Thursday, November 14, 2013

Cheddar Cheese Cake Tart with Chocolatte Decor

Bikin ini bener-bener dengan niat sepenuh hati, tanpa mempertimbangkan ini dan itu. Dan saya bikin seenak mungkin hehe. Saya biasanya perhitungan dengan bahan-bahan agak lumayan berat di kantong dan seneng ngrusak resep wakakak.
Tapi ini saya ikuti dengan cermat, tanpa perhitungan dan optimis sukses. Walau ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. hahaha

Base cakenya pakai Cheddar Cheese Cake punya mbak Ricke-OrdinaryKitchen. Cokelat Curlnya juga ngintip disana. Thanks full atas sharing ilmunya.. ;)

Satu resep dengan 3telur sebenernya untuk loyang 18cm. Tp saya konversi dengan 5 telur. Tetep sih pakai loyang 18cm, tp sisanya saya pakai loyang 10cm (2pcs, tp tipis ternyata). Kenapa begitu? Karena si cake yg 18cm gak mungkin lah di potong duluan, jadi bikin di loyang kecil, saya pengen nyicip haha.. Dan pasti si krucil Akilla ini juga gak sabar kalau mamanya bikin kue untuk segera mencicipi :)



Ini yg di loyang 10cm, ketipisan, seharusnya cukup satu loyang aja kali ya.. :)

Resep saya tulis ulang ya..

Cheddar Cheese Cake
by: Riche-OrdinaryKitchen


Bahan:
130gr susu cair
40gr butter (saya pakai BOS)
125gr keju cheddar parut
20gr tepung terigu
15gr tepung maizena
3kuning telur
1sdt parutan jeruk lemon (saya pakai jeruk sunkis)
3putih telur
90gr gula kastor (gula pasir diblander)
1sdt air jeruk lemon (saya pakai air jeruk nipis)

Cara:
1. Tim susu cair, keju dan butter sampai semua larut. Tunggu sampai hangat.
2. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena yg telah diayak.
3. Masukkan kuning telur dan parutan jeruk lemon. Aduk pakai wisk aja :). Sisihkan.
4. Kocok putih telur dan masukkan gula kastor dan air jeruk lemon secara bertahap. Kocok sampai soft peak, kaku tapi masih lembut dan mengkilat.
5. Ambil sebagian putih telur, masukkan ke adonan keju. Aduk pancing gitulah kalau kata-kata ibu-ibu di dunia perbakingan hehe. Kemudian campur keduanya dengan spatula, diaduk balik saja biar nyampur.
6. Tuang dalam loyang 18cm yg telah dilapisi kertas roti.
7. Panggang dengan metode au bain marie (dialasi dengan loyang berisi air mendidih) dengan suhu 150-160C selama 75-90menit/permukaannya menjadi kuning kecokelatan, tergantungg kondisi ovennya masing-masing.
Saya tadi malah sampai 2,5jam haha.. Gara-gara apinya kekecilan, tp alhamdulillah sukses juga kuenya, gak bantat :)
8. Diamkan cake didalam loyang sampai dingin, pinggir-pinggirnya akan membuat celah. Goyang-goyang lembut, balikkan dan letakkan dipiring saji.
9. Siap dihias. Atau dimakan begitu saya sudah nyumi bangeeett.. Ngejuuuu.. Lembut, gak pake dikunyah, langsung meleleh di lidah.. hehe

Sambil nunggu matangnya cake yg 2,5jam itu hehe, saya bikin buttercreamnya,

Buttercream
by Puji Rahayu W.

Bahan:
125gr margarin putih
125gr soft cream
50gr gula pasir dilarutkan dalam 50ml air, dibuat simple sirup.
Susu kental manis sesuai selera (saya pakai gak pakai ukuran, dicicipi, dirasa sudah pas dilihah ya dihentikan)
sedikit garam

Cara:
Mixer kecepatan tinggi margarin putih sampai lembut dan ringan.
Masukkan soft cream, mixer sampai mengembang.
Masukkan simple sirup, garam dan susu kental manis. Mixer rata.

hasilnya buttercream yg berasa banget susunya hehe

Tantangan gak berhenti disitu saja. Walau cake sudah matang, buttercream juga sudah jadi. Hiasan cokelat nya ribeeettt eiuy.. hahaha.. Step by stepnya saya posting setelah ini ya.. Istirahat duluuu.. :)
Dan seperti inilah hasil akhirnya..


Masih perlu banyak belajar lagi.. Tp seru banget bikin tart di dekor dengan cokelat, tinggal tempel-tempel doang, gak belepotan dengan buttercream hehe

Dan inilah ekspresi si Akilla,

Dialah warna warni keluarga kami, kecerian seorang bocah usia 2thn yg sangan memberi arti dan pelajaran bagi kami sebagai orang tuanya. Selalu menjadi penyemangat dan harapan. Thanks, son.. Muaaacchhh..

Satu lagiiii,
Aseli deh cake ini melatih kesabaran, bikin cakenya lama, bikin dekor cokelatnya juga lama, njlimet (bagi saya) bikin satu-satu. Tapi, dengan cake ini saya bisa sabar membuatnya, berarti saya juga harus bisa lebih sabar lagi dalam menghadapi kehidupan rumah rangga kami, sampai menikmati hasilnya yg lembut, dan nyumi banget seperti cake ini yang ngeju dan nyoklat.. nyuumm.. hehe

Semoga keluarga kami selalu dilimpahkan kemurahan hati,diberi kemurahan rejeki, kesehatan, kelancaran, kebahagiaan dunia akherat dan bertabur cinta dan kasih sayang. Aamiin..

4 comments:

  1. Happy anniversary mg jdi keluarga yang bahagia dunia n akhirat,keren keren kuenya ;). Ngiri-ngiri liat kue dengan dekor mendekormu puji..cepet buka bakery :) -evi-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. makasih, evi.. :)
      hayuk mari belajar bareng, saya juga masih belajar ini :)

      Delete
  2. bunda... soft cream itu apa ya bund..????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soft cream itu kalau dipasaran merknya, HOLLMAN atau merk Merry Whip :)
      Semoga membantu ya.. :)

      Delete