Saturday, January 24, 2015

DONAT KENTANG



Apa yang ada dalam pikiran Anda lihat foto donat diatas? biasa aja, pengen nyomot, pengen bikin apa pengen muntah? haha.. Apapun yang dipikirkan, saya senang karena bisa makan donat :p

Ini donat kentang, jadi dapat dipastikan ini empuk, tapi tidak padat karena pakai tepung protein sedang. Jadi donatnya tidak bisa gendut, hanya mengembang melebar saja, tidak membulat. Sesuai lah dengan harapan saya, makan doyan yang tidak terlalu berat. Terus metode yang saya gunakan masih setia dengan metode dibalik, jadi tepung dimasukin belakangan. Karena dengan begitu lebih enteng untuk nguleninya, hasilnyapun lebih lembut. Cobain deh, pasti ada perbedaan antara bikin donat dengan cara semestinya (tepung diawal) dengan metode dibalik (tepung diakhir) :)

Ini resepnya cuma bikin 250gr tepung terigu, jadinya 19biji dengan berat masing-masing 30gr, jd gak terlalu besar. Dan dijamin makan satu pasti kurang, minim 3biji haha

DONAT KENTANG 
by: Puji Rahayu

Bahan biang:
75ml air hangat
1,5sdt ragi instan
1sdt gula pasir
(tuang air hangat dalam wadah cukup besar (mug/mangkok), taburi ragi instan dan gula pasir, biarkan selama 10-15menit sampai berbuih)

Bahan:
35gr margarine
40gr gula pasir
¼sdt garam
1butir kuning telur
125gr kentang kukus, hancurkan
250gr tepung terigu protein sedang.

Cara:
Campur margarin, gula, garam, kuning telur pakai ballon wisker sampai tercampur rata dan lembut.
Masukkan kentang kukus. Aduk rata.
Masukkan biang, aduk rata.
Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Bulatkan, tutup wadah dengan plastik warp. Biarkan selama 30menit atau adonan berkembang 2kali lipat.
Kempiskan adonan, gilas dan cetak. (meja/alas dan tangan ditaburi tepung ya biar gak lengket). Biarkan sampai mengembang lagi kira² 15menit.
Goreng dengan minyak banyak dan api kecil.
Gorengnya satu sisi biarkan sampai kuning kecokelatan, baru balik dan goreng sampai kuning kecokletan dan matang merata. (Jgn dibolak balik agar tidak menyerap minyak)
Angkat, tiriskan, siap diberi topping.
Siap difoto :D


Kalau bikin donat, dicetak pakai cetakan donat pasti dapet printilan bunder-bunder kecil kan.. Taruh mangkok, taburi gula donat, foto jugaa.. Haha beginilah nasib para penggila foto makanan, rasanya wajib sebelum di makan kudu di foto dulu haha.



Dan ini skalian foto behind the scene dari foto diatas, sama aja sebenernya antara donat yg bolong sama donat bulet kecil di mangkokin, cuma diganti objeknya saja,

Sumber cahaya matahari dari kanan (pintu), backgrond itu kain hitam, kiri itu jilbab hitam yang ditaruh menyambung sebagai alas. Dingkik dan tumpukan toples sebagai penyangga agar gak goyang kameranya (karena tripod masih mini, kurang kuat). Setelah di jepret, edit pakai photoscape diedit darkness jd bagian belakang lebih gelap, efeknya makin asooyy haha.. Udah gitu aja fotonya.. :)

Dan saking keburu makan donat sampai lupa moto cantik yang memperlihatkan tekstur si donat, akhirnya foto gak pakai cantik ala kadarnya,

Kelihatan kan? wes ketok gak ketok kudu ketok hahaha.. *mekso.. :))

Okeh selamat malam minggu temaaannns, saya ngendon dirumah sambil ngedonat, minum tahwa (angeeettt, beli tapi haha) dan nemenin suami nonton bola... hihi

2 comments:

  1. Apiiiikk tenan mbakyu...

    Sering2 bikin behind d'scene foto2nya ya...
    Asyiiiikkk....

    Makasih lho dh share....
    :D

    ReplyDelete
  2. makasih mbak Lina..
    insyaallah motret behind the scene kalau pas inget haha.. kadang moto buru² .. kadang style, pencayaan dan penempatan juga sama aja.. jd gak dipoto bts nya hihi.

    ReplyDelete