Sunday, July 13, 2014

DAWET IRENG

Dawet ireng rasanya khas, karena pewarnanya alami, dari abu merang. Merang atau jerami adalah batang padi. Batang padi yang sudah kering, di bakar, di hancurkan, jadilah abu merang. Nah abu merang ini campur dengan air, diendapkan, airnya inilah yang di gunakan sebagai pewarna alami untuk pembuatan dawet ireng. Malah kalau orang jaman hahulu air merang yang telah diinapkan semalaman bisa digunakan sebagai shampoo lho hihihi.. Bikin rambut makin hitam. Tp itu sih katanya ibu saya :D.


Back to dawet ireng ya.. Sekarang ini lagi musim panen. Kebetulan deket rumah sini ada sawah. Sambil main sore sama si Akilla saya mungut merang. Saya diemin dulu dirumah belum sempat diolah. Eehh, kemaren saya coba cari kok ya gak ada, entah hilang kemana. Jadi tadi pagi-pagi abis mandi main kesawah lagi sama Akilla. Hmm.. ternyata sawahnya banyak yang sudah di tanami padi. Jadi merangnya sudah tidak ada. Nyari ke petak sawah yang lain yg belum di ditanami padi, tp gundukan merang yang biasanya banyak, skrg juga sudah lenyap, alhasil kami nyabuti satu persatu di sisa-sisa batang padi yang masih tertancap. hehe.. Dapat gak banyak, gak papalah cukup buat dawet ireng. Nyampe rumah saya cuci, jemur lagi sampai kering, bakar, hancurkan, campur sama air, diendapkan. Baru di olah menjadi cendol dawet ireng. Ternyata, abu merangnya kurang banyak, jadinya gak hitam, tp abu-abu haha.. Seperti ini jadinya,

Untuk pembuatannya hampir sama dengan dengan dawet labu kuning, cuma kali ini pakai campuran tepung hunkwe dan tepung beras. Tekstur cendol yang dihasilkan nanti lembut, gak begitu "berat" saat kita meninumnya. Saya lebih suka cendol yang mak "slurut" masuk mulut, glek glek seger hehehe.


DAWET IRENG
by: Puji Rahayu W.

Bahan Cendol Ireng:
40gr tepung beras
40gr tepung hunkwe
550ml air merang
1sdm gula pasir
1/2sdt garam

Pelengkap:
sirup gula jawa
santan matang

Cara:
Campur semua bahan cendol, aduk rata. Masak dalam panci dengan api kecil dan terus diaduk. Masak sampai meletup-letup dan matang.
Sediakan air matang dalam wadah, cetak cendok diatasnya. Lakukan sampai habis.
Siap digunakan.

Penyelesaian:
Tuang dalam gelas sirup gula jawa, cendol ireng, santan.  Siap dihidangkan, bila suka bisa ditambahkan es batu.

Dan dawet irengpun siap sebagai sajian buka puasa. Segeeeeerrr...

2 comments:

  1. Ibuku jg pernah mengalami shampoan pake merang teh...
    Haha.. maklum orang jaman dulu.. huhuhiii...

    Ini ada rasa ngeres nya ga teh...? Belum pernah pake abu merang...
    Padahal di kampung sini gampang dapetin merang...
    Rasanya gmn teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. padahal kalau rajin pakai shampoo merang rambut jadi hitam lho, mbak.. tp ya itu ribet bikin, mending beli shampoo pabrikan haha..

      Nggak ngeres, mbak.. kan di endapkan atau di saring pakai saringan yang halus lubangnya :)
      Rasanya gimana ya? hmm.. rasa dawetnya sih manis gurih haha.. kalau cendolnya gak ada rasa yg berbeda sih, mbak.. Cuma ya ada sedikit sensasi makan makanan yg campurannya abu hihihi.. Katanya sih abu merang ini juga berfungsi sebagai pengenyal dan pengawet alami.. selebihnya saya belum begitu memehami :)

      Delete