Saturday, September 21, 2013

Cake Ulang Tahun Bersama TKK MARDI WIYATA - MALANG [Teknik BC Transfer]


Alhamdulillah, tetangga ada yg pesan kue tart untuk ulang tahun di sekolah anaknya. Di sekolahnya ada acara ulang tahun bersama, jadi setiap 3 bulan akan ada acara ulang tahun rame-rame. Yg ulang tahun di bulan tersebut dirayakan jadi satu. Kali ini ulang tahun periode juli - agustus - september.

Maunya cake yg besar, biar kelihatan di antara banyak anak. Lhaa sebesar berapa, budgetnya brp.. huehehe.. Maunya yg ukuran 40cm, tinggi 20cm, tp tak sebutin harganya bilang gak sanggup. Akhirnya deal dengan ukuran 30x20cm tinggi 12cm dengan 3 lapisan cake (3 resep) dan sponge cake, resep ada disini, bukan brownies. Dan dengan bentuk yg standart cake aja, tanpa di bentuk-bentuk. Okdeh, masuk lah budget segitu, itung-itung buat tetangga sendiri aja lho ;)

Eaahhh, sehari sebelumnya (kamaren) kok minta yg bentuk-bentuk, untung cm sms, jadi tak jawab "iya" gitu aja.. Lha cakenya sudah mateng, tinggal poles buttercream. Jadinya aku tambahin logo dari sekolah tersebut, aku bikin dengan BC Transfer. Padahal baru kali ini bikin dengan cara BC transfer. hihihi.. Nekat! Sekalian belajar, hihihii
  • Siapkan gambar yg di cetak terbalik, alasin dengan kardus/triplek (apa aja yg penting kaku), dan buttercream sesuai warna yg ada di gambar.
    --gak bisa bikin kuning, jdnya agak orange hehe--
  •  Mulai menggambar diawali dengan bikin garis-garis kemudian bagian gambar bloknya.
  • Setelah semua selesai, tutup dengan buttercream sesuai dengan warna dasar buttercream di  cakenya. Bekukan di freezer sampai tidak lengket lagi di plastik.

Jadi aku menjiplak logo tersebut, di gambar di atas plastik, dibekukan dan di tempelin di cake nya.
Pikirku, tunggu Akilla bobok aja dulu baru "nggambar". Eaaahhh.. ternyata tak semudah yg kubayangkan. Susyaaahhh, leher kaku kebanyakan nunduk. hehe.. Wong emang dasarnya gak bisa gambar wkwkwk. Gak hanya disitu, membekukannya pun butuh waktu yg lumayan agak lama (15 menit aku cek masih nempel di plastiknya). Waktupun udah jam 10 malam, aku udah keburu ngantuk kalau nunggu keras si BC (maklum Akilla bobok, emaknya ikutan molor :)) ). Akhirnya aku tinggal tidur, pasang alarm, jam 3 pagi bangun.

Aku cek di kulkas, udah beku, tempelin. Logonya beres. Walau masih belum begitu rapi hihihii..
Eaahh ternyata tulisannya patah.. Duuhh,, nggambar lagi dr awal untuk tulisan, sekalian revisi, ternyata tulisannya gak cukup. Aku coba tulis langsung di atas cake hasilnya makin gak karu-karuan (kekuranganku disini, gak bisa nulis yg bagus di atas cake atau cokelat hiks). Balik lagi bikin BC transfer untuk tulisan aja. Untung kecil, jd cepet beku, padahal waktu udah pukul 5.40 pagi. 20 menit lagi diambil -sesuai janji, akan diambil jam 6pagi).

Dekor pinggir semula mau bikin pagar, ternyata buttercream putih tinggal sedikit (kebanyak yg dibikin warna hitan,hiks). Jadi, cukup dioles begitu saja trus di bikin gerigi pakai segitiga gerigi. Ternyata terlalu tinggi, segitiganya kekecilan. Gak habis akal, pakai pisau bergerigi aja, eaahh ternyata buttercreamnya malah nempel di pisau. Jadi arahnya ke atas, untuk menggindari buttercream lengket terlalu banyak di pisau. Tak apalah.. Abis itu di bikin rumput-rumputan biar ada coraknya, gak polos.
Dekor pinggir, done!


Dekor atas? lagi-lagi terkendala buttercream, duh duh duuhh.. Bikin rumput putih aja hahaha.. kelihatan penuh tp gak begitu banyak menghabiskan buttercream. Done!
Tempel tulisannya, hiasi dengan springkle, bereess..!! Jam 5.55 pagi, di foto dan Alhamdulillah.. :)
Dan beginilah hasil akhirnya,

Selamat ulang tahun mas Bian.. Dan trimakasih buat mamanya yg udah pesan cake ke mamanya Akilla, semoga berkenan ^,^

2 comments:

  1. itu plastik yg buat alas bc transfernya plastik apa mb?? tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai mika sampul yang transparan, mbak.. :)

      Delete