Thursday, May 16, 2013

[dibalik] Donat Klasik

Lama gak ngeblog nih. Gara-gara modem pingsan (tepatnya pulsa abis,haha), mudik ke magetan plus sibuk ngurusin jualan.hihihi (alhamdulillah, masih lancar :) )

Truuuss, yg paling sebel nih.. dikasih tau temen kalau postinganku di copas sama blog orang yg hanya untuk mencari iklan. hoosshhh.. Sebenernya udah lama aku pengen mendisable klik kanan, tp gak tau caranya *krukupan sarung :p
Akhirnya dikasih tau caranya.. Aku coba klak klik klak klik kok ya blm berhasil. eh ternyata tamplete nya yg gak mensuport. Ya udah ganti tamplete deh. Alhamdulillah sudah berhasil.. :)
Terima kasih buat mbak Diah Didi, sudah ngasih info dan ngajari mendisable klik kanan.. :)

Back to Donat,

Kali ini dapat pesanan donat 120pcs. Waks! gimana nguleninnya ya? Ah, pake teknik kebalik dengan resep yg udah aku posting sebelumnya. Aku bikin dari 3kg tepung terigu, dibikin 2 kali ngadonin. Biar lebih cepet, nyampur margarin, gula telurnya aku mixer :D Baru setelah itu nyampur tepungnya pake tangan. Diuleni sampai kalis, diemin 45 menit. Istirahat dulu sebentar, sambil nunggu adonannya mengembang.
Baru 15menit kemudian, ngadonin lagi sisanya. Adonan kedua selesai. Di proofing. Nunggu 45menit lagi.
Nah, langsung aja adonan yg pertama di cetak.  Sambil nyetak sambil nggoreng donat yg udah mengembang. Begitu selesai. Adonan kedua dicetak juga, goreng. Bereesss dalam waktu 3jam! tinggal moles sama BC dan mesis. Nunggu si kecil pules dulu kalau ini, biar gak di acak-acak.hahaha
 
Donat menul sebelum di goreng

Udah di pack, siap antar ;)
Sekedar info, untuk 120pcs donat ini, butuh 1/4kg BC dan 1kg mesis. :)

Memang ya, kekuatan Tuhan itu tiada tara. Gak ada yg meragukan. Contohnya lengan saya ini, nguleni tepung 3kg, seandainya pakai mesin harus pake mesin khusus roti yg harganya yang sampai saat ini aku masih geleng-geleng kepala (padune ra iso tuku :D). Aahhh, syukur alhamdulillah banget.. Maturnuwun Gusti :)

No comments:

Post a Comment