Friday, August 28, 2015

PERPADUAN YANG PAS ANTARA AYAM BAKAR & PECEL TERONG!

Entahnya kenapa saya suka paduan 2 masakan ini, ayam bakar dan pecel terong. Awalnya, saya hanya menyantap ayam bakar hanya dengan sambal terasi ala warung lalapan lamongan dan lalapan. Tetapi akhir-akhir ini setiap bikin ayam bakar slalu saya padu padankan dengan pecel terong. Rasanya pas banget menurut saya. Sambal kacangnya saya bikin sendiri, rasanya gak seberapa strong dan pedas seperti umumnya sambal pecel, mungkin lebih cocok di sebut sambal kacang kali ya.. hihi. Bikin 2 versi, versi tidak pedas sama sekali *buat Akilla lah ini tentunya ;)* dan versi agak pedes. Kenapa agak pedes? Karena si bapak gak doyan teroonng :p. Mau makan sih, paling cuma se iris, tidak lebih. Klenyer-klenyer gimana gitu katanya hihi. Padahal enak lhooo. Iya kan? 




Untuk resep sambal terasi ala warung lalapan lamongannya sudah pernah saya posting sebelumnya, bisa di klik disini :) Sedangkan untuk resep ayam bakarnya juga masih sama dengan yang sebelumnya, ada disini. Cuma yang ini pakai ayam negeri, bukan ayam kampung. Dan di panggang biasa dengan panggangan yang di tangkringkan diatas kompor, jadi gak bisa eksotis. Kalau mau agak gelap permukaannya ya di oven aja ;)

Naahh, disini saya share untuk resep sambal kacang atau sambal pecelnya ;)


SAMBAL KACANG ala SAMBAL PECEL
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
100gr kacang tanah, goreng
2 sdm gula merah, sisir
2 siung bawang putih, goreng
1 buah cabe merah, goreng
3 buah cabe rawit, goreng
seujung kuku kencur
1/2 lembar daun jeruk purut
1 sdt air asam jawa
1 sdt garam

Cara:
Blander semua bahan dengan air secukupnya sampai menjadi adonan kental. Tes rasa, dikira sudah pas, siap di sajikan bersama terong yang yang sudah di kukus.

Selamat makan siang..  :)

No comments:

Post a Comment