Sunday, September 28, 2014

BROWNIES 500 - SETENGAH KILO

Setelah sebelumnya sukses dengan triple chocolate river brownies, kali ini melanjutkan niat membuat brownies 500 atau brownies setengah kilo resep Bunda Nicke DKania Hoesein. Sungguh menggiurkan liat komposisi yang seragam, serba setengah kilo, gampang mengingatnya pula. Terlebih lagi banyak yang posting hasilnya yang mampu membuat air liur menetes dengan sendirinya. Ada shinny crustnya, tekturnya padat, lembut dan pastinya nyoklat abis. Sapa pula yang gak ngiler coba? Dan bagi choco lover seperti saya wajib ddi coba! Percayalah, rasanya nyoklat abis.. Pas sama selera saya yang suka type brownies yang lembek-lembek lengket gitu, bahasa kerennya fudge yaa.. eh apa chewy.. Alah apalah itu istilahnya saya lebih suka brownies yang gak spongie. Daaann, makasih resepnya, bunda Nicke :)

Nah tapi begini kalau pengen makan brownies tp bikinnya setengah hati alias pakai acara malas segala. Jelas-jelas di resep ditulis "dimixer" saya cuma di campur begitu saja, telur dan gula di kocok lepas aja gitu pakai whisker. Alhasil tidak muncul shinny crustnya, ada sih, cuma dikiiiittt hihihi.. Mungkin ngocoknya kurang kuat kali yaahh.. *alah skalian aja pakai mixer aja kaleee, gak capek* hihihi. Tapi soal rasa, juara! Nyoklat, manisnya pas! Waktu manggangnya juga saya cuma 15menit, jd teksturnya masih lengket dalamnya, atasnya udah bisa keras.. Renyah di luar, dalamnya lembut.. seeeppp.. Ini yang saya sukak!. Dan jadi saya tau, yang memunculkan shinny crust itu adalah adanya pengocokan telur dan gula. Gak sampai mengembang lembut seperti bikin cake sih, cukup sampai gula larut dan cara pengocokan telurnyapun acak, wes pokoknya mixernya di putar-putar berlainan arah, yg penting gula cepet larut (seperti pada pembuatan brownies sungai). Okeh deh, noted! Next harus diingat! ^^

BROWNIES 500 - SETENGAH KILO
by: Bunda Nicke Dkania - NCC

Bahan:
500gr DCC/cokelat blok
500gr gula pasir
500gr telur (8telur)
500gr tepung terigu protein sedang
50gr cokelat bubuk
250gr margarin/butter
250gr minyak
(boleh di ganti margarin semua atau minyak semua yang penting jumlah semua 500gr)

Cara:
Panaskan oven.
Siapkan 4loyang brownies, alasi kertas kue.
Tim DCC dan margarin di tempat masing-masing, sisihkan.
Mixer telur dan gula sampai gula larut.
Masukkan tepung terigu dan cokelat bubuk yang sudah di campur dan diayak.
Masuk DCC dan campuran margarin dan minyak. Aduk rata.
Tuang dalam loyang.
Oven sampai matang (saya hanya 15menit)
Dan pastikan anda dalam keadaan perut siap menampung, karena pasti gak akan berhenti mengunyah sampai sendawa keluar dari mulut anda hahaha..
Wenaaakkk jeess!! Nyoklaaattt!!

Baiklaaahh, selamat menikmati chocolate loveerr.. ^^
Ssstttt!, saya cuma bikin 1/4resep yaahh, cukup satu loyang saja hehe

4 comments:

  1. Mba. Mau nny. Pake loyang ukuran brp?

    ReplyDelete
  2. kalo pake loyang 20x20 jadi 2 loyang bukan mba dan kalo bikin hanya 1/2 resep berarti hanya 1 loyang 20x20 kan ya mba ?

    ReplyDelete