bahan makanan termasuk kaldu dan dimasukkan di slowcooker, pagi, bangun tidur sudah siap. Iyah saya sangat terbantu sengan adanya slowcooker. Jadi gak ada alasan ibu bekerja anaknya di beri makanan instan dengan alasan ibunya sibuk, big no for me! :D

Kaldu ayam atau sapi biasanya saya bikin sekaligus seliter, ditaruh cup-cup kecil, di bekukan di freezer. Kalau mau makai ya tinggal ambil dan "plung" masuk dalam slowcooker. Simple! Gak hanya kaldu, pure sayurpun sering begitu, kalau mau makan, tinggal di biarkan suhu ruang trus angetin deh di rice warmer, beres! hihihi. Oke, saat ini saya share aja cara bikin kaldu ayamnya saja yaa.. hehe. Paling enak bikin kaldu ayam itu dari ayam kampung. Tp terserah juga sih, kalau mau pakai ayam ras juga gak masalah :). Saya bikinnya ini dari 1 dada ayam kampung. Karena bagian ayam lainnya udah di bikin ayam goreng rempah hihihi. Kalau mau bikin dari satu ekor utuh, bahan-bahannya dikalikan saja. Atau hanya bikin dari separuh bagian ayam saja.. Fleksibel lah intinya hehe.. Yang penting bikin kaldu ini harus sabar ngrebusnya biar kaldunya keluar, kalau saya api keciiiilll direbus selama 1jam. Kaldunya gurih dan ayamnyapun empuukkk.. hehe


KALDU AYAM
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
1 dada ayam (boleh ayam utuh atau hanya separuh bagian ayam)
1,5liter air
2batang bawang prei, ambil bagian putihnya saja
2batang seledri (batangnya saja, tidak pakai daunnya)
1/4bagian bawang bombai (bisa di skip)

Cara:
Rebus air sampai mendidih, masukkan ayam. Aduk-aduk sebentar, matikan api. Buang air rebusan dan busa kotorannya.
Didihkan 1,5liter air, masukkan ayam, bawang prei, batang seledri dan bawang bombai. Tutup panci.
Rebus dengan api keciiilll selama 1jam.
Angkat dan siap di gunakan sebagai kaldu ayam.

Hasilnya nanti sekitar 1200-1300ml kaldu ayam. Bisa di pisahkan di wadah-wadah kecil, masukkan kulkas/freezer untuk di gunakan seperlunya atau bisa langsung di gunakan saat itu juga. Kalau saya sih kemaren bikin ini untuk soto ambengan ala www.diahdidi.com. hehe

No comments:

Post a Comment