Tuesday, November 10, 2015

BAKSO DAGING SAPI KOMPLIT dan TIPS MEMBUAT BAKSO KENYAL

Sebenernya sudah beberapa kali bikin bakso daging sapi tapi belum pernah di posting hihi. Dari bikin, habis, bikin lagi sampai habis lagi ya kadang gak di foto kadang fotonya masih anteng di laptop :D Naahh, tapi kali ini di posting ya.. Saya share resep bikin bakso dan tips-tips selama pernah bikin bakso sapi sendiri :)

Emang ya bikin bakso sendiri bentuknya gak bisa secantik yang dijual, tp masih tetep bulet kok haha. Dan dapat dipastikan ini aseliii daging sapi tanpa campuran bahan kimia apalagi borak! Hiii seremnyaa.. Kali ini bikin baksonya ada beberapa macam, bakso urat, bakso halus, bakso telur, bakso goreng dan bakso tahu. Banyak yaa.. Padahal mah cuma bikin dari 250 gr daging sapi yg tanpa lemak dan 250 gr daging sapi urat (biasanya buat rawon, atau orang sini nyebutnya daging rawonan). Oia belinya skalian beli tulang sapi juga ya.. Buat kaldu kuahnya atau beli sumsum sapi lebih mantab rasa kuahnya. 

BAKSO DAGING SAPI
By: Puji Rahayu W.

Bahan Bakso Halus:
250 gr daging sapi tanpa lemak/daging khas dalam
3 siung bawang putih, goreng (atau juga bisa tanpa goreng)
2 sdt garam (bisa juga garam + bumbu penyedap)
1/2 sdt merica bubuk
150 gr es batu
50 gr tepung tapioka/kanji/sagu
50 ml putih telur (1 buah putih telur ukuran besar)

Cara membuat:
Masukkan daging sapi, bawang putih, garam, merica bubuk, es batu dalam food prosesor. 
Giling sampai bener-bener halus dan lembut. 
Masukkan tepung sagu, giling sampai tercampur rata.
Terakhir baru masukkan putih telur. Campur rata. 
Note: nah ini ternyata yang bikin bakso agak kenyal. Saya bilang agak kenyal, karena bakso homemade tidak sekenyal bakso di abang jualan. Bisa sih kalau pakai bubuk agar-agar (aman kok ini) atau borak! hahaha. sereemmm! Kerena pernah bikin tidak seperti step by step diatas, asal campur semua atau putih telur di masukkan di awal, baru tepung, menghasilkan bakso yang empuk, tidak kenyal)
Taruh dalam wadah, tutup dan diamkan dalam kulkas sekitar 1 jam.
Siapkan air panas dalam panci.
Keluarkan adonan bakso dari dalam kulkas, basuh rangan dengan air es.
Bulat-bulatkan adonan bakso diantara ibu jari dan telunjuk (you know lah cara bikinnya kan? haha)
Setelah semua dibulatkan, hidupkan kompor dengan api kecil, masak bakso sampai mengapung dan matang secara keseluruhan. Gunakan api kecil ya, biar baksonya gak pecah dan hasilnya tetep kenyal.
Siapkan air es (atau campuran es batu + air), tiriskan bakso dan masukkan dalam air es. Biarkan sampai baksonya ikut dingin, baru tiriskan dan letakkan dalam wadah. 
Note: dengan cara di masukkan dalam air es, bakso ini akan lebih awet, gak cepet basi. Biasanya kan kalau di taruh kulkas bbrp hari aja udah agak berlendir, ini kemaren saya coba sampe seminggu masih bagus dan rasanya masih sama. Kalau mau lebih awet ya masukkan dalam freezer ;)

Untuk bakso halus ini saya bikin beberapa jenis bakso. 
~ Sebagian saya masukkan dalam tahu goreng, cara masaknya sama aja dgn bikin bakso biasa, direbus gitu aja sampai mengapung dan matang (ini kelemahannya, tahu cepet basi, banyak air yang masih tersimpan dalam tahu). Atau bisa dikukus sampai matang (nah ini bikin tahu lebih awet krn kandungan airnya tidak banyak).


~ Sebagian lagi saya isi dengan telur puyuh, sama seperti bikin bakso halus biasa, cuma dalamnya diisi telur puyuh.


~ Sebagian lagi saya goreng. Siapkan minyak banyak dalam penggorengan dengan api keciiilll, bulatkan dan masukkan dalam minyak. Goreng sampai bakso mengapung dan matang. Angkat dan tiriskan. Nah ini gak sempet di foto karena habis duluan sama si Akilla. Bikin 12 biji, 9 biji di makan langsung, sebiji saya nyicip, tinggal 2 biki buat poto yg edisi bakso komplit hihi

Teruuuss, resep dan cara membuat bakso uratnya sama persis resepnya dengan resep bakso halus, cuma pakai daging yang ada uratnya. Jangan lupa di potong kecil kecil, biar gak nyangkut di foodprosesor tuh uratnya hihi. Karena uratnya gak bisa putus, cuma dagingnya aja yang hancur. Ini baksonya enak lho, jadi kenyol kenyooll mirip cilok haha.. Tapi ini cilok elite ya, aseli daging sapi bukan tepung kanji hihi.


Setelah semua siaappp, kita lanjut bikin kuah. Disini saya pergunakan tulang sapi seberat 300 gr jadi 1200 ml kaldu sapi. Pertama bikin kaldunya saja dulu ya.. Tulang sapi atau sumsum sapi rebus dengan sekitar 1500ml air dan 1-2 batang batang seledri. Rebus dengan api keciiilll selama 1 jam (atau bahkan lebih agar rasa kaldu sapinya lebih berasa). Setelah satu jam, saring kaldu, biar bersih. Nah ini bisa di olah sebagai berbagai macam masakan. Atau di bekukan buat stok. Kalau mau masak, tinggal cemplung. Enak kan? :) Tapi ini sekarang saya pakai semua buat kuah bakso :)

KUAH BAKSO
By: Puji Rahayu W.

Bahan:
1200 ml kaldu sapi
1200 ml air (kalau mau lebih terasa lebih soft, diganti kaldu sapi semua it's oke)
6 siung bawang putih, goreng, haluskan.
5 sdt garam  (sesuai selera)
3 sdt royco kuah kakso (saya baru tau juga ada royco rasa kuah bakso hihi, banyak di jual di supermarket, rasanya lebih soft ketimbang royco rasa yg lainnya) - bisa di skip dan di ganti garam
1/2-1 sdt merica bubuk

Cara membuat:
Didihkan kaldu sapi dan air.
Masukkan bawang putih, garam, royco dan merica bubuk.
Didihkan kembali. Siap digunakan.

Pelengkap:
Daun bawang, iris tipis
Seledri, iris tipis
Bawang putih goreng, hancurkan
Sambal bakso

Penyajian:
Ambil beberapa bakso halus, bakso urat, tahu bakso, masukkan dalam kuah, biarkan sampai mengapung/panas.
Tuang dalam mangkok dan taburi dengan daun bawang, seledri dan bawang putih goreng.
Siram dengan kuah bakso yang panas.
Siap disajikan bersama sambal bakso: cabe rawit dan bawang putih yang di kukus/rebus, haluskan, beri sedikit kuah bakso. 


Ahaaa!! Bakso siap dinikmati dikala hujan turun begini. Mantaabbb!!

2 comments:

  1. Gan, rasanya bisa seempuk kalau pakai mesin bakso gak? :D

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.

    ReplyDelete