Wednesday, November 25, 2015

OSENG KIKIL PETE CABE IJO

Kikil, sebenernya sama aja ya kulit sapi lah intinya. Cumaaa.. kalau kikil ini bagian kaki, lebih kenyal dan tebel. Biasanya di pakai buat rawon kikil atau tahu campur lamongan. Kalau cingur itu bagian muka sapi, lebih tebel dan ada sedikit lapisan berotot seperti daging. Biasanya di gunakan pada rujak cingur. Kalau kulit sapi bagian badan, disini kami nyebutnya cecek, lebih tipis. Biasanya buat pelengkap makan gudeg. Tapi semua saya sukaa.. :D

Nah, yang saya masak ini adalah kikil. Kebetulan di pak sayur kok ada, beli lah sebungkus berat sekitar 300gr. Dapat yang kikil bakar jadi masih rada keras. Jadi saya cuci bersih dulu, rebus pakai daun salam. Baru di potong kecil-kecil dan siap diolah. Ada pete juga, cabe ijo juga.. Langsung terpikir bikin oseng kikil pete cabe ijo. Pasti sedeeepppp dan pasti menghabiskan nasi sebakul haha..



OSENG KIKIL PETE CABE IJO
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
300gr kikil sapi
2 papan pete, iris jadi 2
5 buah cabe ijo (suka² deh mau berapa banyak 😁), iris serong
3 siung bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
1 lembar daun salam
¾ sdt garam
1 sdt gula pasir
Sedikit kecap manis
Laos (saya gak pakai, lagi gak ada 😝)
Sedikit air

Cara membuat:

Kalau dapat kikil yg rebus, tinggal cuci bersih potong².. Karena sudah empuk.
Saya dapat kikil bakar jd rada atos, saya cuci bersih, rebus sebentar sama daun salam. Potong-potong.
Beri sedikit minyak di wajan, tumis bawang merah, bawang putih, cabe ijo, daun salam dan laos sampe harum.
Masukkan kikil dan pete. Aduk rata. Beri sedikit air.
Bumbui dengan garam, gula dan kecap manis. Aduk rata.
Cicipi biar sesuai selera.
Angkat, jangan lupa matikan api 😁
Siap disajikan.

Wes talah walaupun cuma menu oseng-oseng begini bikin nambah nasi :D
Oia, kalau mau motret makan aja dulu biar gak buru-buru motretnya haha.. *seperti saya*


Selamat makan siang semuaaa.. ^^

No comments:

Post a Comment