Friday, September 13, 2013

BIKA AMBON

Apa yg ada pada pikiran anda mengenai foto ini?


Mantab bener ya seratnya.. hihihii

Tertantang dengan postingan teman-teman di grup LangsungEnak mengenai kue bika ambon medan. Selama ini yg saya tau bikinnya ribet bener, harus loyang panas, dikasih pasir, oven di buka dan bla bla balaa.. Apalagi bikinnya dari banyak kuning telur, kalau gagal, nangis bombai lah :)). bikin saya keder dan malas untuk mencoba. Tapi dengan resep Mbak Fah Umi Yasmin spertinya saya makin tertantang krn banyak teman-teman yg sukses cantik dengan resep tersebut karena gak seberapa ribet dan disertai tips tips pembuatannya :)



BIKA AMBON
by Fah Umi Yasmin

Biang:


1 sdm ragi instan
60 ml air hangat
1 sdm gula pasir
1 sdm tepung terigu serbaguna
Cara: Campur semua jadi satu, diamkan 15menit sampai berbuih.

Bahan:

400ml santan kental, direbus dengan 6lembar daun pandan, 2batang sereh, 20lembar daun jeruk, biarkan menyusut sampai 300ml (diaduk-aduk biar gak pecah). Sisihkan, biarkan dingin.
10kuning telur ayam
150gr tepung kanji/tapioka
1/2sdt garam
250gr gula pasir.

Cara:

Campur tepung kanji, gula dan garam. Masukkan biang aduk pakai tangan.
Masukkan satu persatu kuning telur sambil diuleni.
Tuang santan sedikit demi sedikit sampai habis. Uleni sekitar 20menit.
Diamkan selama 4 jam.
Panaskan baking pan yg sudah di oles minyak sampai bener-bener panas. Tuang adonan ke dalam baking pan.
Tunggu sampai keluar gelembung-gelembungnya (saya, 20menit).
Tutup baking pan, kecil kan api. Tunggu 10 menit/sampai matang.
Tunggu hangat/dingin, potong-potong.
Dan woalaaaaa.. *menyeringai puaaasss! seratnya mantaaabbb.. Aroma pandan, jeruk dan serehnya menggelitik di hidung.. nyuummm..


berseraatt.. bersarang banyak :)

Saya bikinnya cuma setengah resep -telurnya lagi di sayang-sayang- dan meminimalisir jikalau gagal :))
Pakai baking pan diameter 20cm, jadinya tipiiss.. -gak masalah yg penting seratnya baguuss- *nyombong #jitak :))
Dan ragu-ragu antara loyang di oles minyak atau enggak. akhirnya memilih tidak di oles minyak dengan asumsi pakai santan, pasti ntar jg keluar minyaknya. Ternyata lengket saudaraaa.. hehe.. tp gak lengket-lengket banget sih, di iris pinggirnya pakai pisau, dikasih rongga, di balik diatas piring jatuh sendiri kok ;) Malah bagus, bagian cokelat -gosong-nya tertinggal di loyangnya hihihi


Dan rangkuman tips yg saya peroleh dari sharing di grup langsungenak,
- Bisa dipanggang pakai baking pan, tanpa masuk oven (yg sperti saya lakukan)
- Jika tidak punya baking pan, bisa menggunakan wajan/loyang tebal/loyang martabak dikasih pasir, baru loyang biasa yg di gunakan. Setelah itu ditutup pakai tutup panci biasa, biarkan sampai matang dengan api kecil.
- Atau bisa juga setelah 3/4matang, masukkan kedalam oven untuk proses pematangannya.
- Loyang di panasi terlebih dahulu sampai bener-bener panas, tuang adonan. Masukkan dalam oven dengan pintu oven terbuka. -ini yg menurut saya ribet- hehe

Daaann, silahkan anda pilih sendiri pengen nyoba dengan cara yg bagaimana, yg pasti resep diatas menurut saya sudah mantab beneeerr, aroma nya wangi, kenyal, dan yg penting bisa bersarang bagus ^^
Trimakasih buat Mbak Fah atas sharing resepnya dan temen-temen langsungenak yg udah share tips-tipsnya ;)

Selamat mencobaaaaa.. ^,^

6 comments:

  1. Hebat mbak saya salut dengan gambar hasil percobaan nya. Saya sudah mencoba membuat bika ambon ini sebanyak 4 kali dengan berbeda cara memanggang dan juga resep yg ditemukan dari hasil google tapi saya selalu menggunakan oven atau convection microwave oven yg sudah tentu ribet krn hrs buka tutup tapi demi kepingin berhasil tetap saya lakukan tapi hasil nya tetap saja seperti Wingko Babat,ha!. Yang saya kurang jelas disini adalah "adonan dituang dibaking pan dan tunggu sampai keluar gelembung2 selama 20 menit" itu maksud nya baking pan nya langsung diatas api kompor langsung? atau bagaimana?. dan juga yg saya ingin pertanyakan disini waktu memanggang dengan cara begini memerlukan waktu berapa lama mbak?. Terima kasih atas info nya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal, mbak :)

      begini,
      * pertama, baking pan (alas dan loyangnya) di panasin diatas kompor sampai panas (tanda panas, tuang sedikit adonan, kalau udah bunyi ceeeesss, berarti udah panas).
      * Selanjutnya, tuang semua adonan, tunggu sampai keluar gelembung-gelembung selama 20 menit. atau tinggal bagian atas yg masih lembek/basah.
      * Tutup loyang dengan tutup baking pan-nya. Kecilkan api (bener-bener keciiiiillll), soalnya ini untuk pematangan atas dan bawahnya tidak gosong. Tunggu kira-kira 10 menit.

      Jadi total waktu selama proses ini saya membutuhkan waktu 30 menit.

      Semoga membantu ya, mbak :)

      Delete
  2. Waah terimakasih sekali atas penjelasan nya mbak. .. Saya akan mencoba nya lagi. Semoga Allah membalas budi baik mbak yg telah sudi membantu saya. Aamiin YRA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kembali, mbak.. :)
      selamat mencoba dan semoga sukses :)

      Delete
  3. Kalau pakai oven seperti cara paling bawah ya? Oven dibuka...brp lama mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu yg saya belum pernah nyoba pakai oven mb Selma.. Tapi yang pasti lebih lama daripada pakai baking pan.. :)

      Delete