Monday, May 12, 2014

SUP SUM-SUM TULANG SAPI

Sup sum-sum tulang sapi ini emang bener-bener ngangenin, sensasi menyeruputnya itu yang susah di lupakan. Dan ada "kenyil-kenyil" yang menempel di pinggir-pinggir tulangnya itu sesuatu banget saat berusaha di "krikiti" atau di lebih mudah dengan cara diiris pakai pisau steak :D. Pluusss, rasa sup yang semakin gurih karena kaldu tulang dan sum-sumnya. Srupuuuutttt, makin yahuuudd!.


Tulang sapi ini bagian dari dengkul/lutut kaki sapi yang berisikan sum-sum. Kalau tulang bagian lain gak ada sum-sumnya. Sumsum tulang sapi ini adalah jaringan lemak yang berada dalam rongga bagian dalam. Sum-sum tersebut berfungsi sebagai pusat pembentukan sel-sel darah baru, berupa sel darah merah ataupun sel darah putih. Selain itu sumsum juga mengandung lemak yang berupa lemak jenuh dan kolesterol. Sedangkan sumsum yang dihasilkan oleh tulang belakang berwarna lebih putih daripada sumsum dari kaki. Sumsum tulang belakang juga merupakan tempat dibentuknya sel darah, baik itu sel darah merah atau sel darh putih yang tentunya banyak mengandung zat besi. Oleh sebab itu seseorang yang yang kekurangan zat besi, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sumsum, selain makan daging merah dan hati tentunya. Tetapi dengan catatan jangan terlalu banyak karena kandungan kolesterol dari sumsum sangatlah tinggi yang tentunya akan memicu penyakit lainnya. (sumber: disini)
Tapi dari sumber yang disini, saya memperoleh informasi tentang manfaat yang di dapat dari si sumsum ini, yaitu,
- meningkatkan fungsi otak intelegensi anak
- memelihara tulang dan gigi
- mencegah dan mengobati osteoporosis
- meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh
- mempercepat proses penyembuhan pasien cidera/patah tulang
Dari ulasan diatas intinya baiklah bagi tubuh, selama kita mengkonsumsinya dalam batas wajar, gak berlebihan. Jangankan sum-sum, makanan apapun kalau berlebihan juga gak baik kan? :)


Sayangnya tulang sapi begini susah di dapat, kalau gak emang pesan di penjual daging sapi atau di tukang sayur. Walaupun pergi kepasar sendiripun itu gak pasti dapat, sudah dipesan sama pembeli lain. Kalaupun dapat tanpa pesan terlebih dahulu itu berarti lagi beruntung hehehe. Nah kemaren lusa dan lusanya lagi hihihi itu ibu sayur bawa tulang sapi tapi cuma sebiji. Lha kalau cuma sebiji bisa rebutan sama si Akilla hahaha. Akhirnya saya gak beli, tapi pesan besok dibelikan 3biji hehe. Tapi baru kemaren di bawakan. Okelah tak apa.. :)

Sedangkan untuk bumbu dan caranya supnya masih sama dengan postingan yang lalu, tp yang ini pala bubuknya aku banyakin, yang biasanya saya hanya pakai 1/4sdt, kemaren saya kasih 3/4sdt.. wuiiihhhh, makin haruuummm.. dan makin sedep jadinya. Akilla saja seneng nyruputi kuahnya saja hehe.. seger, gurih, harum buah pala. Bapaknya Akilla juga gitu, sruuuttt sruuuutt sruuuuutttt.. segeeerrr...
Isian sayurnya sesuai apa yang ada saja, kemaren saya hanya isi kentang, wortel dan buncis saja. Kalau ada sosis, jagung manis, brokoli makin siiippp.. Dan kemaren cuma ada tambahan 50gr lemak sapi, pengen tetelan daging sapi tapi gak ada. Aaahh, tp begini saja sudah lenyap dalam sekejap haha.
Ini bagian kenyil-kenyil yang gak kalah mengasikkan dengan nyruput si sumsum,

Dan ini langsung dari pancinya haha.. pating glundung tulangnya :D

Okedeh, silahkan di coba yaa.. dan nikmati sensasinya.. hehe

No comments:

Post a Comment