Thursday, May 28, 2015

HOT CWIE MIE MALANG ALA NANDANGWUYUNG

Hahaiii.. Akhirnya kesampaian juga bikin mie semacam ini. Bukan apa sih, cuma karena Akilla dan si Bapak doyan sama yang namanya mie. Kalau keluar dan mampir buat makan, kalau gak beli ikan bakar, ayam bakar ya si mie ini. Dan sejak saat itu pengen rasanya bikin sendiri. Tapiiii belum punya cetakan mie nya. Sampai-sampai dulu pernah bikin mie di potongi manual pakai pisau. Akibatnya? Nasib talenanku ancuurr hihi.. Aaahh lupakan talenan ancur.. Mari menatap masa depan.. Eiisshh bahasaku rek :))

Beberapa hari lalu ada tetangga nang nawarin mie basah, katanya sih enak. Ya sudah saya nitip sekilo jadi 12 gulungan. Siippp laahh,, mari segera dieksekusi! Bahan-bahan sudah siap semua, tinggal menjalankan prosedurnya.. *opomaneh iki omonganku hahaha*


Pertama, fillet ayam dari tulangnya. Disini saya punya 1/2 dada ayam tp montok tuh ayam haha.. Saya timbang sekitar 350gr lebih. Dagingnya dapat 300gr-an. Separuh saya bikin ayam tabur dan separuh lagi saya bikin ayam krispi. Eitt tulangnya jangan buru-buru dibuang, dibuat kaldu kuahnya :).

Dan lanjut bikin ayam tabur dulu ya..

AYAM TABUR
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
150gr daging ayam
1siung bawang putih
1/2 sdt garam
sedikit merica bubuk

Cara:
Haluskan semuanya. Bisa pakai food prosesor atau grinder biasa. Kalau pakai grinder ditambah air biar bisa halus. Semua sama-sama bisa.
Tuang dalam wajan, jerang dengan api keciiiilll, sambil diaduk-aduk sampai berbutir-butir.
-nah disini terlihat bedanya antara pakai food prosesor dan grinder, yang pakai grinder akan lebih lama keringnya karena mengandung lebih banyak air-
Sisihkan.

Sementara itu bikin kuah kaldunya,

KUAH KALDU AYAM
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
Tulang ayam
1siung bawang putih tanpa kupas *dicuci dulu yaak!*
1liter air
1/2sdt garam
sedikit merica bubuk

Cara:
Rebus air sampai mendidih, masukkan tulang ayam dan bawang putih.
Kecilkan api, jerang sampai keluar kaldunya.
Bumbui dengan garam dan merica bubuk.
Sisihkan.

Lanjuuutttt,

AYAM KRISPI
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
150gr daging ayam
2siung bawang putih
1sdt garam
1butir putih telur
1/4sdt merica bubuk

Pelapis tepung:
100gr tepung terigu
10gr tepung beras
10gr tepung tapioka
½sdt garam
Sedikit merica bubuk
(Aduk semua jadi satu)

Cara:
Potong daging ayam kira-kira sebesar jari. 
Haluskan bawang putih bersama garam dan merica bubuk. Masukkan putih telur, aduk rata.
Masukkan daging ayam, aduk rata. Diamkan beberapa saat agar bumbu meresap.
Ambil satu persatu ayam berbumbu kemudian gulingkan ke campuran tepung pelapis. Goreng dengan api sedang sampai matang.
Sisihkan.

Lanjuuuuutttt bikin saus pedas asam manis,

SAUS PEDAS ASAM MANIS
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
2siung bawang putih
1/2sdt merica
4-5sdm saus sambal
2sdm saus tomat
1sdt garam
2sdm gula pasir
air secukupnya
1sdm kecap manis
1/2butir bawang bombai
1buah paprika 
sedikit air jeruk nipis/lemon
1sdt tepung maizena+sedikit air

Cara:
Cincang kasar bawang putih
Potong panjang bawang bombai
Potong panjang paprika
Tumis bawang putih sampai harus, tuang air secukupnya.
Masukkan bawang bombai dan paprika.
Masukkan saus sambal dan saus tomat.
Bumbui dengan garam, gula dan merica bubuk. Aduk rata.
Beri kecap manis dan air jeruk nipis. Aduk rata. Cicipi. Serasa sudah pas beri larutan tepung maizena sebagai pengental.
Angkat dan sisihkan.

Bereeeesss, tinggal rebus mie dan sawi. Dan bumbu pelengkap di mangkok. Dan ini gongnya!


HOT CWIE MIE MALANG ALA NANDANGWUYUNG
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
Mie Basah
Sawi
 
Bahan bumbu pelengkap:
1/3-1/2 sdt garam
1/4sdt merica bubuk
1sdm kecap asin
sedikit minyak wijen
1sdm minyak goreng (bekas goreng bawang merah, lebih sedeepp)

Taburan:
Ayam tabur
bawang merah goreng
daun bawang cincang

Pelengkap:
Ayam Krispi
Saus Pedas asam manis
Kuah kaldu ayam

Cara:
Campur semua bahan bumbu pelengkap dalam mangkok, aduk rata.
Masukkan mie dan sawi yang sudah direbus sampai matang, aduk rata.
Taburi dengan ayam tabur, bawang goreng dan daun bawang.
Beri beberpa potong ayam krispi dan siram dengan saus pedas asam manis.
Sandingkan dengan kuah kaldu ayam yang di beri potongan daun bawang.
Wooosshhh! Siaaappp dihidangkan!

Mantaabbb bukan?

Ini satu yg kurang, mangkoknya gak bisa dimakan haha.. Kalau punya kulit pangsit yg lebar, bisa tuh digoreng menyerupai mangkok. Mirip dah sama yg hot cwie mie malang beneran. ;)

Walau perjalanannya panjang, tapi terbayarkan saat menyantapnya dengan tanpa tolah toleh tau-tau habis.. :)
Selamat makan :)

2 comments:

  1. itu bawang putihnya 1 siung, bukan 1 buah yang ada banyak itu kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu siung saja mbak.. Satu butir kecil itu..

      Delete