Sunday, January 27, 2013

KUE MANGKOK

Jajanan tradional ini banyak dijual di pasar-pasar, banyak juga peminatnya. Tp, kalau yg dijual rasa manisnya hanya "ukur-ukur" aka gak seberapa manis. Kalaupun manis, manisnya bukan dari gula asli melainkan sari manis yg bikin tenggorokan sakit.huhuhuu..
Ada tape dirumah, uji nyali bikin kue Mangkok. Mekar gak ya.. haha
Ini pakai resepnya NCC. Tapi aku pake tape nasi dan badheg tape (air tape) sbg pengganti air soda.

Cetakan cucing yg aku pake bentuknya lebar kurang tinggi jd kurang mekrok menurutku.. Tp, lumayan lah,bisa ngakak. Hehe.. 
Rasanya menul-menul.. hehe
Bahan:
125 gr tape singkong (aku pakai tape nasi)
175 gr gula pasir
100 gr tepung terigu
150 gr air
75 gr gula pasir
200 gr tepung beras
200 ml air dingin
150 ml air soda (aku pakai air/badheg tape)
1 sdt baking powder

Cara membuatnya:

1. Campur tape dan 175gr gula pasir, aduk rata sampai halus.sisihkan
2. Campur tepung beras dan air dingin, uleni sebentar, sisihkan.
3. Masak air dan 75gr gula pasir hingga mendidih dan gula larut, tuang sedikit demi sedikit kedalam tepung terigu sambil diaduk hingga rata.
4. Campur adonan tape dengan adonan tepung beras, uleni hingga licin, lalu campur adonan ini dengan adonan tepung terigu, uleni terus hingga rata.
5. Masukkan baking powder, aduk rata, lalu tuangi air soda sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan encer. Saring.
6. Bagi menjadi 2 bagian, masing-masing beri pewarna merah dan hijau. (aku bagi 3 warna, plus warna ungu :D)
7. Panaskan cetakan kue mangkok dalam kukusan beruap banyak, tuangi cetakan dengan adonan. Kukus 20 menit. Angkat.
Note: Melepas kue mangkok tunggu cetakan agak dingin ya, biar mudah di lepas dan halus permukaannya :)

2 comments:

  1. Resep ini jd berapa biji mbak?by vina

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh maaf.. lupa saya mbak.. jadi berapa bijinya.. tergantung besar kecilnya cetakan juga :)

      Delete