Monday, February 10, 2014

Pie Susu

Awalnya mengenal pie susu dari bali, yang waktu itu saya makan rasanya masih enak, manis, gurih gitu. Setelah itu baca-baca resep, berlajar di grup LangsungEnak.net akhirnya belajar bikin sendiri. Enak sih, tapi waktu itu kulit pienya mudah hancur. Setelah sekian lama, gak sengaja waktu pulang mudik dari Jember bulan lalu. Ada gerombolan anak kuliahan dari Palembang yang lagi berwisata keliling jawa-bali-batam. Weewww.. senangnya dan pasti anak orang berduit. hehe.. Nah, ada anak cewek membuka bungkusan dan isinya pie susu bali. Disodorkanlah ke Akilla. Yang makan sih si Akilla, tapiiii emaknya boleh juga dong nyicip sedikit. Tapiiii, kenapa kok gak sama yang dulu aku makan yaa... Kulitnya gak empuk, dan yang pasti gak manis.. Ada sih sedikit -sedikit manisnya, susunya gak terasa, gak gurih lagi. Dan yang pasti terlihat, makin tipiiiisss... Ealaaahhh..

Ya sudah nanti kapan-kapan mau bikin sendiri ah, dirumah juga ada cetakan pie kecil-kecil. Tapiii, saya selalu kesulitan membuat pie yang kecil-kecil, kok gak cantik blas gitu jadinya.. hehe.. Mending bikin yang gedhe sekalian deh, berarti harus beli loyang pie yang bongpas, alias bongkar pasang biar mudah ngeluarinnya. Sekian lama gak beli-beli. Keburu pengen bikin. Akhirnya, kemaren bikin juga. Pakai cetakan apa? Hahaha.. *malu*. Pakai saringan santan yang dari alumunium itu wakakakak. Cuma tingginya separuh aja, biar cepet mateng dan gak kebanyakan cairan. Dari 200gr tepung terigu jadi satu loyang 18cm dan 8buah pie kecil-kecil. Lumayan lah, buat cemilan. Akilla dan bapaknya suka, apalagi setelah masuk kulkas, dingin-dingin manis enak deh.. hehe.


 
PIE SUSU
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
Kulit Pie
200gr tepung terigu protein rendah
100gr margarin
2-3sdm air es
Isian susu:
200ml susu kental manis
200ml air
1sdm tepung maizena
3butir kuning telur
1/8sdt perisa vanilla susu L'arome
Cara:
Untuk adonan kulit, campur semua jadi satu. Tapi bukan diuleni, cukup di remas-remas sampai seperti butiran pasir. Baru di kepal-kepal untuk di tipiskan. Cetak dalam cetakan pie. Saya kemaren pakai ukuran 18cm dengan ketebalan sekitar setengah centimeter. dan 8 cetakan pie kecil. Sisihkan.
Untuk isian susu, campur semua jadi satu. Yang bikin wangi ya si L'arome itu, wangiiiinya saya suka. Tuang dalam kulit pie.
Oven selama 1jam dengan api sedang.
Dinginkan, siap di hidangkan.

Iyah, ada bagian kulit yang sedikit gosong, bukan karena apa. Karena saya megangnya agak goyang sewaktu masih mentah, jadi isian susunya mleber ke kulitnya. hehe.. Tapi tak apalah yang penting sudah terobati pengen pie susunya.. Karena rasanya renyaahh, gak muprul lagi, karena saya gak pakai kuning telur di adonan kulit. Kalau pengen agak muprul pakai kuning telur juga gak papa. Dan isiannya cukup manis walau tanpa gula * ya iya lah wong pakai skm wakakakak*. 
Nyaaaaaaammm..

2 comments:

  1. mantap ide cetakannya mbak, pake saringan santan, inspiratif..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. ini namanya kreatif alias kere_aktif hehe.. makasih.. :)

      Delete