Saturday, February 8, 2014

BAKSO IKAN

Gini inih kalau jari ibu rumah tangga. Tiap hari pasti dituntun pintar memutar otak untuk membuat menu makan harian. Dan belanjannya di tukang sayur yang tiap hari lewat depan rumah. Yang dijual ikan, ayam, udang, cumi, daging dan telor. Dan muter itu aja yang diolah. Bosen kalau makan itu-itu muluuu.. Nah saatnya sang ibu ini dituntut untuk lebih kreatif. huehehe..

Nah seperti olahan satu ini. Biasanya bakso kan dari daging ayam atau daging sapi. Kali ini bikin bakso dari daging ikan. Ikan tongkol pula. Hanya itu sih yang ada di tukang sayur. hehe.. Ada sih daging ayam, tapi kemaren udah bikin sate ayam. Masak hari ini ayam lagi.. no no nooo... :D. Ikannya bisa diganti ikan apa saja. Tapi lebih enak kalau pakai ikan tengiri, tp sayang pagi ini tukang sayur gak bawa. Padahal enak lho, gak perlu memfillet ikannya lagi. Karena yang di jual sudah daging ikan yang sudah di fillet. Kalau ikan tongkol ini masih "ungkulan" alias masih lengkap dengan kepalanya haha.. tak apalah.. mari diolah :)


Olahan yang tidak begitu menyita waktu sih menurutku. Karena hanya bikin bakso aja. Entah juga kalau mau bikin siomay atau tahu bakso juga. Aaahhh sepertinya makin ajib ya.. hehe.. Tapi tak apalah, bakso ikan segera menemani makan hari ini.. :)

BAKSO IKAN (TONGKOL)
by: Puji Rahayu W.

Bahan Bakso:
400-500 gr daging ikan (tadi itu belinya ikan dengan berat 600gr, mungkin kalau hanya tinggal daging ya sekitar 400-500gr-an, lupa gak nimbang :D)
50gr air es atau es batu (hukum fiskositas, 1gr = 1ml untuk air. haha.. Inget jaman kuliah :D)
50ml putih telur
50gr tepung tapioka
5siung bawang putih, goreng
2sdt garam
1/2sdt merica bubuk

Cara:
Giling ikan pakai chopper beserta bawang putih sampai halus.
Masukkan air es, putih telur. Giling lagi.
Masukkan garam, merica bubuk dan tepung tapioka. Giling kembali sampai halus dan rata.
-- Kenapa kok bertahap? Gak dimasukkan aja jadi satu? Hmm.. Hasil baksonya akan lebih kenyal kalau tepung di masukkan belakangan walaupun tanpa bahan pengenyal kimia :) --
Siapkan panci berisi air panas.
Bulat-bulatkan dengan cara di "clotot", diremas dan dikeluarkan melalui sela-sela jempol dan telunjuk. Seperti bikin bakso-bakso pada umumnya gitulah.. saya susah nuliskannya hehe.
Sendokkan ke panci berisi air panas. Jangan lupa sendoknya juga dicelupkan air panas, biar gak lengket saat ambil adonan bakso yang di tangan :). Lakukan sampai habis.
Nyalakan kompor, dan didihkan kembali sampai semua bakso mengapung semua. Biarkan sejenak biar matang sampai dalam. Angkat. Sisihkan. 

Bahan Kuah:
300ml kaldu sapi
500ml air
3siung bawang putih, goreng
merica bubuk
garam
gula

Cara:
Tuang kaldu sapi dan air dalam panci. 
Masukkan bawang putih goreng yang sudah dihaluskan.
Bumbui dengan garam, merica dan sedikit gula. Cicipi.
Serasa sudah pas tunggu sampai mendidih. Sisihkan

Pelengkap:
Daun bawang
Daun seledri
Bawang goreng

Penyelesaian:
Ambil beberapa butir bakso. Siram dengan kuah bakso. Taburi daun bawang, daun seledri dan bawang goreng. Siap disajikan. Jika suka pedas bisa pakai saus sambal atau bikin sambal bakso sendiri. Saya tadi pakai saus sambal saja hehehe

Teksturnya mirip bakso sapi ya.. Warnanya juga mirip hehe

Bari kawan sekalian kita nge-bakso ^^

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. hebat bun.. kreatif... bole cobAin resepnya yaa...

    ReplyDelete