Tuesday, May 6, 2014

PUMPKIN CAKE GFF

Nah itu dia olahan si kabocha kemaren yang telah di belah dan dikukus trus dibikin pure. Berhubung sudah janji sama temen yang anaknya tanpa mengkonsumsi gluten, karena anaknya berkebutuhan khusus. Janji itu sudah lamaaaa sekali, entah kapan tepatnya. Gak janji sama temenku sih, tp sama diriku sendiri. Soale anaknya ini kan temen sekolah Akilla, setiap kali Akilla bawa kue bergluten, anak temenku ini gak bisa makan. Jadi muncullah pengen bikinin buat anak tersebut. Dulu sepet bikin pie susu yang free gluten juga, tp kok ya malah tak campur cokelat bubuk, weleeehhh podo ae gak boleh untuk anak berkebutuhan khusus. Nah kemaren akhirnya menyempatkan diri bikin yang free gluten, masih tetep dengan tepung GFF. Tepung apa itu, klik aja lagi di postingan pie susu :)


Cake ini tanpa bahan pengembang, kecuali emulsifier buat penstabil, biar kocokan telur gak cepet turun. Dan ini hasil uji coba, jadi hasilnya belum maksimal, masih agak rapuh dibagian atasnya, tp lembut banget tekstur cakenya. Yang bikin kecewa itu, saat di dalam oven, aduuuhh cantik banget bisa ngedome, eehhh saat atasnya sudah kecokelatan kok malah ngimpes di bagian tengah. Hmm.. kemungkinan ini kurang tepung atau kebanyakan minyak, atau mungkin next pakai margarine saja. Kemaren saya bikin di cup dan di loyang persegi panjang, loyang loaf gitu ya.. hehe.. gak paham sayaa.. :D Nah yang di cup tekstur cakenya berserat lembut, gak begitu rapuh. Eh, yang di loyang loaf rapuh banget teksturnya, hiks.. Tapiii yang bikin seneng banget adalah warna dari cake ini, byuuuhhh kuningnya cantik bangeeettt.. padahal hanya dari si kabocha.:) Seperti ini,

Cantik kah kuningnya? Sekarang mari disimak resepnya :)

PUMPKIN CAKE GFF
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
3butir telur
1sdt emulsifier (saya pakai merk Quik 75)
120gr gula pasir
100gr tepung GFF
150gr pure kabocha kukus
80ml minyak
1/4sdt garam

Cara:
Mixer telur, gula pasir, emulsifier sampai mengembang dan kental berjejak.
Turunkan kecepatan mixer sampai speed rendah, masukkan pure kabocha. Aduk rata.
Masukkan tepung GFF sedikit demi sedikit. Aduk rata.
Tuang minyak goreng dan garam. Aduk rata. Matikan mixer.
Tuang dalam cup atau loyang yang telah dialasi kertas roti.
Oven 25menit atau sampai kuning kecokelatan. Angkat, dinginkan.
Siap di hidangkan.

Naahh, dari resep tersebut dan hasil yang didapat, sepertinya minyak cukup 50-60ml saja atau bisa digantikan dengan butter atau margarine yang di lelehkan terlebih dahulu. Biar tidak rapuh dan tekturnya lebih padat. Oia, untuk saya yang suka manis, takaran gulanya pas, tp untuk yang gak suka manis, bisa dikurangi takaran gulanya :)

Yang ini yang di taruh loyang, jadinya lebih rapuh
Dan ini tangan mungil si Akilla nggoda mamanya, ngambilin chocochip warna warninya hihihi

Dan pumpkin cake ini sudah meluncur ke rumah teman, semoga anaknya suka.. :)

2 comments:

  1. Mb...ini cenderung kering ya cakenya klo pake minyak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak kok mba Dhee2n.. lembut malah menurutku.. dan kalau bisa di cetak pakai cup aja dari pd loyang loaf.. hasilnya lebih lembut pakai cup :)

      Delete