Wednesday, February 19, 2014

Kepiting Asam Manis

Siapa yang gak ngiler kalau liat kepiting asam manis ini? Gurih daging kepiting, manis bumbu sausnya, asam seger dari tomat, sedikit pedas dari merica dan yang pasti ada sensasi memecahkan cangkang capit kepiting. Duuhh sesuatu banget.. 

Mari makan kepiting lagi, setelah sekian lama gak makan kepiting. hihihii. Ceritanya, kemaren sore Bapaknya si Akilla pulang kerja bawa kepiting hidup, katanya beli di pinggir jalan. Alhamdulillah, makasih ya, pak.. hehe.. Akillapun antusian liat kepiting yang selama ini dia tau hanya dari gambar aja. qiqiqi. Tapi dia berhasil mengenali tanpa memberi tahu itu hewan apa. "Kepiting, Ma!" Beneerr, cah ganteng :)


Dimasak apa ini terus? Ya ya ya yaaa... Andalan saya ya cuma kepiting asam manis. Masak dengan bumbu yang lain belum pernah nyoba sih. Alah gapapa wes, yang penting semua pada doyan. Dan tadi pagi setelah direbus sebentar, biar mati hehe.. Takut tercapit kalau langsung dibersihkan hidup-hidup. Setelah di cemplungin air mendidih, aduk-aduk sebentar, pastikan kepiting sudah mati. patokan saya sih, kaki-kaki kepiting sudah pada terlepas, itu tandanya sudah mati hehe. Dan 6ekor kepiting saya ambil satu ekor untuk dibikin nasi goreng kepiting buat sarapan dan bekal sekolah Akilla. Biar makannya gak kesulitan. Ntar makan siang dirumah saja yang merasakan sensasi "ngletak" alias memecahkan cangkang kepiting. Tadi sedikit aku suapin Akilla sebelum di bumbui apa-apa, rasanya sudah manis gurih. Eee, Akilla malah bilang, "enak ma.. lagi, ma..". Ya nanti nak, ini untuk nasi goreng. Sesaat nasi goreng kepitingnya mateng, dan lap lep Akilla menyendok sesuap demi sesuap sampai habis. Alhamdulillah..

Dan yang 5ekor sudah siap di olah asam manis. Berikut resepnya, simpel dan cepet bikinnya.

KEPITING ASAM MANIS
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
5ekor kepiting ukuran sedang
5siung bawang putih, cincang
1buah bawang bombai ukuran sedang, potong-potong
3buah tomat, potong-potong
2cm jahe, keprek
merica
garam
gula
saus tomat
saus sambal
Air

Cara:
Tumis bawang putih, bawang bombai dan jahe sampai harum.
Masukkan tomat, tunggu sampai tomat layu dan hancur.
Tuang air secukupnya. Aduk rata.
Tambahkan saus tomat secukupnya.
Bumbui dengan garam, gula dan merica. Cicipi. Serasa sudah pas, masukkan kepiting yang sudah di bersihkan.
Aduk rata. Tunggu beberapa saat supaya bumbu meresap. Angkat siap disajikan.
Nah, dirumah ini kan ada balitanya, jadi 2 ekor saya angkat terlebih dahulu, sisihkan. Selebihnya saya tambah saus sambal biar rada pedes. Nah ini buat si Bapak.

Mudah kan? Mari makan kepiting ^^

No comments:

Post a Comment